Comscore Tracker

Libur Lebaran 2021, Wisatawan Diizinkan Snorkeling di Karimunjawa

Pemkab Jepara buka obyek wisata selama libur Lebaran

Jepara, IDN Times - Keputusan Bupati Jepara Dian Krisnandi yang membuka obyek wisata secara terbatas saat libur Lebaran disambut antusias oleh masyarakat setempat. Setidaknya hal itu tampak tatkala jalur penyeberangan menuju Pulau Karimunjawa dibuka untuk umum pada akhir pekan ini, Sabtu (15/5/2021). 

Informasi yang diperoleh dari Taman Balai Karimunjawa, terdapat dua jadwal penyeberangan rute Dermaga Kartini, Jepara-Dermaga Pulau Karimun pada Jumat dan Sabtu hari ini. 

"Untuk hari Jumat kemarin sudah ada puluhan orang yang naik kapal Express Bahari menuju Karimunjawa. Tapi jumlahnya kita batasi karena sesuai imbauan Pak Gubernur, dalam protokol kesehatan pengunjung Karimunjawa dikurangi 30 persen," kata Titik Sudaryanti, Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa ketika dihubungi IDN Times melalui sambungan telepon, Sabtu (15/5/2021). 

1. Semua obyek wisata di Karimunjawa dibuka untuk umum

Libur Lebaran 2021, Wisatawan Diizinkan Snorkeling di KarimunjawaInstagram.com/paketwisatakarimunjawamurah

Menurut Titik sesuai surat edaran Bupati Jepara, maka semua obyek wisata telah dibuka untuk umum. Kondisi ini membuat para wisatawan kini lebih leluasa berlibur di obyek wisata andalan Jawa Tengah tersebut sembari menikmati panorama bawah laut yang ciamik. 

Baca Juga: Libur Tahun Baru, Ratusan Wisatawan Serbu Pulau Karimunjawa

2. Pengelola Karimunjawa tawarkan wisata bawah laut, penetasan penyu dan tracking mangrove

Libur Lebaran 2021, Wisatawan Diizinkan Snorkeling di KarimunjawaIlustrasi penetasan penyu. IDN Times/Imam Rosidin

Lebih lanjut, ia menuturkan dengan menumpang kapal Express Bahari, wisatawan bisa menempuh perjalanan 2,5 jam ke Pulau Karimunjawa. Sedangkan perjalanan untuk KM Siginjai memakan waktu 4 jam. 

"Wisata alam yang bisa dinikmati pengunjung di Karimunjawa mulai dari tracking mangrove, kawasan penetasan penyu, snorkeling atau menyelam di bawah laut dan juga berkeliling menikmati ragam kerajinan kayu dewandaru. Semua tujuan wisata kita buka dan wisatawan boleh menikmati wisata yang ada di sana," ujar Titik. 

3. Para wisatawan wajib patuhi prokes yang ketat

Libur Lebaran 2021, Wisatawan Diizinkan Snorkeling di KarimunjawaANTARA FOTO/Aji Styawan

Titik mengungkapkan para wisatawan sudah diingatkan untuk menaati protokol kesehatan sesuai anjuran COVID-19. Setiap wisatawan yang datang ke Karimunjawa wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menghindari dari kerumunan. 

Titik berkata saat libur Lebaran tahun ini akan ada potensi peningkatan wisatawan sekitar 10 persen meskipun saat ini sudah ada larangan mudik. 

"Kita gak bisa melarang pemudik yang datang liburan ke Karimunjawa. Karena walaupun ada larangan mudik, tetapi mengunjungi obyek wisata tetap diperbolehkan," terangnya. 

4. Pihak hotel diminta ingatkan tamunya untuk jaga prokes

Libur Lebaran 2021, Wisatawan Diizinkan Snorkeling di Karimunjawainstagram.com/harutomo19

Ia pun berharap agar wisatawan menjaga kesehatannya termasuk mengurangi resiko penularan virus Corona. Pihak hotel sudah diminta memperketat aturan protokol kesehatan dengan rutin mengingatkan tamu untuk memakai masker. 

"Yang penting tetap pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan sesering mungkin, itu bisa mengurangi resiko penularan virusnya," pungkasnya. 

Baca Juga: Ombak Perairan Jepara 2,5 Meter, 14 Wisatawan Tertahan di Karimunjawa

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya