Siap-siap! Indonesian Martials Games Akan Digelar di Solo

Merupakan perlombaan pertama di Indonesia.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan para pengurus KONI Pusat di ruang rapat Wali kota, Rabu (29/6/2022).

Sejumlah pejabat KONI baik pusat dan daerah turut hadir dalam rapat tersebut, salah satunya mantan petinju Chris John yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Kerjasama Luar Negeri, Media dan Humas KONI Pusat.

Baca Juga: Api Obor Diambil Dari Mrapen, Jadwal Torch Relay ASEAN Para Games 2022

1. Akan gelar perlombaan berskala nasional

Siap-siap! Indonesian Martials Games Akan Digelar di SoloSekjen KONI Pusat, Ade Lukman Djayadikusuma. (IDN Times/Larasati Rey)

Sekjen KONI Pusat, Ade Lukman Djayadikusuma mengatakan dalam pertemuan tersebut membicarakan soal event olahraga Indonesia Martial Arts Games yang rencananya akan digelar di Kota Solo pada bulan November 2022 mendatang.

Ade mangatakan perlombaan tersebut nantinya akan menjadi perlombaan bela diri pertama di Indonesia.

"Event ini refleksi dri kegiatan tingkat Asian Martial Games dan tingkat dunia World Martial Games. Maka kita di Indonesia ini menyiapkan diri untuk menyelenggarakan Indonesia Martial Games tersebut," ujarnya usai mengelar pertemuan, Rabu (29/6/2022).

2. Solo jadi kota sejarah PON Indonesia.

Siap-siap! Indonesian Martials Games Akan Digelar di SoloIlustrasi atlet tarung di PON Papua PB PON XX PAPUA/Rommy Pujianto

Lebih lanjut, Ade mengaku memilih Kota Solo bukan tanpa alasan, selain banyak memiliki cabor bela diri dan sering digunakan sebagai lokasi pertandingan baik nasional dan internasional, Kota Solo juga memiliki venue pertandingan yang memiliki skala internasional.

"Karena Solo punya historical PON pertama dilaksanakan di Solo, maka pekan beladiri peetama diadakan di Solo," katanya.

Menurut ada ada 16 cabor bela diri yang saat ini bernaung di KONI, namun tidak semua cabor tersebut nantinya akan dimasukkan dalam cabang olahraga perlombaan tersebut.

"Ada 34 provinsi akan mengikuti. Ada 16 cabang bela diri kita pripritaskan cabor di olahraga nasional tindak lanjut dukung kebijakan pemerintah tingkatkan prestasi Indonesiaa di Internasional," katanya.

3. Siapkan venue di Solo.

Siap-siap! Indonesian Martials Games Akan Digelar di SoloWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan jika saat ini Kota Solo hingga akhir tahun mendatang akan dipenuhi event-event olahraga salah satunya ASEAN Para Games XI yang digelar pada bulan Juli-Agustus mendatang. Ia mengaku siap jika nantinya Kota Solo dipilih sebagai lokasi event berskala nasional tersebut.

"Kita siapkan sebaik baiknya. Komitmen Solo pemulihan ekonomi maka event diperbanyak terus. Inshallah sampai akhir tahun event di Solo penuh terus," ungkapnya

"Koni survei edutorium UMS dan Tirtonadi. Ya butuh 3 atau 4 untuk takewondo, wushu karate, tinju, dan lainnya," pungkas Gibran.

Baca Juga: De Tjolomadoe Gagal Jadi Venue Para Games, Mepet Dengan Konser Musik

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya