Selamat! Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023

Pertandingan diwarnai adu pinalti.

Surakarta, IDN Times - Pertandingan final Piala Dunia U-17 antara Timnas Jerman U-17 vs Timnas Prancis U-17 berlangsung sengit. 

Laga final yang berlangsung Stadion Manahan ini, berlangsung meriah dengan dihadiri 13.037 penonton. 

Baca Juga: Presiden FIFA Foto Dengan Supporter Nyentrik di Final Piala Dunia U-17

1. Jerman langsung menyerang di babak pertama.

Selamat! Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023Suporter Jerman di Piala Dunia U-17. (IDN Times/Larasati Rey)

Jerman U-17 langsung tampil menyerang di awal babak pertama.

Gol pertama Jerman dicetak melawai tendangan pinalti Paris Brunner ke gawang kiper Prancis Paul Argney. Pinalti tersebut didapat Jerman usai pemain Prancis melakukan pelanggaran di dalam kotak pinalti. Namun, wasit tak menganggap pelanggaran tersebut. Hingga cukup lama insiden yang terjadi di dalam kotak penalti, wasit nampaknya telah mendapatkan informasi tertentu karena kini dia mengeluarkan sinyal untuk pengecekan VAR.

Dia akan mengulas teriakan untuk penalti yang terjadi sebelumnya! Sungguh sebuah kesempatan besar untuk Jerman. setelah penggunaan VAR: PENALTI untuk Jerman. Skor 1-0 untuk Jerman.

Di babak penambahan waktu, dimenit 45 +1 pemain Jerman Max Moerstedt jatuh di dalam kotak penalti setelah hadangan dari pemain bertahan lawan. Nampaknya hal ini tidak terlihat jelas oleh wasit, sehingga wasit mengisaratkan untuk terus melanjutkan permainan.

Namun dimenit ke 45 +2 terjadi penghentian permainan karena wasit Espen Eskas mendapatkan sebuah sinyal di telinganya, dan mengecek klaim penalti yang sebelumnya dilakukan oleh Jerman menggunakan VAR. Keputusan ulasan VAR mengenai insiden penalti telah keluar, dan tidak ada pinalti untuk Jerman.

Skor 1-0 bertahan hingga babak akhir.

2. Prancis samakan kedudukan.

Selamat! Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023Pranci U-17 juara kedua di ajang Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Di awal babak kedua, Jerman kembali menunjukan powernya, terbukti dimenit ke 51 pemain nomer punggung 10, Noah Darvich berhasl memasukkan bola ke dalam gawang dari jarak dekat dengan sudut yang tajam. Skor 2-0 untuk Jerman.

Namun selang 2 menit usai selebrasi, Prancis mengejar ketertinggalan, setelah menerima operan manis, Saimon Bouabre melepaskan sebuah tembakan yang masuk lurus ke sudut kanan bawah gawang. Skor 2-1. Namun gol dari Prancis sempat mendapat tinjauan dari VAR soal potensi offiside, dan akhirnya gol tersebut dianggap sah oleh wasit.

Dimenit 69, pemain Jerman Winners Osawe
harus keluar lapangan karena mendapatkan kartu merah usai pelanggaran keduanya. Jerman akhirnya bermain dengan 10 pemain.

Prancis semakin menguasai pertandingan, terbukti dimenit ke 85 pemian Prancis Tidiam Gomis melepaskan umpan lezat untuk Mathis Amougou (Perancis), yang lalu mencetak skor dengan sebuah penyelesaian jarak dekat yang sederhana. Skor saat ini 2-2.

3. Babak pinalti.

Selamat! Jerman Juara Piala Dunia U-17 2023Jerman U-17 juara Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Berakhir imbang, Jerman dan Prancis terpaksa harus melanjutkan babak final ini dengan tendangan pinalti. Skor 4-3 untuk kemenangan Jerman.

Jerman berhasil menjadi juara Piala Dunia U-17 usai menumbangkan Prancis dengan skor 6-5.

Baca Juga: Paris Brunner, Bocah Nakal Antarkan Jerman ke Final Piala Dunia U-17

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya