5 Pemain Jepang Alumnus Piala Dunia U-17 yang Main di Liga Eropa

Mayoritas jadi andalan di klubnya

Penampilan Jepang di Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 patut diapresiasi. Negara Asia Timur itu berhasil menembus babak 16 besar setelah duduk di posisi ketiga dengan nilai enam yang didapat berkat kemenangan atas Polandia (1-0) dan Senegal (2-0). Sayang, langkah mereka harus terhenti usai dikalahkan Spanyol (2-1). 

Kiprah tim Samurai Blue belakangan ini patut diperhitungkan sebab mereka berhasil menelurkan pemain sepak bola berbakat. Tercatat ada lima pemain Jepang alumnus Piala Dunia U-17 yang berhasil mentas sebagai pemain bintang profesional. Mereka pun berkarier di Liga Eropa

1. Yukinari Sugawara menjadi bek kiri andalan AZ Alkmaar

5 Pemain Jepang Alumnus Piala Dunia U-17 yang Main di Liga EropaYukinari Sugawara saat memperkuat AZ Alkmaar. (instagram.com/yukinarisugawara)

Yukinari Sugawara berhasil masuk dalam skuad Timnas Jepang di Piala Dunia U-17 2017 di India. Ia pun dipilih sebagai bek kanan utama tim Samurai Biru dalam kompetisi junior tersebut. Sayangnya, langkah timnya harus terhenti di babak 16 besar usai kalah dari Inggris lewat adu penalti. 

Setelah ikut Piala Dunia U-17, Sugawara dipromosikan ke tim senior Nagoya Grampus. Pada musim panas 2019, AZ Alkmaar mendatangkannya untuk menambah pilihan di lini belakang. Kini, pemain kelahiran Tayokawa itu sudah dijadikan pemain inti di skuad De Kaasboeren. 

2. Kosuke Nakamura membela Portimonense di Liga Portugal

5 Pemain Jepang Alumnus Piala Dunia U-17 yang Main di Liga EropaKosuke Nakamura saat membela Portimonense. (instagram.com/portimonense_oficial)

Kosuke Nakamura adalah kiper andalan Jepang di kompetisi Piala Dunia U-17 2011 di Meksiko. Ia selalu diturunkan sebagai penjaga gawang utama dan hanya diistirahatkan pada laga terakhir fase grup usai dipastikan lolos. Sayangnya, langkah Jepang harus terhenti ketika kalah melawan Brasil 2-3. 

Nakamura memulai karier profesionalnya pada 2013 setelah dipromosikan ke tim senior Kashiwa Reysol. Ia baru memulai perjalanannya di Eropa setelah direkrut oleh klub Portugal, Portimonense pada Januari 2021. Sayangnya, ia belum dipilih sebagai kiper utama di klubnya.  

Baca Juga: Kiprah 13 Pemain Bintang yang Pernah Bermain di Piala Dunia U-17

3. Keito Nakamura jadi sayap kiri andalan Stade Reims

5 Pemain Jepang Alumnus Piala Dunia U-17 yang Main di Liga EropaKeito Nakamura saat memperkuat Stade Reims. (instagram.com/nakamura.keito)

Keito Nakamura menjadi salah satu pemain yang diboyong ke India untuk membela Timnas Jepang di Piala Dunia U-17 2017. Sejak laga perdana, ia sudah dipilih untuk mengisi pos sayap kiri tim Samurai Biru. Sepanjang kompetisi itu, ia mampu mencetak 4 gol dan 1 assist

Setelah ikut Piala Dunia U-17, Nakamura direkrut oleh tim raksasa Jepang, Gamba Osaka pada 2018. Ia pun sempat dipinjamkan ke beberapa tim Eropa, seperti Twente, Sint-Truident, dan Juniors OÖ. Pada 2021, ia dibeli klub Austria LASK. Penampilan memukaunya menarik Stade Reims untuk merekrutnya pada 2023. 

4. Takumi Minamino menjadi penyerang utama AS Monaco

5 Pemain Jepang Alumnus Piala Dunia U-17 yang Main di Liga EropaTakumi Minamino saat membela AS Monaco. (instagram.com/takumi18minamino_official)

Takumi Minamino sempat membela Timnas Jepang U-17 di Piala Dunia U-17 Meksiko 2011. Ia pun berhasil masuk dalam starting line-up tim Samurai Biru pada kompetisi tersebut. Sayangnya, ia belum menunjukkan performa optimal dan hanya mampu mencetak sebuah gol. 

Karier profesional Minamino dimulai ketika dipromosikan ke tim senior Cerezo Osaka pada 2013. Penampilan apiknya mampu memikat RB Salzburg untuk memboyongnya pada 2015. Pada 2020, Liverpool tertarik merekrutnya. Sayangnya, Minamino gagal jadi pilihan utama, sehingga ia sempat dipinjamkan ke Southampton dan akhirnya hengkang ke AS Monaco. 

5. Takefusa Kubo jadi sosok krusial di Real Sociedad

5 Pemain Jepang Alumnus Piala Dunia U-17 yang Main di Liga EropaTakefusa Kubo saat membela Real Sociedad di LaLiga. (instagram.com/takefusa.kubo)

Takefusa Kubo merupakan rekan setim Keito Nakamura ketika membela Jepang di Piala Dunia U-17 India 2017. Ia dipilih sebagai pemain utama untuk mengisi pos sayap kanan. Pemain jebolan akademi Barcelona ini pun mampu tampil apik ketika melawan Honduras di laga perdana. 

Karier profesional Kubo dimulai ketika direkrut Real Madrid pada 2019. Karena usianya yang masih muda, ia langsung dipinjamkan ke beberapa klub, seperti RCD Mallorca, Villarreal, Getafe. Pada 2022, ia akhirnya berlabuh ke Real Sociedad dan mampu jadi sosok vital di skuad asuhan Imanol Alguacil.  

Kelima pemain di atas menunjukkan bahwa Jepang mampu menelurkan pemain sepak bola bertalenta. Tak heran saat ini semakin banyak pemain Jepang yang merumput di Liga Eropa. Bahkan, beberapa di antaranya mampu menjadi sosok penting di klubnya masing-masing. 

Baca Juga: Gagal Melaju ke Final Piala Dunia U-17, Pelatih Argentina Tetap Bangga

Brahm Photo Community Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya