Hattrick! Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2023 Kamboja

Atlet banyak yang pecahkan rekor

Surakarta, IDN Times - Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 yang berlangsung di Kamboja. Kontingen Merah Putih sudah mendapatkan lebih dari 130 emas dan secara kalkulasi tak mungkin lagi dikejar pesaing terdekat, Thailand.

1. Melebihi target emas

Hattrick! Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2023 KambojaPertandongan cabor voli dudukAsean Paragames 2023 Kamboja. (Dok/NPC Indonesia)

Dalam rilis yang diterima IDN Times, secara keseluruhan hingga Kamis (8/6/2023) pukul 16.00 WIB, Indonesia telah mengumpulkan 133 medali emas, 122 perak, dan 76 perunggu.

Hasil itu membawa Indonesia juara umum tiga kali beruntun alias hattrick, setelah di Malaysia (2017) dan tahun lalu saat menjadi tuan rumah.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mengatakan, hasil yang didapatkan Indonesia saat menjadi tuan rumah pertama kali 2011 terus memacu semangat seluruh atlet dan makin melonjak hingga tiga kali beruntun juara umum.

"Indonesia kembali mendapatkan predikat juara umum. Ini adalah sebuah kebangaan dan tentu kita sangat bahagia Indonesia kembali meraih gelar itu ketiga kali beruntun," katanya dalam jumpa pers di Head Quarter Indonesia, Morodok Techo Sports Complex, Kamboja. 

Baca Juga: Antisipasi Culas, Dito Siagakan Tim Hukum di ASEAN Para Games Kamboja

2. Pecahkan rekor

Hattrick! Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2023 KambojaPertandongan cabor renang Asean Paragames 2023 Kamboja. (Dok/NPC Indonesia)

Selain itu, capaian kontingen Indonesia di Kamboja semakin lengkap dengan deretan pemecahan rekor di cabor para renang dan angkat berat.

"Lebih istimewa lagi, pada edisi kali ini merupakan perolehan medali terbanyak ketika tidak menjadi tuan rumah, ini merupkan sejarah. Bahkan untuk medari perak dan perunggu," jelas Menpora.

Sementara itu, CdM Indonesia, Andi Herman mengatakan hasil juara umum kali ini merupakan kerja keras yang dilakukan sejak Pelatnas. Dengan tekad yang kuat untuk kembali mempertahankan juara umum, membuat seluruh elemen, baik atlet, pelatih, hingga pelatih terinspirasi untuk meraih hasil itu.

"Hasil yang menjadi kembanggan bersama dan sejarah capaian pemecah rekor. Masih ada besok di hari terakhir dan kita punya peluang untuk membawa pulang 140 hingga 150 medali emas," papar Andi Herman.

3. Motivasi atlet

Hattrick! Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2023 KambojaPertandongan cabor bocia Asean Paragames 2023 Kamboja. (Dok/NPC Indonesia)

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun mengapresiasi kepedulian pemerintah Indonesia termasuk Presiden Jokowi yang terus memberikan dukungan penuh kepada atlet disabilitas.

Dukungan itu menambah motivasi seluruh atlet untuk mengharumkan Indonesia di kancah internasional, termasuk ASEAN Para Games.

"Terima kasih kepada bapak presiden dan pemerintah yang peduli kepada masyarakat difabel. Atlet kita semakin termotivasi untuk menambah medali emas. Indonesia harus kita harumkan," kata Senny Marbun.

Baca Juga: Indonesia Berpeluang jadi Juara Umum Asean Para Games 2023 Kamboja

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya