5 Gelandang Bertahan Terbaik Piala Dunia Qatar 2022

Casemiro masih yang terbaik di pos gelandang bertahan!

Ajang bergengsi empat tahunan yang menjadi dambaan pera pesepak bola kini telah tiba. Banyak pemain bintang yang bertarung demi mendapatkan trofi bergengsi tersebut.

Salah satu peran yang tak kalah penting adalah peran seorang gelandang bertahan. Pemain yang bertugas sebagai pemutus serangan lawan serta menjadi pengatur ritme permainan timnya menjadi daya tarik tersendiri pada World Cup 2022 kali ini.

Berikut adalah top 5 gelandang bertahan terbaik pada Piala Dunia Qatar 2022!

Baca Juga: Fakta Unik Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022, Diproduksi di Madiun

1. Aurélien Tchouaméni

5 Gelandang Bertahan Terbaik Piala Dunia Qatar 2022instagram.com/aurelientchm

Tchouaméni menjadi pilihan utama Didier Deschamps dalam tiga laga fase grup Piala Dunia 2022 kali ini.Bermain sebagai defensive midfilder, sosok Tchouaméni menjadi pilihan yang tepat bagi Timnas Perancis.

Memiliki kemampuan membaca permainan yang cukup bagus, tekel-tekel bersih yang akurat, serta memberikan ketenangan bagi dua gelandang lainnya Rabiot dan Griezmann untuk lebih bebas bergerak.

Di usianya yang baru 22 tahun, Tchouaméni bisa di bilang sebagai gelandang bertahan terbaik saat ini.

Pemain yang baru didatangkan Real Madrid dari AS Monaco, Aurélien Tchouaméni mulai mencuri perhatian publik sepak bola.

Sempat diragukan banyak pihak karena harus mengemban tugas berat menggantikan posisi Paul Pogba dan N’golo Kante yang mengalami cidera. Meski terbilang sebagai pemain baru bagi Timnas Perancis, Tchouaméni berhasil menjunjukkan penampilan terbaiknya pada Piala Dunia 2022 Qatar kali ini.

2. Sergio Busquets

5 Gelandang Bertahan Terbaik Piala Dunia Qatar 2022instagram.com/5sergiob

Sergio Busquets menjadi satu-satunya pemain yang tersisa sejak Spanyol menjadi juara pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Luis Enrique pun tak ragu untuk menempatkan Sergio Busquets sebagai defensive midfilder Timnas Spanyol.

Selain menjadi pivot lapangan tengah Timnas Spanyol, Sergio Busquets di plot menjadi kapten tim yang sebelumnya di pegang Sergio Ramos.

Kemampuan menjaga bola yang baik, umpan-umpan yang akurat, Sergio Busquets menjadi panutan bagi pemain muda seperti Gavi dan Pedri di lini tengah La Furia Roja.

Kini pria 34 tahun tersebut akan berupaya untuk membantu Spanyol dalam meraih trofi World Cup 2022 seperti yang pernah ia rasakan pada 2010 silam.

3. Ruben Neves

5 Gelandang Bertahan Terbaik Piala Dunia Qatar 2022instagram.com/rubendsneves

Ruben Neves merupakan pemain sekaligus kapten Wolverhampton. Sejak datang pada 2018 lalu, Ruben Neves selalu menjadi pemain vital bagi Wolves.

Penampilan impresif bersama klub terbawa hingga di Timnas Portugal saat ini.Ruben Neves selalu menjadi pilihan utama Fernando Santos untuk mengisi pos gelandang bertahan Timnas Portugal.

Ia menggeser beberapa gelandang top Portugal lainnya seperti Joao Palhinha, Danilo, dan William Carvalho gaya bermain yang taktis dan memiliki tendangan super keras yang sering ia tampilkan membuat Ruben Neves tak tergantikan dalam tiga laga fase grup dan membawa Timnas Portugal melaju ke babak 16 besar.

4. Declan Rice

5 Gelandang Bertahan Terbaik Piala Dunia Qatar 2022instagram.com/declanrice

Declan Rice merupakan pemain andalan West Ham dalam beberapa tahun terakhir. Selain menjadi gelandang bertahan, tak jarang Declan Rice bermain di posisi center back. Pemain berusia 25 tahun ini juga menjadi kapten bagi West Ham.

Meski masih terbilang muda, sosok kepemimpinan Declan Rice sangat di segani oleh rekan-rekannya. Saat ini bersama Timnas Inggris, Declan Rice menjadi pilihan utama Gareth Southgate dalam formasi 4-3-3 andalannya.

Penampilan Rice terbilang cukup baik, ia jarang sekali melakukan kesalahan dalam penguasaan bola. Selain kuat dalam bertahan dan menyerang, memiliki postur tinggi memberikan keuntungan bagi dirinya dalam duel bola atas.

Rice telah membantu Inggris melesat ke babak 8 besar pada Piala Dunia 2022, dan akan menghadapi sang juara bertahan, Perancis. Mampukah Rice menghadang kecepatan para pemain Perancis kali ini? 

5. Casemiro

5 Gelandang Bertahan Terbaik Piala Dunia Qatar 2022instagram.com/casemiro

Pemain yang baru saja merasakan gelar Champions League ke lima bersama Real Madrid, Casemiro menjadi pemain yang patut dinantikan dalam World Cup 2022 kali ini. Setelah memutuskan hijrah ke Manchester United pada musim 2022/2023 ini, peforma Casemiro cukup impresif di lini tengah MU.

Casemiro adalah sosok gelandang bertahan modern yang bisa bisa dibilang the best defensive midfilder dalam satu dekade ini. Berpostur tinggi kekar, kuat dalam bertahan, dan memiliki tendangan keras spektakuler menjadi kelebihan Casemiro.

Belum lama ini, pada laga kedua Brasil menghadapi Swiss 28/11/2022 lalu, pemain yang dijuluki The Tank ini mencetak satu-satunya gol pada pertandingan tersebut dan menghantarkan Tim Samba menang 1-0. Gol itu membawa Brasil lolos ke babak 16 besar World Cup Qatar 2022.

Casemiro tercatat telah memenangi hampir seluruh gelar beregengsi selama karirnya baik bersama klub dan Timnas Brasil, dan yang belum pernah ia rasakan adalah trofi Piala Dunia. Mampukah Casemiro mempersembahkan Trofi Piala Dunia kali ini untuk masyarakat Brasil?

Baca Juga: 6 Wonderkid yang Siap Curi Perhatian di Piala Dunia Qatar 2022

Ghulam Zaky Ismail Photo Community Writer Ghulam Zaky Ismail

Semakin sering kamu jatuh. Semakin sering kamu belajar. Jangan menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya