Catat! Stadion Manahan Solo Jadi Lokasi Final Piala Dunia 2023 U-20   

FIFA akan sidak 25 Maret 2023

Surakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali mengungkapkan bahwa Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah akan menjadil lokasi laga final atau penutupan Piala Dunia 2023 U-20. Adapun, kompetisi sepak bola kelas dunia ini akan digelar di sejumlah stadion di Indonesia pada 20 Mei–11 Juni 2023. 

1. Pemerintah berkomitmen dukung Piala Dunia 2023 U-20

Catat! Stadion Manahan Solo Jadi Lokasi Final Piala Dunia 2023 U-20   Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengecek kesiapan lokasi Stadion Manahan Solo untuk ajang Piala Dunia 2023 U-20, Minggu (12/3/2023). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

"Solo luar biasa, kita sudah diskusikan bahwa Solo dipastikan jadi tempat final. Ini jadi semangat sendiri untuk Pemkot Solo," ungkapnya saat melakukan pengecekan kesiapan lokasi di Stadion Manahan Solo, Minggu (12/3/2023).

Pada kesempatan tersebut, Menpora didampingi oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua PSSI Ratu Tisha, Dirut PLN, Kementerian PUPR, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Mereka berkeliling stadion sambil mengecek pembangunan yang tengah berlangsung menjelang perhelatan olahraga sepak bola tersebut.

Zainudin menambahkan, pihaknya sangat mendukung dan memiliki komitmen tinggi untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-20.

"Kita sudah sangat siap. Kementerian PUPR tinggal merapikan hal minor saja," imbuhnya.

Baca Juga: Hasil Pengecekan Ketum PSSI di Stadion Manahan Solo untuk Piala Dunia

2. Stadion harus disiapkan secara matang

Catat! Stadion Manahan Solo Jadi Lokasi Final Piala Dunia 2023 U-20   Ilustrasi Stadion Manahan Solo (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sementara, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan, untuk menjadi tuan rumah dalam final Piala Dunia 2023 U-20, Solo harus menyiapkan stadion secara matang.

"Solo jadi sangat penting, karena disini akan menggelar final dan closing untuk piala dunia," katanya yang juga Menteri BUMN itu.

Erick memberikan sejumlah catatan terkait pembenahan Stadion Manahan Solo. Adapun, pembenahan itu antara lain, papan iklan yang ada di area stadion dan kawasan Stadion Manahan.

‘’Kita harus antisipasi jangan ada tabrakan antara sponsor resmi FIFA dengan kegiatan yang ada di sekitar stadion. Selain itu, juga rumput harus dibenahi benar agar sesuai standar FIFA. Ini akan menjadi sorotan utama,’’ jelasnya.

Sementara itu, sesuai rencana FIFA akan melakukan sidak ke lokasi penyelenggaraan Piala Dunia 2023 U-20 pada 21 Maret hingga 27 Maret 2023. Untuk ke Solo akan dijadwalkan pada 25 Maret 2023.

3. PLN siapkan listrik tanpa kedip

Catat! Stadion Manahan Solo Jadi Lokasi Final Piala Dunia 2023 U-20   Ilustrasi Stadion Manahan Solo (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sementara, terkait Kota Solo menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan, pihaknya siap menjadi tuan rumah yang baik.

"Yang jelas, Solo siap jadi tuan rumah yang baik," tandasnya.

Adapun kesiapan lain, PLN akan mendukung ajang olahraga tersebut dengan pasokan listrik zero downtime dan tanpa kedip.

‘’Pasokan listrik disini sebesar 541 ribu watt. Untuk front line kami langsung sediakan unit power supply (UPS) atau powerbank. Sehingga, kalau ada apa-apa di pasokannya tidak ada kedip,’’ kata Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

Baca Juga: FIFA Cek Stadion Manahan Solo, Rumput dan Alat Pendukung Masih Kurang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya