Comscore Tracker

Mendadak, Jokowi Resmikan Stadion Manahan Solo Lebih Cepat dari Jadwal

Ada laga Persis Solo vs Persib Bandung saat peresmian

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo direncanakan akan meresmikan Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada Sabtu (15/2). Peresmian tersebut maju dari rencana awal yang semula dijadwalkan pada Sabtu (29/2) mendatang.

Baca Juga: Yuk Intip Fasilitas Mewah di Stadion Manahan Solo

1. Peresmian sekaligus serah terima ke Pemkot Solo

Mendadak, Jokowi Resmikan Stadion Manahan Solo Lebih Cepat dari JadwalInstagram.com/jokowi

Meski terkesan mendadak, tetapi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat meninjau Stadion Manahan Solo, Jumat (14/2) mengatakan peresmian stadion dilakukan setelah melihat beberapa persiapan dan pembangunan yang sudah selesai. Ia mengungkapkan rencana awal Presiden akan meresmikan Stadion Manahan pada (29/2) bersamaan dengan peresmian KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS).

"Maunya disamakan dengan KA bandara atau kita punya ancer-ancer Sabtu akhir bulan. Tapi karena besok kebetulan ada acara Persis dengan Persib, Pak Wali minta usulkan sekalian diresmikan. Karena harinya baik, penontonnya baik. Jadi diresmikan besok (Sabtu, (15/2))," ujar Basuki.

Lebih lanjut, Basuki mengungkapkan peresmian Stadion Manahan sekaligus penyerahan pengelolaan dari Kemen PUPR kepada Pemkot Solo. Mengingat masih dalam tahap pemeliharaan, Basuki mengatakan akan ada perbaikan jika nantinya ada kerusakan pada bangunan stadion.

"Besok sekaligus penyerahan pengelolaan nanti kalau ada perbaikan kita masih masih dalam tahap pemeliharaan. Tapi jangan dirusak meskipun masih dalam tahap pemeliharaan," tegasnya.

2. Peresmian bertepatan dengan HUT ke-20 Pasoepati

Mendadak, Jokowi Resmikan Stadion Manahan Solo Lebih Cepat dari JadwalDok. Humas Pemkot Solo

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan peresmian Stadion Manahan pada Sabtu (15/2) bertepatan dengan peringatan HUT ke-20 Pasoepati dan Hari Jadi ke-275 Kota Solo.

"Dari pada bolak-balik, sekalian saya minta pada Bapak (Presiden Jokowi) untuk meresmikan Stadion Manahan," ungkapnya.

Sebagai informasi, Revitalisasi Stadion Manahan Solo sendiri menghabiskan dana senilai Rp 301 miliar. Stadion bertaraf internasional itu dilengkapi sejumlah fasilitas yang sudah berstandar FIFA. Diantaranya single seat, ruang ganti pemain dan wasit, jacuzzi, area pemanasan pamain, serta kamera CCTV yang ada di dalam stadion.

3. Digelar sejumlah laga persahabatan saat peresmian

Mendadak, Jokowi Resmikan Stadion Manahan Solo Lebih Cepat dari JadwalDok. IDN Times

Rudy menambahkan pada acara peresmian Stadion Manahan nantinya akan digelar laga perhabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung. Pertandingan akan dihelat pada pukul 19.00 WIB.

"Sekalian beliau pulang, sekalian Stadion Manahan digunakan pertama kalinya untuk laga persahabatan Persis melawan Persib. Dan beliau mengiyakan. Jadi ini persiapannya dadakan," ujarnya.

Selain mengelar pertandingan Persis Solo vs Persib Bandung, dua pertandingan persahabatan nantinya juga akan digelar. Pertandingan tersebut berasal dari tim sepak bola Jurnalis Solo vs Pasoepati, dan Pemkot Solo vs Pemprov Jawa Tengah.

Baca Juga: Ketua PSSI Terkesima Stadion Manahan Solo, Selevel dengan GBK Jakarta

Topic:

  • Larasati Rey
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya