Comscore Tracker

Perketat Bandara, Penumpang Suspect Virus Corona Bakal Dipulangkan

Tim Imigrasi bersiaga di area bandara dan pelabuhan

Semarang, IDN Times - Petugas gabungan dari tim Imigrasi Kelas I Kota Semarang masih memperketat pengawasan terhadap orang asing yang masuk dari bandara dan pelabuhan setempat. Upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi wabah virus Corona yang merebak di sejumlah negara.

Hal tersebut ditegaskan oleh Doni Alfisyahrin, Kepala Imigrasi Kelas I Semarang, saat dikontak IDN Times, Senin (27/1).

1. Tim gabungan tingkatkan pengawasan di dua maskapai

Perketat Bandara, Penumpang Suspect Virus Corona Bakal DipulangkanBackpacksory.me

Pihaknya memastikan saat ini bersama petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) meningkatkan pengawasan terhadap para penumpang pesawat yang tiba menggunakan AirAsia rute Kuala Lumpur - Semarang dan Silk Air rute Singapura-Semarang.

"Sekarang ada delapan petugas kami yang bersiaga di area terminal internasional Bandara Ahmad Yani dan Tanjung Emas. Di lokasi bandara sendiri, kita sudah cek arus penerbangan internasionalnya tidak banyak, jumlah penumpangnya juga tidak signifikan. Hanya sehari berangkat dan dua hari datang," kata Doni.

Baca Juga: Dalam 7 Hari Virus Corona Diklaim Mati Sendiri, Ini Jenis Perawatannya

2. Kedatangan penumpang pesawat dari Singapura dan Malaysia dipantau petugas

Perketat Bandara, Penumpang Suspect Virus Corona Bakal DipulangkanPetugas melakukan pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020). ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Bersama tim KKP, ujarnya petugasnya juga intens mengecek para penumpang sejak dini. Pihaknya juga mewajibkan semua petugas memakai masker sebagai alat pelindung kesehatan.

"Para penumpang pesawat dari Malaysia dan Singapura sedang dipantau ketat. Ada alat scannya. Jangan sampai orang-orang dari negara yang suspect virus Corona masuk ke Semarang," bebernya.

3. Kepala Imigrasi Semarang: Kita pulangkan penumpang yang suspect virus Corona

Perketat Bandara, Penumpang Suspect Virus Corona Bakal DipulangkanAP Photo/Kin Cheung

Pihaknya pun telah mengeluarkan aturan bila jika ditemukan penumpang pesawat yang terindikasi suspect virus Corona, maka seketika juga akan dihentikan aktivitas perjalanannya. 

Pihaknya memastikan penumpang suspect virus Corona tak boleh melanjutkan perjalanannya ke Semarang.

"Kalau dicek suhu panasnya dianggap membahayakan akan kita hentikan perjalanannya, sesuai aturannya, tim imigrasi akan memulangkan langsung yang suspect karena orang-orang yang membawa wabah penyakit tidak akan beri akses masuk ke wilayah Semarang," tutur Doni.

Baca Juga: Virus Corona Pengaruhi Jumlah Kunjungan Turis Tiongkok ke Jawa Tengah

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya