Comscore Tracker

Top Skor Liga Inggris, 6 Fakta Son Heung-min

Pemain Asia pertama jadi top skor liga Eropa

Son Heung-min merupakan pemain Tottenham Hotspur yang berposisi sebagai penyerang.

Son Heung Min menjadi top skor Liga Premier Inggris musim 2021/2022. Selama semusim ia telah mencetak 23 dan bersanding dengan Mohammed Salah dari Liverpool sebagai pencetak gol terbanyak Premier League.

Beberapa terakhir pantas jika Ia merupakan pemain terbaik Asia yang bermain di kasta tertinggi Liga Inggris .

Pemain asal Korea Selatan ini telah membela Tottenham Hotspur di English Premier League sejak 2015 dan ia konsisten tampil apik.

Ia bergabung dengan The Lilywhites pada tahun 2015 dari klub Jerman, Bayer Leverkusen. Selama di Tottenham, Son membentuk duet maut dengan striker asal Inggris, Harry Kane. Berikut ini adalah 6 deretan fakta menarik dari Son Heung-min yang sering dijuluki David Beckham Asia.

Baca Juga: Erling Haaland Gabung Man City Tapi Idolakan Legenda Manchester United

1. Son menguasai tiga bahasa

Top Skor Liga Inggris, 6 Fakta Son Heung-minPotret Son Heung-min saat menyambut para fans dalam pertandingan. (scmp.com)

Son Heung-min mengawali karier sepakbolanya di Hamburger SV pada tahun 2010. Ia lalu pindah ke Bayer Leverkusen pada tahun 2013 sebelum bergabung dengan Tottenham Hotspur pada tahun 2015.

Dari pengalamannya tinggal di Korea, Jerman, dan Inggris, Son telah menguasai seluruh bahasa yang umum digunakan di ketiga negara tersebut. 

2. Bersahabat dengan aktor top Korea Selatan, Park Seo Joon 

Top Skor Liga Inggris, 6 Fakta Son Heung-minPotret kedekatan Son Heung-min dan Park Seo Joon dalam syuting acara dokumenter ‘Sonsational: The Making of Son Heung-min’. (soompi.com)

Son Heung-min diketahui berteman baik dengan Park Seo Joon. Dilansir Soompi, sang pemain mengatakan bahwa Park Seo Joon adalah orang yang selalu dapat ia andalkan dan selalu mendukungnya di setiap kondisi. Park Seo Joon juga menjadi salah satu cast dalam acara dokumenter Son Heung Min berjudul ‘Sonsational: The Making of Son Heung-min’ yang ditayangkan oleh tvN.

Park Seo Joon pernah memberikan dukungan kepada Son Heung-min dengan menonton langsung pertandingan Tottenham Hotspur melawan Leicester City pada tahun 2019. Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Tottenham Hotspur dengan skor 3-1 dimana Son berhasil mencetak satu gol dengan solo run.

Park Seo Joon adalah aktor Korea Selatan yang telah membintangi banyak judul drama dan film Korea seperti Fight for My Way, What’s Wrong with Secretary Kim, Itaewon Class, Chronicles of Evil, Midnight Runners, dan lainnya.

3. Pernah berpacaran dengan dua aktris K-Pop 

Top Skor Liga Inggris, 6 Fakta Son Heung-minPotret Son Heung-min saat merayakan gol yang dicetak ke gawang lawan. (allkpop.com)

Son Heung-min juga pernah dikabarkan berpacaran dengan dua anggota girlband Korea Selatan yaitu Bang Min-ah, eks personel Girl’s Day, dan Yoo So-young, eks personel After School.

Kisah asmara Son Heung-min dan Bang Min-ah dimulai pada pertengahan tahun 2014 namun hanya berjalan singkat sebelum memutuskan berpisah pada akhir tahun 2014. Sementara itu, kisah asmara Son Heung-min dan Yoo So-young berjalan selama hampir 1 tahun dimulai dari tahun 2015 hingga 2016. Hingga saat ini, baik Son Heung-min maupun Yoo So-young masih menjalin hubungan sebagai teman baik.

4. Pernah digosipkan dekat dengan personel Blackpink, Jisoo 

Top Skor Liga Inggris, 6 Fakta Son Heung-minPotret Son Heung-min saat merayakan gol yang dicetak ke gawang lawan. (acefootball.com)

Sebuah gosip sempat muncul tentang Son Heung-min yang menjalani kedekatan dengan salah satu personel Blackpink yaitu Kim Ji-soo. Gosip tersebut muncul setelah Jisoo diketahui menyempatkan hadir untuk menyaksikan secara langsung pertandingan antara Tottenham Hotspur melawan Crystal Palace pada September 2019 lalu.

Di laga tersebut, Son Heung-min tampil apik dengan mencetak 2 gol dalam kemenangan 4-0 Tottenham Hotspur atas lawannya. Dilansir Koreaboo, Jisoo saat itu tengah berada di London untuk menghadiri acara Burberry dalam London Fashion Week.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apakah Son dan Jisoo telah saling mengenal atau Jisoo hanya datang menonton pertandingan sepakbola seperti biasanya. 

5. Mendapatkan pembebasan dalam menjalani wajib militer 

Top Skor Liga Inggris, 6 Fakta Son Heung-minSon Heung-min menyelesaikan pelatihan militer selama 3 pekan di Pulau Jeju, Korea Selatan pada tahun 2020. (talksport.com)

Korea Selatan meraih kesuksesan dengan meraih medali emas Asian Games 2018 cabang olahraga sepakbola di Indonesia. Hal ini membuat Son Heung-min yang tergabung dengan skuad Korea Selatan pada saat itu mendapatkan penghargaan berupa kebebasan menjalani wajib militer.

Dilansir Goal, Son Heung-min hanya diharuskan untuk mengikuti latihan militer selama 3 pekan pada tahun 2020. Ia lalu dinyatakan lulus dengan performa yang memuaskan dengan salah satu prestasinya adalah mendapatkan poin sempurna dalam uji menembak.

6. Berjanji kepada sang ayah untuk menikah setelah pensiun 

Top Skor Liga Inggris, 6 Fakta Son Heung-minPotret kebersamaan Son Heung-min dengan ayah dan ibunya. (twitter.com/SpursOfficial)

Son Heung-min telah diberitahu oleh sang ayah bahwa saat ini dirinya harus fokus dalam sepakbola dan baru akan menikah setelah pensiun. Ayahnya mengatakan bahwa ketika menikah dirinya harus menjadikan keluarga sebagai fokus utama diatas sepakbola.

Son Heung-min menyetujui perkataan ayahnya dan akan lebih berfokus pada karier sepakbolanya saat ini.

Son Heung-min adalah salah satu pesepakbola Asia yang telah bersinar di kancah internasional. Performa apik yang ia tunjukkan bersama Tottenham Hotspur membuatnya menjadi salah satu penyerang paling berbahaya di Liga Inggris musim ini. Dengan keputusan Harry Kane yang bertahan di Tottenham musim ini membuat Son dan Kane akan sekali lagi menjadi tumpuan lini depan The Lilywhites.

Baca Juga: 5 Wonderkid yang Sudah Mencicipi Debut di Liga Inggris, Belum 19 Tahun

Steven Laivando Photo Community Writer Steven Laivando

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya