5 Faktor yang Membuat Marcus Rashford Rajin Cetak Gol Musim Ini

Musim lalu terpuruk Marcus Rashford kini tak terbendung!

Marcus Rashford sedang tidak bisa dibendung dalam urusan mencetak gol. Terbaru, ia kembali berhasil mencetak satu gol ke gawang Crystal Palace pada pekan ke-22 Liga Inggris 2022/2023. 

Kini pemuda asal Manchester itu, sudah membukukan total 19 gol dan 7 umpan gol dalam 21 penampilan bersama The Red Devils di sepanjang 2022/2023. Berkat catatan tersebut ia menjadi top skor tim dan selalu menjadi andalan Erik ten Hag di lini depan.

Lantas faktor apa yang membuat Rashford begitu “gacor” musim ini? Simak sampai selesai ya!

Baca Juga: Manchester United Curi Poin Penuh Atas Leicester

1. Kehadiran Erik ten Hag

5 Faktor yang Membuat Marcus Rashford Rajin Cetak Gol Musim IniErik ten Hag (instagram.com/manchesterunited)

Tidak bisa dipungkiri hadirnya pelatih asal Belanda tersebut memberikan efek positif dalam penampilan Rashford musim ini.

Setelah ditinggal Ole, Rashy seperti menemukan bapak sekaligus mentor baru dalam kariernya. Dilansir dari Mirror, Ten Hag memang sedang memberikan kepercayaan penuh bagi Rashford.

“Jika Marcus mengembangkan skill (menjaga fokus ke permainan), dia akan mencetak lebih banyak gol dan berkontribusi pada musim yang sukses,” kata Ten Hag.

Berbeda ketika musim lalu saat ditukangi, Ralf Rangnick, pemain berusia 25 tahun tersebut tampil sangat underperform. Rashy hanya mencetak 5 gol dan 1 asis dari total 30 laga yang ia mainkan. 

2. Menemukan posisi terbaiknya sebagai seorang winger

5 Faktor yang Membuat Marcus Rashford Rajin Cetak Gol Musim IniMarcus Rashford tengah merayakan gol bersama rekan setimnya. (instagram.com/marcusrashford)

Dilansir dari Goal, Rashford menyatakan terang-terangan bahwa ia sangat merasa nyaman saat tampil di posisi winger. Bahkan ia bilang langsung ke Ten Hag bahwa ia bakal mencetak gol jika diposisikan sebagai winger.

Apa yang diinginkan Rashy memang bukan tanpa alasan. Pemuda asli Manchester tersebut, memang lebih berbahaya jika ditempatkan di sektor penyerang sayap.

Berdasarkan olah data dari Fbref, prosentase angka non-penalti golnya melonjak menjadi 91% dan jika dibandingkan saat ia berposisi sebagai striker murni angkanya hanya 78%.

3. Kepercayaan diri tengah meninggi

5 Faktor yang Membuat Marcus Rashford Rajin Cetak Gol Musim IniMarcus Rashford tengah merayakan gol bersama Tyrell Malacia dan Bruno Fernandes. (instagram.com/marcusrashford)

Salah satu kunci di balik moncernya penampilan Rashford musim ini adalah kepercayaan dirinya tengah tinggi. Sepanjang musim ia sangat menikmati perannya dan jarang terdengar berita miring tentang Rashy.

Baik ketika bermain sebagai starter atau super sub, Rashford tetap tampil tajam di lini depan.

“Dalam hal performa, ini mungkin yang terbaik yang pernah saya lakukan, jadi saya merasa bagus di lapangan,” ujar Rashford kepada ITV. 

4. Punya ambisi dan target yang tinggi

5 Faktor yang Membuat Marcus Rashford Rajin Cetak Gol Musim IniMarcus Rashford tengah merayakan gol. (instagram.com/marcusrashford)

Musim ini, Rashford tengah memasang target tinggi. Ia bertekad menyamai capaian terbaiknya bersama The Red Devils musim 2019/2020 di mana ia berhasil mencetak 22 gol dari 44 laga.

Seperti yang ia ungkapkan pada Amazon Prime Sport, “Setiap penyerang selalu memiliki angka yang ingin mereka coba dan raih. Bagi saya, tentu bisa mencetak gol lebih banyak dari yang pernah saya cetak dalam satu musim.”

5. Kualitas finishingnya membaik

5 Faktor yang Membuat Marcus Rashford Rajin Cetak Gol Musim IniMarcus Rashford saat mealkukan latihan mandiri (instagram.com/marcusrashford)

Salah satu kelemahan Rashford musim lalu adalah finishing-nya yang terbilang bapuk. Jika kita amati, Rashy sering salah mengambil keputusan saat mendapat bola di kotak penalti.

Ia tampak payah menentukan momentum kapan harus menembak kencang, kapan harus plesing bola atau kapan harus mengoper. Walhasil ia hanya mencetak 5 gol dan 1 umpan gol musim lalu.

Berdasarkan laporan, Manchester Evening News, sebelum musim 2022/2023 bergulir, Rashy sangat intens melakukan drill latihan mandiri baik itu fisik maupun finishing saat bermain. Perlahan apa yang ia latih mulai membuahkan hasil dan membuatnya menjadi top skor sementara Setan Merah dengan 19 golnya.

Jika terus konsisten, bukan tidak mungkin catatan terbaiknya musim 2019/2020 bisa ia lewati. Tetapkah fokus mencetak gol Rashy!

Baca Juga: Marcus Rashford, Pemain Sepak Bola Berjiwa Sosial Tinggi

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya