Comscore Tracker

5 Aplikasi Kamus Bahasa Jepang Gratis Untuk Membantu Kamu! 

Belajar bahasa, pasti bisa

Apakah kamu sedang mempelajari bahasa Jepang? Atau mungkin kamu sedang jalan-jalan ke Jepang dan butuh kamus untuk membantu kamu dalam percakapan sehari-hari?

Zaman sekarang, dengan perkembangan teknologi yang pesat, kamu tidak perlu lagi membeli kamus fisik karena sudah banyak aplikasi pada smartphone yang dapat membantu dalam keseharian.

Mengunduh aplikasi di smartphone itu mudah, tetapi belum tentu aplikasi tersebut sesuai dengan ekspektasi kamu. Nah, untuk memudahkan kamu dalam memilih aplikasi, berikut ini ada beberapa rekomendasi yang dapat dipilih!

Baca Juga: 7 Tips Keren WhatsApp yang Harus kamu Tahu!

1. Jsho 

5 Aplikasi Kamus Bahasa Jepang Gratis Untuk Membantu Kamu! Ilustrasi aplikasi Jsho (dok. Google Play/Jsho)

Jsho merupakan sebuah aplikasi kamus bahasa Jepang yang memiliki tema sederhana, tetapi efektif untuk digunakan dan kamu juga tidak perlu mengunduh file tambahan apa pun.

Aplikasinya cukup lengkap dengan fitur pencarian kata menggunakan romaji, informasi kanji secara terperinci, tabel konjugasi kata kerja, dan lain sebagainya. 

Fitur lain dari aplikasi Jsho yaitu mereka dapat mengidentifikasikan serta menerjemahkan setiap kata dalam sebuah kalimat yang kamu cari. Jsho juga dapat digunakan secara offline, lho! Namun sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia bagi pengguna Android saja.

2. Japanese Dictionary Takoboto

5 Aplikasi Kamus Bahasa Jepang Gratis Untuk Membantu Kamu! Ilustrasi aplikasi Takoboto (dok. Google Play/Takoboto)

Sama halnya dengan Jsho, Takoboto merupakan aplikasi kamus bahasa Jepang yang dapat digunakan secara offline dan kamu juga dapat mencari kata menggunakan romaji. Namun, tak hanya itu, aplikasi Takoboto juga mempunyai fitur lain yang tidak kalah menarik dengan Jsho!

Fitur tambahan dari aplikasi ini yaitu pengguna dapat melihat contoh kalimat dari kata yang dicari. Ini sangat membantu jika kamu bingung dengan cara penggunaan kata tersebut!

Aspek positif lain dari aplikasi Takoboto yaitu aplikasi ini tersedia untuk pengguna iOS dan Android. Jika kamu tidak dapat mengunduh aplikasinya, Takoboto juga tersedia dalam bentuk website yang dapat diakses dari smartphone atau PC kamu.

3. Yomiwa

5 Aplikasi Kamus Bahasa Jepang Gratis Untuk Membantu Kamu! Ilustrasi aplikasi Yomiwa (dok. Google Play/Yomiwa)

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain, Yomiwa merupakan kamus bahasa Jepang yang dapat kamu akses secara offline dan memiliki fitur untuk mencari kosakata bahasa Jepang, yang akan memunculkan contoh kalimat dari kata tersebut. Namun, untuk mengaksesnya, kamu harus mengunduh file tambahan.

Akan tetapi, kelebihan dari Yomiwa yaitu kamu dapat menambahkan catatan pribadi pada kosakata yang kamu cari serta kamu dapat membuat flashcard untuk bahan review!

Dalam Yomiwa juga terdapat komunitas yang dapat kamu gunakan untuk berdiskusi seputar bahasa Jepang. Seru banget, ya! Aplikasi ini tersedia untuk pengguna iOS dan Android.

4. Akebi

5 Aplikasi Kamus Bahasa Jepang Gratis Untuk Membantu Kamu! Ilustrasi aplikasi Akebi (dok. Google Play/Akebi)

Akebi merupakan aplikasi kamus multi-fungsi yang sangat bagus untuk digunakan. Aplikasi ini dapat bekerja secara offline sehingga kamu dapat menghemat kuota!

Fitur tambahan yang diberikan Akebi yaitu kata-kata yang ingin kamu ketahui dapat dicari dalam konjugasi yang berbeda sehingga kamu juga mendapat menambah ilmu baru dari penemuan tersebut.

Setiap karakter kanji dalam Akebi juga terdapat informasi mengenai jenis radikal yang digunakan, tingkat kesulitan dalam JLPT, jumlah dan animasi urutan goresan, serta contoh kalimat kanji tersebut. Fitur yang membuatnya berbeda dengan aplikasi lain yaitu kamu dapat menggunakan Akebi untuk membuat set kanji dan kuis sendiri dengan flashcard!

5. Google Translate

5 Aplikasi Kamus Bahasa Jepang Gratis Untuk Membantu Kamu! Ilustrasi aplikasi Google Translate (dok. Google Play/Google Translate)

Pastinya jika kamu mencari aplikasi penerjemah, yang pertama muncul di pikiran adalah Google Translate. Ya, aplikasi ini dapat kita andalkan untuk mencari arti dari suatu kosakata ataupun untuk memastikan terjemahan dari sebuah kalimat. Google Translate juga dapat kamu akses sebagai aplikasi atau website, jadi tidak perlu khawatir untuk kamu yang memorinya penuh!

Tak hanya itu, Google Translate memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar teks dengan kamera smartphone, dan kemudian mendefinisikan kata dan karakter tersebut, baik itu dalam katakana atau kanji. Aplikasi ini juga menyertakan fitur terjemahan percakapan langsung!

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi untuk kamus bahasa Jepang yang dapat kamu gunakan secara gratis. Dengan bantuan aplikasi diatas, semoga kamu dapat menambah ilmu pengetahuan serta belajar bahasa Jepang dengan mudah!

Baca Juga: Maman Permudah Belajar Siswa dengan Aplikasi Tanpa Sinyal Tanpa Server

Shafitri Diniyah Photo Community Writer Shafitri Diniyah

Hanya seseorang yang suka menulis dan membagi ilmu | Terima kasih telah membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya