Comscore Tracker

Persis Solo dan Persib Bandung, 2 Klub Pertama Jajal Stadion Manahan

Peresmian Stadion Manahan oleh Presiden Joko Widodo

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra menghadiri peresmian Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (15/2) malam. Peresmian stadion yang baru selesai direnovasi itu turut disaksikan langsung oleh ribuan suporter Pasoepati yang hadir memadati tribune stadion.

Baca Juga: Mendadak, Jokowi Resmikan Stadion Manahan Solo Lebih Cepat dari Jadwal

1. Stadion Manahan Solo menjadi venue Piala Dunia U-20

Persis Solo dan Persib Bandung, 2 Klub Pertama Jajal Stadion ManahanIDN Times/Larasati Rey

Mengenakan jaket merah, kedatangan Presiden Jokowi ke dalam Stadion Manahan Solo disambut dengan tepuk tangan dari ribuan suporter Pasoepati yang hadir untuk menyaksikan peresmian, sekaligus menonton laga persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung.

Peresmian ditandai dengan pemberian bola sepak dari Jokowi kepada anak salah satu anak gawang. Kemudian dilanjutkan dengan tendangan bebas yang dilakukan oleh pemain Persis Solo dan Persib Bandung. Bola-bola tersebut ditendang ke arah suporter yang duduk di tribune-tribune stadion.

Jokowi mengatakan jika Stadion Manahan ditetapkan oleh PSSI menjadi salah satu stadion penyelenggara Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 mendatang. Ia berharap masyarakat Solo bisa menikmati event pertandingan berskala internasional.

“Harapannya Manahan bisa ditetapkan sebagai stadion untuk Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Sehingga kita bisa bersama-sama melihat laga internasional di stadion yang megah ini,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

2. Pengelolaan stadion telah diserahkan ke Pemkot Surakarta

Persis Solo dan Persib Bandung, 2 Klub Pertama Jajal Stadion ManahanIDN Times/Larasati Rey

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo menyatakan bahwa pengelolaan sementara Stadion Manahan Solo secara resmi telah diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, sejak diresmikannya stadion itu, pada Sabtu (15/2).

“Tepat (Sabtu (15/2)) pukul 19.00 WIB telah diserahkan pengelolaan sementara kepada Pemkot. Kami dan juga Pasoepati mengucapkan terimakasih, karena dipercaya untuk menegelola Stadion Manahan ini,” ujar pria yang akrab disapa Rudy tersebut.

Ia juga berjanji akan merawat dan menjaga stadion kebanggaan warga Solo itu dengan baik. Terlebih peresmian Stadion Manahan bertepatan dengan ulang tahun Pasoepati yang ke-21.

3. Ditandai dengan pertandingan Persis vs Persib

Persis Solo dan Persib Bandung, 2 Klub Pertama Jajal Stadion ManahanIDN Times/Larasati Rey

Dalam peresmian itu juga dilangsungkan pertandingan persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung. Pertandingan digelar usai peresmian stadion oleh Presiden Joko Widodo.

Laga itu menjadi pertandingan pertama yang digelar usai renovasi Stadion Manahan.

"Stadion Manahan digunakan pertama kalinya untuk laga persahabatan Persis melawan Persib. Dan beliau mengiyakan. Jadi ini persiapannya dadakan," imbuh Rudy.

Selain mengelar pertandingan Persis Solo vs Persib Bandung, dua pertandingan persahabatan juga digelar. Yaitu pertandingan tim sepak bola Jurnalis Solo vs Pasoepati dan Pemkot Solo vs Pemprov Jawa Tengah.

Baca Juga: Debut Beckham di Manahan Solo, Cetak Gol Perdana Persib Bandung

Topic:

  • Larasati Rey
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya