Comscore Tracker

BI Solo Gelar Pameran UMKM 7 Kota/Kabupaten di Mall

Tambah edukasi produk UMKM.

Surakarta, IDN Times - Bank Indonesia cabang Solo mengelar pameran UMKM bertema Kenduren UMKM di Solo Square Mall mulai tanggal 15 - 17 Juli 2022.

Kenduren UMKM merupakan kegiatan tahunan berupa pameran produk unggulan dan berbagai aktivasi yang bertujuan meningkatkan kapasitas UMKM.

Baca Juga: Kios Pasar Pemkot Solo Ditawarkan via Online, Gibran Akan Cabut SHPnya

1. Diikuti 7 kota/kabupaten.

BI Solo Gelar Pameran UMKM 7 Kota/Kabupaten di MallPembukaan pameran Kenduren UMKM di Solo Square Mall. (IDN Times/Larasati Rey)

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Solo, Nugroho Joko Prastowo mengatakan Pameran produk unggulan diikuti oleh anggota komunitas UMKM Solo Raya yang telah melalui proses registrasi dan kurasi untuk dipamerkan dalam 7 (tujuh) booth yang mewakili 7 (tujuh) kabupaten/kota.

Kegiatan juga menghadirkan Tanivest Group dan PT Geber Ekspor Indonesia untuk melakukan business matching bersama UMKM sehingga dapat mendorong UMKM go global.

"Bank Indonesia meyakini kreativitas, digitalisasi, dan sinergi merupakan kunci untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional di era digital," ujarnya Jumat (16/07/2022).

Lanjut Joko, kedepan Bank Indonesia berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM yang berdaya saing dan inovatif agar dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian, lembaga dan stakeholder terkait.

2. Diapresiasi oleh Gibran.

BI Solo Gelar Pameran UMKM 7 Kota/Kabupaten di MallPembukaan pameran Kenduren UMKM di Solo Square Mall. (IDN Times/Larasati Rey)

Dikesemptan yang sama Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan apresiasi dengan digelarnya pameran UMKM tersebut, tak hanya Kota Solo namun pameran UMKM juga melibatkan sejumlah daerah sekitar Kota Solo, sehingga dapat membangun ekosistem yang baik untuk kemajuan UMKM di Solo dan sekitar.

"Bagus-bagus tadi produk-produk UMKM nya, tapi ada beberapa juga yang belum baik untuk packaging nya tapi nanti kita bantu jadi lebih baik lagi," kata Gibran.

Selama pelaksanaan Kenduren UMKM, masyarakat umum dapat mengunjungi kegiatan pameran serta mengikuti lomba Photo Contest setiap harinya serta mengikuti berbagai quiz dan games menarik di booth edukasi Bank Indonesia.

3. Menambah edukasi.

BI Solo Gelar Pameran UMKM 7 Kota/Kabupaten di MallPembukaan pameran Kenduren UMKM di Solo Square Mall. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu salah seorang pengujung, Sari (45) mengaku senang adanya pameran UMKM di dalam mall. Selain bisa membeli produk UMKM yang jarang diketahui, pameran ini juga menjadi edukasi bagi para pengujung mall terkait produk-produk UMKM yang ada di daerah sekitar.

"Saya senang ya ada pameran seperti ini, terlebih ini dari berbagai daerah juga jadi bisa mengedukasi kita oh ternyata di daerah Klaten ada ini UMKM nya, oh di daerah Karanganyar ada ini juga, jadi dari situ kita baru tau dan menambah wawasan juga," jelasnya.

Baca Juga: Mencabuli 2 Perempuan, Gibran Pecat Direktur PDAM Solo, Cari Pengganti

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya