Comscore Tracker

10 Oleh-Oleh Khas Cilacap yang Wajib Kamu Beli!

Yuk bantu UMKM lokal dengan membeli oleh-oleh khas Cilacap!

Kabupaten Cilacap merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Kota ini terkenal dengan beragam tempat wisata yang indah. Selain tempat wisatanya, wilayah ini juga terkenal dengan beraneka oleh-oleh khas Cilacap.

Bagi Kamu yang sedang berkunjung ke Cilacap, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Cilacap sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat terdekat, sekaligus mendukung UMKM lokal Cilacap. Berikut 10 oleh-oleh khas Cilacap yang wajib Kamu beli

Baca Juga: Mencicipi Gembus Singkong Bercita Rasa Gurih, Jajanan Khas Cilacap

1. Keripik Singkong

10 Oleh-Oleh Khas Cilacap yang Wajib Kamu Beli!Keripik Singkong, Oleh-Oleh Khas Cilacap (merdeka.com)

Keripik singkong mungkin sudah jadi camilan wajib yang digemari berbagai kalangan. Keripik singkong, atau biasa disebut manggleng singkong terbuat dari singkong pilihan yang diiris tipis dan diberi bumbu khas. Paduan tersebut menciptakan rasa gurih dan pedas dengan tekstur yang renyah.

Dibandrol dengan harga mulai dari Rp20.000, Kamu bisa menikmati renyahnya keripik singkong asli cilacap. Keripik singkong dapat Kamu beli di berbagai toko di sudut Kota Cilacap.

2. Gembus

10 Oleh-Oleh Khas Cilacap yang Wajib Kamu Beli!Gembus, Oleh-Oleh Khas Cilacap (idntimes.com)

Masih berbahan dasar singkong, oleh-oleh khas Cilacap yang satu ini bernama gembus. makanan ini bertekstur kenyal dan renyah dengan rasa yang gurih dan nikmat.

Gembus dapat dinikmati dengan saus sambal atau bumbu pecel. Tersedia pula berbagai varian rasa seperti coklat, keju, dan durian. Harga gembus sangatlah murah, hanya dengan Rp1.000, kamu dapat 10 buah gembus.

3. Kerupuk Tengiri

10 Oleh-Oleh Khas Cilacap yang Wajib Kamu Beli!Kerupuk Tengiri, Oleh-Oleh Khas Cilacap (disperka.cilacapkab.go.id)

Kerupuk tengiri khas Cilacap ini memiliki tekstur renyah dengan rasa yang gurih bercampur aroma ikan tengiri yang khas. Karena rasanya yang lezat, tak heran banyak orang yang menjadikan kerupuk tengiri sebagai oleh-oleh.

Kerupuk tengiri dapat Kamu nikmati langsung sebagai camilan, ataupun sebagai pendamping makanan utama. Kamu bisa mendapatkan kerupuk tengiri di pasar tradisional, warung makan, dan toko oleh-oleh di Cilacap. Satu bungkus kerupuk tengiri dihargai Rp10.000 sampai Rp20.000 per kemasan.

4. Lanting

10 Oleh-Oleh Khas Cilacap yang Wajib Kamu Beli!Lanting, Oleh-Oleh Khas Cilacap (ayosemarang.com)

Jajanan pasar khas Cilacap ini juga cocok Kamu jadikan oleh-oleh untuk kerabat terdekat. Rasanya yang gurih dan asin membuat lanting banyak dicari orang.

Lanting juga memiliki berbagai varian rasa seperti rasa pedas, bawang, jagung bakar, dan masih banyak lagi. Kamu dapat membeli satu kilo lanting dengan hanya merogoh kocek sebesar Rp20.000 sampai Rp40.000 per kemasan.

5. Sale Pisang

10 Oleh-Oleh Khas Cilacap yang Wajib Kamu Beli!Sale Pisang, Oleh-Oleh Khas Cilacap (wowkeren.com)

Pisang memang bisa diolah menjadi aneka makanan. Sale pisang, seperti namanya adalah salah satu olahan pisang yang menjadi oleh-oleh khas Cilacap. Pisang jenis lempeneng, raja nangka, raja bandung, atau pisang kepok dipotong tipis, dikeringkan, dibalut dengan adonan tepung, kemudian di goreng hingga kecoklatan.

Karena panjanganya proses pengolahan sale pisang, membuat panganan ini tahan lama, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Harganya pun murah. Satu bungkus sale pisang dibandrol dengan harga Rp8.500.

6. Kerajinan Cangkang Kerang

10 Oleh-Oleh Khas Cilacap yang Wajib Kamu Beli!Kerajinan Cangkang Kerang, Oleh-Oleh Khas Cilacap (kerajinanidola.blogspot.com)

Karena lokasinya yang berada di pesisir laut, Kota Cilacap memiliki banyak sumber daya cangkang kerang yang kemudia dimanfaatkan sebagai oleh-oleh khas Cilacap.

Cangkang kerang yang terkumpul dan sudah dicuci bersih kemudian dijadikan kerajinan berbagai bentuk seperti tirai, lampu meja, kalung, gelang, hiasan dinding, dan sebagainya. Harga kerajinan cangkang kerang  pun bervariasi, mulai dari Rp6.000 sampai jutaan rupiah tergantung tingkat kesulitan pembuatannya.

7. Rempeyek Yutuk

10 Oleh-Oleh Khas Cilacap yang Wajib Kamu Beli!Rempeyek Yutuk, Oleh-Oleh Khas Cilacap (id.wikipedia.com)

Kamu mungkin sudah terbiasa memakan rempeyek dengan butiran kacang di atasnya. Tapi pernahkah Kamu memakan rempeyek dengan taburan yutuk atau undur-undur? Karena letaknya yang dekat dengan pantai, maka banyak sekali undur-undur yang ditemui di Cilacap.

Rasanya gurih dan lezat dengan tekstur yang renyah, menjadinkan rempeyek yutuk cocok untuk kamu jadikan camilan atau teman makan nasi. Satu rempeyek yutuk dihargai sekitar Rp2000 rupiah.

8. Batik Tulis Cilacap

10 Oleh-Oleh Khas Cilacap yang Wajib Kamu Beli!Batik Tulis Cilacap, Oleh-Oleh Khas Cilacap (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Batik tulis Cilacap sudah terkenal ke penjuru dunia. bahkan batik ini pernah mewakili Indonesia di pameran internasional di Malaysia. Motif yang ada di batik tulis Cilacap didasari pada keindahan alam seperti tumbuhan, bunga, dan lain sebagainya. Batik ini dihargai mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung tingkat kesulitan motifnya.

9. Keripik dan Stik Sukun

10 Oleh-Oleh Khas Cilacap yang Wajib Kamu Beli!Keripik dan Stik Sukun, Oleh-Oleh Khas Cilacap (nyaribisnis.com)

Keripik dan stik sukun bisa jadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Cilacap yang memiliki rasa yang manis dan gurih. Camilan ini dapat kamu temui di berbagai toko oleh-oleh di Cilacap dengan harga berkisar mulai dari Rp15.000 saja.

10. Miniatur Kapal

10 Oleh-Oleh Khas Cilacap yang Wajib Kamu Beli!Miniatur Kapal, Oleh-Oleh Khas Cilacap (liputan6.com)

Miniatur kapal dari Cilacap mengacu pada kapal perang, kapal penangkap ikan, maupun kapal lainnya yang memang banyak terdapat di Cilacap sebagai kota yang berada di pesisir laut.

Jika ingin meminangnya, Kamu perlu menyiapkan mahar sekitar Rp 35.000 sampai ratusan ribu, tergantung tingkat kesulitan dan kualitas bahan yang digunakan.

Itulah 10 oleh-oleh khas Cilacap yang wajib Kamu beli jika berkunjung ke Cilacap. Selain kualitas oleh-oleh yang enak-enak dan bagus-bagus, Kamu juga bisa berkontribusi memajukan UMKM lokal di masa pandemi seperti ini. Tertarik untuk membelinya?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Enak Makanan Khas Cilacap, Resep Nenek Moyang

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya