4 Fakta Ricardo Lima, Amunisi Baru Persis Solo asal Brasil

Siap memperkokoh benteng pertahanan klub

Intinya Sih...

  • Persis Solo memperkuat pertahanan dengan mendatangkan Ricardo Lima, pemain asal Brasil.
  • Ricardo memiliki pengalaman luas di Liga Brasil, termasuk Serie B dan Serie C.
  • Kedatangan Ricardo diharapkan dapat menggantikan peran bek asing sebelumnya dan menjadi tandem baru untuk bek lokal andalan Persis.

Persis Solo terus melengkapi susunan materi pemain jelang menyongsong Liga 1 Indonesia 2024/2025. Ini terbukti setelah mereka mendatangkan banyak pemain baru. Ricardo Lima menjadi salah satu penggawa asing yang sukses didatangkan Tim Laskar Sambernyawa.

Ricardo Lima sendiri merupakan pemain kelahiran 20 Februari 1994 di Jandaia do Sul, Brasil. Pria berumur 30 tahun itu dikenal sebagai pemain yang mengantongi jam terbang luas di Brasil. Sang pemain pun terampil mengisi pos pertahanan ketika merumput di atas rumput hijau.

1. Pernah merumput di Uruguay hingga Brasil

4 Fakta Ricardo Lima, Amunisi Baru Persis Solo asal BrasilRicardo Lima (instagram.com/persisofficial)

Ricardo Lima memulai karier bersama Matonense di Brasil. Setelah itu, kiprahnya berlanjut bersama tiga klub lain di Negeri Samba. Ricardo pernah membela Uniao Sao Joao (2013), Barbarense (2013—2014, dan Metropolitano (2015—2016).

Menariknya, Ricardo juga pernah hijrah ke Uruguay pada 2 Agustus 2016. Ia kala itu dipercaya untuk memperkuat River Plate guna mengarungi dua kompetisi berbeda. River Plate mengandalkan Ricardo di Campeonato Uruguayo Especial dengan statistik 9 penampilan dan 1 gol. Lalu, kembali mengemas satu laga di Primera Division Apertura.

Ricardo kemudian mengakhiri kiprahnya di Uruguay pada awal 2018. Setelah itu, dirinya kembali berpetualang dengan memperkuat banyak klub di Brasil. Dirinya pernah berkostum Ipora EC, Vila Nova FC, Floresta, dan masih banyak lainnya. Karier Ricardo ketika itu berlangsung hingga pertengahan 2024 di Brasil

Baca Juga: Marcell Rumkabu, Bakat Muda Papua yang Dipinang Persis Solo

2. Lama menghabiskan karier di kasta ketiga Liga Brasil (Serie C Brasil)

4 Fakta Ricardo Lima, Amunisi Baru Persis Solo asal BrasilRicardo Lima (instagram.com/persisofficial)

Selama ini, Ricardo Lima lebih sering menghabiskan kiprahnya di kasta ketiga Liga Brasil (Serie C Brasil). Itu dapat dibuktikan setelah ia membukukan statistik yang cukup mentereng. Ricardo mencatat setidaknya 27 penampilan (2.404 menit bermain) dengan raihan 1 gol di kompetisi tersebut.

Di sisi lain, Ricardo pernah bermain di kasta kedua (Serie B) dan kasta keempat Liga Brasil (Serie D). Buktinya, ia mengemas dua penampilan atau 135 menit bermain di Serie B Brasil. Ricardo kemudian menorehkan statistik 19 penampilan dengan raihan 1 gol di Serie D Brasil. Ia belum pernah merumput di kasta teratas Liga Brasil alias Serie A Brasil sepanjang kariernya.

3. Pertama kali bermain di Asia setelah gabung Persis Solo pada 2024

4 Fakta Ricardo Lima, Amunisi Baru Persis Solo asal BrasilRicardo Lima (instagram.com/persisofficial)

Ricardo Lima akhirnya membuat keputusan besar dalam kariernya. Itu terjadi setelah ia menerima tawaran untuk bergabung dengan Persis Solo pada 17 Juli 2024. Alhasil, ini sekaligus menjadi pengalaman pertama bagi sang pemain untuk berkiprah di luar Benua Amerika.

Ricardo pun senang bisa menjadi bagian dari keluarga Persis untuk menyongsong Liga 1 Indonesia 2024/2025. “Saya sangat termotivasi. Ini adalah kesempatan yang tidak bisa saya lewatkan. Saya sangat bahagia menjadi bagian dari keluarga ini. Saya harap dapat berkontribusi banyak untuk mencapai tujuan bersama,” jelas Ricardo Lima di situs resmi Persis Solo.

4. Diharapkan menjadi pengganti sepadan Jaimerson Xavier di Persis Solo

4 Fakta Ricardo Lima, Amunisi Baru Persis Solo asal BrasilRicardo Lima (instagram.com/persisofficial)

Ricardo Lima dipastikan akan menambah kekuatan di sektor pertahanan Persis Solo di Liga 1 Indonesia 2024/2025. Dengan begitu, kedatangannya diharapkan dapat menjadi pengganti untuk Jaimerson da Silva Xavier dan Diego Bardanca. Kedua pemain itu adalah bek asing yang sempat diandalkan Persis di kompetisi musim sebelumnya.

Di samping itu, Ricardo akan menjadi tandem baru untuk bek lokal andalan Persis. Ia adalah Rian Miziar. Pemain yang juga berstatus kapten tim itu menjadi satu-satunya pemain bertahan lokal yang amat vital di sektor pertahanan tim. Buktinya, Rian sukses membukukan 31 penampilan atau 2.697 menit bermain di Liga 1 musim 2023/2024 lalu. 

Saat ini, Ricardo Lima sedang melakoni debutnya bersama Persis Solo di Piala Presiden 2024. Mampukah ia mengantarkan klubnya ini untuk mendulang pencapaian tertinggi di ajang pramusim paling bergengsi se-Indonesia tersebut?

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Stopper Persis Solo Mochammad Zaenuri

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya