10 Tempat Wisata di Wonogiri yang Super Indah

Ada wisata spiritual nya juga, lho!

Wonogiri merupakan satu diantara Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki obyek wisata alam dengn pemandangan indah. 

Daerah seluas 1.822 Km² yang terletak di selatan jawa tengah tidak hanya memiliki makanan yang lezat seperti Tiwul dan Gaplek. Namu juga memiliki surga tersembunyi lho, Yuk! Simak tempat wisata di Wonogiri yang super indah berikut ini.

Baca Juga: 10 Pesona Pantai Sembukan, Surga Tersembunyi di Kabupaten Wonogiri

1. Pantai Nampu

10 Tempat Wisata di Wonogiri yang Super IndahPantai Nampu (instagram.com/jejakjateng)

Pantai Yang terletak di Kecamatan Paranggupito, Wonogiri memiliki ombak dan pasir yang sangat indah apalagi disaat cuaca cerah.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sini sekitar 1,5 - 2 jam perjalanan dari Kota Wonogiri, pantai ini juga memiliki ombak yang besar karena langsung menghadap ke arah Samudera Hindia jadi, hati-hati ya guys!

2. Museum Karst Indonesia

10 Tempat Wisata di Wonogiri yang Super IndahInstagram.com/aanang.ph

Inilah Museum Kars Indonesia (MKI) yang berada di Kecamatan Pracimantoro, Museum ini juga disebut-sebut museum karst terbesar di Asia Tenggara. Keseluruhan kompleks museum hampir 25 hektar, dengan luas bangunan 300 meter persegi, terdiri dari tiga lantai.

Kala memasuki museum, pengunjung akan “disapa” miniatur stalagtit dan stalagmit di lobi. Setelah mengisi buku tamu, bisa memasuki lantai satu berisi peraga dan berbagai gambar tentang peta karst dunia, pembentukan karst, fenomena karst Indonesia, hingga replika manusia kerdil di Flores. Lantai satu bertema Karst untuk Ilmu Pengetahuan.

Selanjutnya, pengunjung bisa ke lantai dasar berisi beraneka alat budaya, diorama, hingga kerangka manusia prasejarah. Lantai dasar ini bertema karst untuk kehidupan. Lantai dua atau teratas berupa auditorium untuk pemutaran film dan rapat atau presentasi.

3. Air Terjun Banyu Nibo

10 Tempat Wisata di Wonogiri yang Super IndahInstagram.com/wonogiri.hits

Air terjun ini terletak di Dusun Ngluwur, Kepuhsari, Mayaran, Wonogiri, Jawa Tengah. Namun ada sumber lain yang menyebutkan air terjun ini terletak di Karangsari, Semin, Gunungkidul, DIY. Air terjunini memang terletak di perbatasan dua provinsi,Jawa tengah dan jogjakarta

Jalan yang dilalui memang tidak mudah mengingat rutenya yang harus melalui jalan berkelok-kelok.

Karena untuk mencapai air terjun tersebut harus melalui pematang sawah dan mengitari bukit. Pada saat perjalanan tersebut, Anda bisa melihat bukit yang hijau dengan terasering yang terlihat indah dan menarik. Dan Semua itu akhirnya terbayarkan oleh pemandangan air terjun yang sangat indah.

4. Waduk Tandon

10 Tempat Wisata di Wonogiri yang Super IndahInstagram.com/wonogiri.hits

Waduk ini terletak di kecamatan Selogiri yang hanya berajarak 15 menit saja dari pusat kota Wonogiri, waduk ini cocok untuk dijadikan spot foto instagram kamu. Waktu yang direkomendasikan untuk datang ke sini adalah sore hari dimana kamu bisa menikmati indahnya sunset di waduk ini

5. Wisata Alam Kahyangan Tirtomoyo

10 Tempat Wisata di Wonogiri yang Super IndahInstagram.com/yudhistiralk

Kisah ratu Nyi Roro Kidul memang selalu menarik perhatian publik. Sebuah petilasan di Wonogiri katanya adalah tempat sang ratu kidul memadu kasih dengan Raja Mataram, Bagi sebagian besar orang ketika mendengar kata Kahyangan yang terbenak di pikiran pasti suatu tempat di langit nan indah yang didalamnya terdapat bidadari-bidadari cantik.

Namun siapa sangka ternyata tempat yang kita dengar dari cerita legenda rakyat itu ada di dunia nyata, tepatnya di Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri. Dahulu kala tempat ini dinamakan pesiraman.

Sesuai dengan namanya, Pesiraman ini dulunya tempat mandi Danang Sutawijaya (nama sebelum jadi Raja Mataram) dan di tempat inilah dipercaya pertama kalinya Panembahan Senopati bertemu dengan Ratu Kidul dan memadu kasih.

Menurut cerita yang beredar, Ratu Kidul bersedia membantu mendirikan Kerajaan Mataram asalkan Panembahan Senopati mau menjadikan Ratu Kidul sebagai istrinya. Dan ketika anda berkunjung kemari jangan memakai baju berwarna hijau ya!

6. Pantai Karang Payung

10 Tempat Wisata di Wonogiri yang Super IndahInstagram.com/wonogiri.hits

Banyak yang belum tahu kalau Wonogiri punya pantai sekeren ini, Pantai Karang Payung namanya. Aksesnya yang gak mudah mungkin bikin pantai ini menadi relatif sepi pengunjung.

Jalan menuju pantai ini pun tidak bisa menggunakan kendaraan untuk sampai ke bibir pantai harus berjalan 250 m melewati ladang warga sekitar, pantai ini terletak terletak di Kecamatan Paranggupito, Wonogiri yang mana memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Wonogiri

7. Pantai Klotok

10 Tempat Wisata di Wonogiri yang Super IndahInstagram.com/wonogiri.hits

Pantai tersembunyi yang masih berada di Kabupaten Wonogiri tepatnya di Kecamatan Paranggupito ini masih sepi pengunjung dan belum banyak dikenal orang. 

Cocok nih! buat kamu yang mau Private Holiday pantai ini menawarkan pasir putih yang indah dan banyak batu karang yang menjadikan pantai ini keren buat foto yang instagramable.

8. Bukit Cumbri

10 Tempat Wisata di Wonogiri yang Super IndahInstagram.com/wonogiri.hits

Bukit Cumbri terkenal dengan pemandangan awannya yang tampak mempesona. Apalagi jika kamu datang di pagi hari untuk menyaksikan kakeindahan sunrise.

Bukit ini berada di ketinggian 638 Mdpl. kamu hanya perlu trekking selama 1jam untuk mencapai puncaknya. usahakan tubuh kamu sedang fit ya! biar tidak cepat lelah.

Bukit ini terletak di Kecamatan Purwantoro, Wonogiri waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sini sekitar 1,5 - 2 Jam perjalanan dari pusat Kota Wonogiri.

9. Bukit Widodaren

10 Tempat Wisata di Wonogiri yang Super IndahInstagram.com/m25purwo

Jika kalian adalah pemburu senja maka tempat ini cocok untuk kalian. Bukit ini terkenal dengan sunset nya yang begitu indah, bukit ini hanya memiliki ketinggian 350 Mdpl waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak hanya sekitar 15 menit saja. Bukit ini terletak di Kecamatan Selogiri yang hanya membutuhkan 10 menit saja dari pusat Kota Wonogiri.

10. Telaga Claket

10 Tempat Wisata di Wonogiri yang Super Indahinstagram.com/hyoubie

Telaga ini tepat berada di bawah Bukit Widodaren, cocok banget nih sama kamu yang instagramable telaga ini juga cocok lho untuk dijadikan foto prewedding kamu bisa bebas menikmati keindahan telaga ini apalagi disaat cuaca cerah seperti foto diatas.

Itu dia 10 tempat wisata di Wonogiri yang indah dan wajib kamu kunjungi. Nah, apakah anda tertarik untuk mengunjungi Wonogiri? tulis di kolom komentar ya!. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Pantai Indah di Wonogiri, Wajib Datang!

Dedhat Hanafi Photo Community Writer Dedhat Hanafi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya