Gibran Kesal ke Kepala Daerah yang Protes Israel di Piala Dunia U-20

Siap jadi lokasi drawing Piala Dunia U-20

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyetil komitmen dari dua gubernur yang menyatakan diri menolak kepesertaan Israel dalam Piala Dunia U-20. Dampak dari penolakan tersebut Indonesia terancam gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

1. Mengaku sudah tanda tangani komitmen bersama

Gibran Kesal ke Kepala Daerah yang Protes Israel di Piala Dunia U-20Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Menanggapi hal tersebut, Gibran justru mempertanyakaan komitmen para kepala daerah tersebut. Menurutnya, ia sudah menandatangani government guarantee pada Februari 2022.

Selain itu, Gibran mengaku berkomitmen Kota Solo sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Kesepakatan tanda tangan, kan aku wes tanda tangan kewajibannya seperti apa. Nek aku sih komitmen apa yang saya tanda tangani di perjanjian aku komitmen," jelasnya saat ditemui di Balaikota Solo, Selasa (28/3/2023).

2. Pertanyakan komitmen dua gubernur yang menolak.

Gibran Kesal ke Kepala Daerah yang Protes Israel di Piala Dunia U-20PSSI kunjungi Stadion Manahan Solo jelang Piala Dunia U-20. (IDN Times/Larasati Rey)

Tak hanya itu, Gibran juga mengungkapkan kejengkelannya kepada kepala daerah yang menolak secara langsung kepesertaan Israel sehingga mengakibatkan Indonesia terancam gagal jadi tuan rumah. Gibran dengan tegas mempertanyakan penolakan tersebut.

"Satu aja yen dipermasalahke haruse do protese ket dekben dekben (kalau dipermasalahkan harusnya protes dari dulu-dulu). Ora mendekati ngene, wes mengeluarkan anggaran lagi protes (tidak mendekati begini, sudah mengeluarkan anggaran baru protes)," katanya.

"Ngopo lagi saiki kudune dekben, yen ra pengin dadi tuan rumah, ngopo lagi saiki protese (Kenapa baru sekarang harusnya dari dulu, kalau tidak ingin jadi tuan ruamh, kenapa sekarang baru protes)," kesal Gibran.

Gibran juga mengungkapkan, jika saat ini Ketua Umum PSSI Erick Thohir sedang bertolak ke Doha Qatar untuk membahas kelanjutan penyelenggaran Piala Dunia U20 di Indonesia.

"Mesakke pak ketum yen aku komitmen dgan segala konsekuensi, yen meh protes, protese ket dekben (Kasihan Pak Ketum PSSI kalau saya dengan segala konsekuensi, kalu mau protes, protesnya dari dulu)," jelasnya.

3. Solo siap jadi lokasi drawing penganti Bali.

Gibran Kesal ke Kepala Daerah yang Protes Israel di Piala Dunia U-20PSSI kunjungi Stadion Manahan Solo jelang Piala Dunia U-20. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Gibran mengaku siap jika Solo menggantikan Bali sebagai tempat drawing Piala Dunia U-20.  Meski begitu, Gibran mengaku masih menunggu keputusan resmi Federation Internationale de Football Association (FIFA) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait kelanjutan.

"Jika ada perintah dari PSSI, dari Menpora, saya siap," pungkasnya.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya