Profil 8 Stadion Megah Piala Dunia 2022 di Qatar, Bisa Bongkar Pasang!

Mengusung desain yang sustainable dan green concept

Piala Dunia adalah perhelatan besar dunia setiap empat tahun sekali. Tahun ini, piala dunia 2022 diadakan di Qatar. Piala dunia pertama yang diadakan di Dunia Arab ini berlangsung mulai 20 November hingga 18 Desember 2022.

Tak tanggung-tanggung, Qatar yang awalnya hanya memiliki satu stadion. Membangun beberapa stadion baru untuk perhelatan piala dunia ini.

Saat ini Qatar mempunyai delapan stadion sepak bola yang megah dan mewah. Yuk intip delapan stadion bola piala dunia tahun ini!

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Batal Bermain di Piala Dunia 2022, Dipulangkan Lagi!

1. Lusail stadion

Profil 8 Stadion Megah Piala Dunia 2022 di Qatar, Bisa Bongkar Pasang!Lusail stadium di Qatar (stadiumguide.com)

Stadion Lusail adalah stadion utama Piala Dunia 2022 di Qatar. Selama Piala Dunia 2022, Stadion Lusail akan menjadi tuan rumah lima pertandingan penyisihan grup, 1 pertandingan babak 16 besar, 1 undian perempatan final, 1 pertandingan semifinal. Puncak dari pertandingan piala dunia, grand final piala dunia juga akan diselenggarakan disini.

Stadion Lusail berada di kota Lusail, Qatar. Stadion dengan bentuk seperti mangkuk emas ini mulai dibangun pada tahun 2017.

Uniknya, stadion dengan kapasitas 80.000 kursi akan dibongkar setelah piala dunia selesai. Rencananya akan menjadi ruang komunitas, sekolah, pertokoan, kafe, klinik,dll.

2. Al Bayt Stadion

Profil 8 Stadion Megah Piala Dunia 2022 di Qatar, Bisa Bongkar Pasang!Al Bayt stadium di Qatar (stadiumguide.com)

Stadion Al Bayt mulai dibangun pada akhir tahun 2015. Terletak di kota Al Khor, stadion ini akan menjadi tuan rumah untuk 8 pertandingan. Stadion ini secara resmi dibuka pada 30 November 2021 dengan pertandingan grup putaran pertama antara Qatar dan Bahrain selama Piala Arab 2021. 

Desain stadion Al Bayt mencerminkan bagian dalam tenda Badui: berwarna merah, putih, dan hitam. Tenda-tenda ini disebut : bayt al sha'ar, yang merupakan asal nama stadion.

Stadion Al Bayt memiliki kapasitas sekitar 60.000 kursi. Setelah Piala Dunia, tingkat teratas stadion akan dihilangkan guna mengurangi kapasitas menjadi 32.000.

3. Al Janoub Stadion

Profil 8 Stadion Megah Piala Dunia 2022 di Qatar, Bisa Bongkar Pasang!Al Janoub Stadium di Qatar (stadiumguide.com/Gazanfarulla Khan)

Stadion Al Janoub terletak di kota Al Wakrah dan pertama kali dibuka tahun 2019 lalu. Stadion yang dirancang oleh arsitek Irak terkenal Zaha Hadid ini memiliki kapasitas 40.000 kursi.

Desainnya terinspirasi oleh lambung kapal nelayan tradisional dhow. Stadion ini akan menjadi 5 arena  pertandingan penyisihan dan 1 pertandingan babak besar.  

Setelah piala dunia selesai, stadion akan diperkecil dengan menghapus tingkat kedua sehingga kapasitasnya menjadi 20.000 kursi. Tak hanya itu, stadion ini akan digunakan oleh klub lokal, Al Janoub Sports Club setelah piala dunia 2022.

4. Ahmad Bin Ali Stadion

Profil 8 Stadion Megah Piala Dunia 2022 di Qatar, Bisa Bongkar Pasang!Ahmad bin Ali stadium di Qatar (fifa.com)

Ahmad Bin Ali Stadion merupakan stadion dengan kapasitas 40.000 kursi. Dibangun pada tahun 2016 dan diberi nama Ahmad bin Ali Stadion, seorang mantan Emir di Qatar pada tahun 1960-1972. Stadion ini akan menjadi arena 6 pertandingan penyisihan grup dan 1 pertandingan 16 besar.

Ahmad bin Ali Stadion terletak di daerah Umm Al Afei,Qatar. Stadion ini melambangkan berbagai aspek Qatar - pentingnya keluarga, keindahan padang pasir, flora dan fauna asli, serta perdagangan lokal dan internasional.

Strukturnya yang mirip bukit pasir menyerupai bukit pasir yang mengelilingi tenda gurun tradisional.

5. Khalifa International Stadion

Profil 8 Stadion Megah Piala Dunia 2022 di Qatar, Bisa Bongkar Pasang!Khalifa International Stadium di Qatar (stadiumguide.com/Arend Kuester)

Stadion Internasional Khalifa telah menjadi stadion sepak bola utama Qatar sejak tahun 1976. Stadion ini dibangun sebagai tempat utama untuk Piala Teluk 1976 yang diadakan di Qatar. Pada awalnya stadion ini dapat menampung 20.000 penonton kemudian ditingkatkan untuk Asian Games 2006 menjadi 40.000 kursi. 

Ketika Qatar ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 pada 2010, Stadion Internasional Khalifa mulai direnovasi. Renovasi  stadion dimulai pada tahun 2014, dan selesai pada musim panas 2017. Pada tahun 2019, Stadion Internasional Khalifa menjadi arena Kejuaraan Dunia Atletik IAAF 2019.

Stadion Khalifa akan menjadi arena untuk 5 pertandingan penyisihan grup, 1 pertandingan babak 16 besar, dan final untuk juara ketiga piala dunia.

6. Education City Stadion

Profil 8 Stadion Megah Piala Dunia 2022 di Qatar, Bisa Bongkar Pasang!Education city stadium di Qatar (stadiumguide.com)

Education City Stadium terletak di ibu kota Qatar, Doha. Stadion dengan kapasitas 40.000 kursi ini memiliki julukan,"Diamond in the dessert" dan merupakan salah satu stadion yang ramah lingkungan di dunia.

Selama Piala Dunia 2022, stadion ini akan menjadi tuan rumah 5 pertandingan grup babak pertama, 1 pertandingan babak 16 besar, dan 1 perempat final. 

Sebelum piala dunia, stadion Education City merupakan salah satu dari dua tempat Piala Dunia Antarklub FIFA 2020, yang karena pandemi Covid-19 dimainkan pada awal 2021. Antara lain, menjadi tuan rumah final antara Bayern Munich dan Tigres UANL (1-0) .

7. Stadion 974

Profil 8 Stadion Megah Piala Dunia 2022 di Qatar, Bisa Bongkar Pasang!Stadium 974 di Qatar (stadiumguide.com)

Stadion 974 juga terletak di Ibukota Qatar, Doha. Stadion ini memiliki kapasitas 40.000 kursi. Sejarah nama 974 karena stadion ini dibangun dari 974 kontainer, stadion ini akan dibongkar lagi setelah piala dunia 2022 selesai.

Stadion ini akan menjadi arena 5 pertandingan penyisihan grup dan 1 pertandingan 16 babak besar.

974 ternyata juga merupakan kode panggilan internasional Qatar loh! Posisi stadion yang strategis, dekat dengan bandara Internasional Doha dan pelabuhan Doha membuat para penonton di stadion akan merasakan semilir angin sejuk yamg berhembus.

8. Al Thumama Stadion

Profil 8 Stadion Megah Piala Dunia 2022 di Qatar, Bisa Bongkar Pasang!Al Thumama Stadium di Qatar (stadiumguide.com)

Al Thumama, sebuah stadion berkapasitas 40.000 kursi ini terletak di distrik Al Thumama,Doha. Desain stadionnya terinspirasi dari kopiah / ghafiyah topi penutup kepala anak laki-laki dan pria di timur tengah.

Stadion ini akan menjadi arena 5 pertandingan penyisihan grup, 1 pertandingan babak 16 besar dan 1 pertandingan perempatan final.

Hampir seluruh stadion piala dunia Qatar mengusung konsep sustainability.  Menurut iloveqatar.net  air yang ada pada stadion Al Thumama didaur ulang untuk mengairi area hijau disekitar stadion.

Stadion Al Thumama juga memiliki teknologi yang canggih dan inovatif. Memiliki sistem pendingin stadion menggunakan energi matahari untuk mendinginkan stadion.

Kedelapan stadion piala dunia di Qatar ini menghabiskan biaya pembangunan yang fantastis, 6.5 milyar dollar. Sebuah kerja keras dan proyek yang sangat besar untuk mewujudkannya.

Desain yang mengusung konsep suistainbility dan desain yang mewah berhasil diwujudkan dalam piala dunia 2022 di Qatar. Apakah kamu berencana menonton langsung ke Qatar tahun ini?

Baca Juga: Panduan Lengkap Pembukaan Piala Dunia 2022

Puteridly Photo Community Writer Puteridly

She Believe, She Could

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya