Kudus Jadi Kota Penutup Audisi Umum Bulutangkis Tahun 2019

Diikuti 900 peserta

Kudus, IDN Times - Audisi umum bulutangkis 2019 akan digelar di Kudus. Sebelumnya proses seleksi sukses diselenggarakan di empat kota, yakni Bandung, Purwokerto, Surabaya, dan Solo Raya.

 

Baca Juga: Ini Harapan PB Djarum ke Presiden Jokowi Untuk Pembinaan Bulu Tangkis

1. Audisi umum bulutangkis digelar mulai Minggu sampai Selasa

Kudus Jadi Kota Penutup Audisi Umum Bulutangkis Tahun 2019IDN Times/Aji

Di Kudus, proses seleksi digelar selama tiga hari di GOR Djarum, Jati, yang juga merupakan markas PB Djarum, mulai dari Minggu, 17 November 2019 hingga Selasa, 19 November 2019.

Kudus menjadi kota penutup rangkaian Audisi Umum. Alhasil, Audisi Umum Kudus menjadi kesempatan terakhir bagi para bibit belia untuk berburu Super Tiket dan berlaga di Final Audisi Umum hingga akhirnya dinyatakan bergabung dengan PB Djarum.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengatakan, dengan status Kudus sebagai kota terakhir penyelenggaraan Audisi Umum, jumlah peserta selalu mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Pada 2017, ketika Audisi Umum digelar dengan kelompok usia U-11 dan U-13, calon atlet yang mendaftar mencapai 704.

Lalu pada tahun 2018, dengan format tiga kelompok usia yakni U-11, U-13, dan U-15, baik putra dan putri, jumlah peserta meningkat tajam menjadi 1.054 pebulutangkis.

 “Melihat animo tahun lalu yang begitu tinggi, Audisi Umum di Kudus tahun ini juga diperkirakan akan diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai daerah. Lalu, para atlet yang belum lolos di empat kota sebelumnya diyakini akan mendaftar lagi untuk berburu Super Tiket di Audisi Kudus ini,” tutur Yoppy, dalam jumpa pers yang digelar di GOR Djarum, Jati, Kudus, Sabtu (16/11).

2. Diprediksi sebanyak 900 lebih peserta

Kudus Jadi Kota Penutup Audisi Umum Bulutangkis Tahun 2019IDN Times/Aji

Menurutnya, jumlah peserta yang melakukan registrasi ulang di Audisi Umum Kudus ini diprediksi lebih dari 900 peserta. Berbeda dengan tahun lalu, Audisi Umum 2019 difokuskan pada dua kelompok usia, U-11 (di bawah usia 11 tahun) dan U-13 (di bawah usia 13 tahun), baik putra dan putri.

“Dengan fokus pada dua kategori ini, PB Djarum berharap bisa secara maksimal mengasah bakat dan mental para atlet sejak dini,” lanjut dia.

Untuk Audisi Umum Kudus, formasi Tim Pencari Bakat diketuai legenda bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata. Selain itu, terdapat nama-nama legenda dan pelatih PB Djarum, yakni Tan Joe Hok, Liem Swie King, Kartono,Herjanto Saputra, Eddy Kurniawan, Lius Pongoh, Basri Yusuf, Richard Mainaky, Rionnny Mainaky, Aryono Miranat, Eddy Hartono, Fung Permadi, Antonius B Ariantho, Denny Kantono, Hariyanto Arbi, Yuni Kartika, Liliyana Natsir, Fran Kurniawan, Ronald Sanduan, dan Komala Dewi.

Disisi lain, Manager Tim PB Djarum Fung Permadi menuturkan, dengan banyaknya peserta pada Audisi Umum Kudus tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Tim Pencari Bakat. Keberagaman kota asal, karakter, dan skill permainan, yang dimiliki bibit-bibit pebulutangkis ini, menjadi fokus tersendiri untuk mengkurasi bibit-bibit terbaik dari yang terbaik.

 “Dengan tingginya animo peserta di Audisi Kudus, Tim Pencari Bakat akan dituntut lebih jeli melihat bakat dan potensi para peserta Audisi Umum di Kudus. Sehingga kami berharap dapat menemukan bakat-bakat istimewa yang kelak bisa kami asah di PB Djarum dan menjadi juara masa depan bagi Indonesia,” tutur Fung.

3. Sistem seleksi audisi umum beasiswa Bulutangkis 2019

Kudus Jadi Kota Penutup Audisi Umum Bulutangkis Tahun 2019IDN Times/Aji

Untuk hari pertama Audisi Umum dimulai dengan Tahap Screening, di mana tiap-tiap peserta akan dinilai kemampuan, bakat dan tekniknya di atas lapangan oleh Tim Pencari Bakat.

Setelah lolos Tahap Screening, para peserta kemudian masuk di fase turnamen dengan sistem gugur guna memperebutkan Super Tiket untuk berlaga di babak Final Audisi Umum.

Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis 2019 dapat diikuti oleh atlet putra dan putri berkewarganegaraan Indonesia dengan kategori U-11 (berusia 6-10), U-13 (untuk peserta dengan umur 11-12 tahun).

4. Final audisi umum akan digelar Rabu 20 November 2019

Kudus Jadi Kota Penutup Audisi Umum Bulutangkis Tahun 2019IDN Times/Aji

Sementara itu, dikatakan dia Final Audisi Umum kembali digelar di GOR Djarum, Jati, pada Rabu, 20 November 2019 hingga Jumat, 22 November 2019 mendatang.

Ditambahkan Yoppy, yang juga Ketua PB Djarum, berpesan kepada seluruh peserta untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya, agar dapat lolos ke babak Final Audisi Umum.

Baca Juga: Tekuk Duo Menara, Hendra/Ahsan Tancap Gas ke Final Hong Kong Open 2019

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya