Comscore Tracker

350 Personel Diterjunkan Amankan Pembukaan Liga 2 di Solo

Suporter dilarang nonton bareng dan datang ke stadion

Surakarta, IDN Times - Polresta Solo menerjunkan 350 personel untuk mengamankan pembukaan kompetisi Liga 2 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (26/9/2021).

1. Polisi siagakan 350 personel

350 Personel Diterjunkan Amankan Pembukaan Liga 2 di SoloKapolresta Solo, Ade Safri Simanjuntak. IDNTimes/Larasati Rey

Kapolresta Solo, Kombes Ade Safri Simanjuntak menyebut sebanyak 350 personel tersebut merupakan gabungan dari Polri, TNI dan Satpol PP. Mereka disiagakan untuk mengamankan 6 tim yang tergabung dalam grup C selama berkompetisi, mulai 26 September 2021 sampai 27 Oktober 2021.

Ade mengatakan pengamanan difokuskan baik di dalam maupun di luar stadion.

“Kami telah menyiapkan sebanyak 350 personel pengamanan. 15 personel akan ditempatkan didalam stadion. Kemudian 35 personel akan kita lapis di area jogging track stadion Manahan, 100 personel gabungan lainnya akan membaik-up pengamanan di stadion selama gelaran Liga 2 berlangsung. Sedangkan 150 personel ditugaskan sebagai pasukan pengurai atau tim pengurai keamanan (TPK),” ujarnya, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Untuk Suporter Persis Solo, Cek Syarat dan Lokasinya  

2. Antisipasi kedatangan suporter

350 Personel Diterjunkan Amankan Pembukaan Liga 2 di Solom.viva.co.id

Lebih lanjut, Ade menambahkan guna mengantisipasi kedatangan suporter, pihaknya juga melakukan penyekatan di sejumlah titik di Kota Surakarta. Termasuk juga memanggil koordinator suporter Pasoepati agar tidak mengerahkan massa ke stadion.

“Kompetisi Liga 2 di Stadion ini digelar tanpa penonton. Saya harap kerjasama dari semua pihak untuk tidak mengerahkan massa atau melakukan konvoi selama gelaran kompetisi Liga 2 berlangsung,” tandasnya.

3. Gibran minta nonton dari rumah

350 Personel Diterjunkan Amankan Pembukaan Liga 2 di SoloWalikota Solo, Gibran Rakabuming. IDNTimes/Larasati Rey

Terpisah, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengimbau kepada warga dan suporter untuk tetap mendukung tim kesayangan dari rumah. Gibran melarang suporter untuk mengelar nonton bareng atau nonbar.

"Kami koordinasikan dengan suporter-suporter untuk nonton di televisi saja. Yang penting tidak nonton di stadion, tidak direkomendasikan nonbar (red: nonton bareng), di rumah masing-masing saja," ujarnya.

Ia berharap para suporter bola untuk tetap mematuhi peraturan, juga mewanti-wanti agar laga kompetisi nasional tersebut tidak rusuh.

"Untuk temen-temen suporter, fans bola, liga 1 dan 2 ini kan sudah ditunggu lama sekali. Kalau besok sampai ada kerusuhan trus disetop gimana? Makanya kita sama-sama jaga, Liga sudah mulai harus kita syukuri," tandas Gibran.

Seperti diketahui kompetisi Liga 2 akan dimulai 26 September 2021. Sebanyak 24 tim akan saling bersaing untuk memperebutkan peluang naik tahta ke Liga 1.

Dalam putaran pertama, Persis Solo yang menjadi tuan rumah akan bergabung dengan PSG Pati, PSCS Cilacap, Persijap Jepara, dan PSIM Yogyakarta. Pembukaan kompetisi menurut rencana dilakukan di Stadion Manahan Solo, Minggu (26/9/2021) Malam.

Baca Juga: Dukung Persis Solo, Gibran Ingatkan Tim Agar Gak Kepedean

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya