Comscore Tracker

Catat! Tips Buat Kamu Agar Bisa Melihat dan Menikmati Salju di Dieng

Tetap waspada pada kesehatanmu ya!

Banjarnegara, IDN Times - Suhu dingin dan fenomena embun upas atau salju yang terjadi di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah menarik bagi sejumlah wisatawan. Sebagian dari mereka penasaran dan ingin melihat langsung kejadian unik tersebut.

Berikut tiga tips bagi kamu bila ingin menikmati dan melihat langsung embun upas di Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Baca Juga: [FOTO] Keindahan Kawah Sileri di Dataran Tinggi Dieng, Sudah Kesana?

1. Datang sebelum jam 6 pagi

Catat! Tips Buat Kamu Agar Bisa Melihat dan Menikmati Salju di DiengDok. Aryadi Darwanto

Untuk bisa melihat fenomena embun upas di dataran tinggi Dieng, harus datang ke lokasi. Lokasi persis berada di kompleks candi Arjuna. Jika tidak berebut, sebaiknya datang sebelum jam 6 pagi karena banyaknya wisatawan lain yang juga ingin melihat dan menikmatinya.

"Karena memang spot utama ada di lapangan utama (di dalam kompleks candi Arjuna). Jadi malah bukan di dalam candi. Lebih banyak di lapangan," kata Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Kabupaten Banjarnegara, Aryadi Darwanto kepada IDN Times, Senin (24/6).

2. Bawa perlengkapan untuk kehangatan tubuh

Catat! Tips Buat Kamu Agar Bisa Melihat dan Menikmati Salju di DiengDok. Aryadi Darwanto

Sejumlah perlengkapan wajib dibawa wisatawan saat akan menikmati embun upas. Di antaranya sepatu yang hangat, kaos atau sarung tangan yang tebal, jaket, penutup kepala dan telinga.

"Pakai sepatu, jangan sandal. Suhunya dingin soalnya. Terus sarung tangan. Yang tidak terbiasa akan kaku tangannya. Karena langsung tembus ke kulit," imbuh Aryadi.

3. Jangan berebut dengan wisatawan lain

Catat! Tips Buat Kamu Agar Bisa Melihat dan Menikmati Salju di DiengDok. Aryadi Darwanto

Jumlah wisatawan ke Dieng semakin meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data UPT Pengelolaan Obyek Wisata Kabupaten Banjarnegara, per 23 Juni 2019 sebanyak 368 ribu wisatawan telah mengunjungi Dieng. Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 500 ribu wisatawan.

Munculnya fenomena embun upas, menarik banyak wisatawan. Dari pantauan Minggu (23/6), sejumlah wisatawan telah memadari kompleks candi Arjuna. Bahkan parkir sudah penuh. Padahal loket untuk masuk baru dibuka pada pukul 07.30 WIB.

"Parkir jam setengah enam (05.30 WIB) sudah penuh. Pahadal loket belum buka. Mereka antusias pengin melihat es-nya. Malah ada mobil yang sampai camping (berkemah). Ini juga sudah masuk musim liburan," tutup Aryadi.

Baca Juga: 10 Potret Unik Dieng Saat Bersalju, Serasa Musim Dingin di Eropa

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Just For You