Enam Kabupaten se-Pati Raya Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022

Tunggu restu dari Gubernur Jateng

Pati, IDN Times - Enam kepala daerah dan Ketua DPRD se-Pati Raya menyatakan komitmen dan kesiapan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah Ke-XVI Tahun 2022.

Hal ini setelah enam daerah ialah lima kabupaten di wilayah Eks Karesidenan Pati, yakni Pati, Kudus, Jepara, Rembang, dan Blora, kemudian ditambah Kabupaten Grobogan melakukan komitmen bersama.

Komitmen tersebut ditegaskan dalam forum rapat bertajuk "Komitmen Bersama Bupati dan Ketua DPRD Se-Pati Raya: Siap Menjadi Tuan Rumah Porprov Jateng 2022 di Ruang Pragolo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Kamis (16/1).

Baca Juga: Dewa, Pemain Bek Timnas Indonesia U-19 Resmi Berbaju PSIS Semarang

1. Setiap daerah nyatakan siap jadi tuan rumah Porprov tahun 2022

Enam Kabupaten se-Pati Raya Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022Dok. Humas Pemkab Pati

Bupati Pati Haryanto mengatakan, komitmen ini patut disyukuri. Apalagi disetiap daerah tersebut sudah menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah pagelaran empat tahunan itu.

"Intinya, kita berkomitmen bersama dalam rangka pemerataan dan pembinaan atlet-atlet. Kita siap (jadi tuan rumah). Tidak usah diragukan. Kenapa gabungan beberapa daerah? Sebab kalau hanya satu daerah tidak mampu", ujar dia seperti keterangan yang diterima IDN Times, Kamis (16/1).

2. Enam daerah gunakan nama "Pati Raya"

Enam Kabupaten se-Pati Raya Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022Dok.IDN Times/istimewa

Haryanto mengatakan, terkait dengan nama Pati Raya ini, adalah bukan keputusan dirinya sendiri. Nama itu sudah kesepatan bersama yang sebelumnya pertemuan digelar di Kabupaten Kudus beberapa waktu lalu. Selain itu, lokasi Pati secara geografis berada di tengah-tengah dan sebutan Eks Karesidenan Pati pun sudah jamak diketahui.

Oleh karena itu, dirinya mengajak untuk memperbaiki venue. Terlebih dari enam kepala daerah itu masih memiliki waktu untuk memperbaiki fasilitas lain yang masih kurang representatif.

3. Masih tunggu restu dari Gubernur Jawa Tengah

Enam Kabupaten se-Pati Raya Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022IDN Times/ Muchammad Haikal

Orang nomor satu di Pati itu menambahkan, sekalipun seluruh kepala daerah yang tergabung sudah menyatakan kesiapan, deklarasi belum bisa dilakukan. Sebab, belum ada keputusan resmi dari Pemprov Jawa Tengah, dalam hal ini Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

"Sebetulnya saya secara pribadi sudah tiga kali menyampaikan hal ini pada Pak Ganjar. Diantaranya bersama Wakil Bupati Pati dan Bupati Blora. Pak Ganjar merespons positif, tapi baru secara pribadi, belum institusional. Jadi kita tidak bisa melangkahi beliau," jelasnya.

Namun demikian, Haryanto menegaskan, seluruh Pemkab yang tergabung akan berupaya maksimal untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan."Apalagi kita sebelumnya belum pernah. Pasti semangatnya lain dibanding yang sudah pernah. Kita akan berupaya untuk menjadi tuan rumah yang lebih baik daripada tuan rumah sebelum-sebelumnya," tegas Haryanto.

Baca Juga: Kembalikan Ekosistem Kritis Pegunungan Patiayam, Ini Ajakan Ganjar

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya