Comscore Tracker

Jadwal KRL Solo - Jogja Terbaru dan Prameks, Operasi Mulai 10 Februari

Uji coba KRL berjalan dengan lancar

Solo, IDN Times - Setelah melakukan uji coba KRL bagi masyarakat pada 1-7 Februari 2021, PT KAI dan KAI Commuter telah mensosialisasikan jadwal perjalanan KRL Yogyakarta - Solo dan KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang akan mulai berlaku 10 Februari mendatang.

Tarif Commuter Line Solo-Jogja sendiri Rp 8.000,- untuk sekali jalan.

Baca Juga: Ingin Ikut Uji Coba Naik KRL Solo-Jogja? Ini Caranya

1. Jadwal Commuter Line Solo-Jogja disesuaikan oleh jam-jam sibuk

Jadwal KRL Solo - Jogja Terbaru dan Prameks, Operasi Mulai 10 FebruariMesin Gate Elektronik KRLSolo-Jogja. IDNTimes/Larasati Rey

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja telah didiskusikan bersama para calon pengguna KRL Yogyakarta Solo dan pengguna KA Prambanan Ekspres.

Sejumlah jadwal tersebut telah disesuaikan untuk dapat lebih dekat dengan kebutuhan para pengguna.

"Pada Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta Api.red) 2021 akan ada 20 perjalanan KRL relasi Yogyakarta - Solo PP dan 8 perjalanan KA Prambanan Ekspres relasi Yogyakarta - Kutoarjo PP," ujarnya Senin (8/1/21).

Jumlah frekuensi perjalanan untuk kedua jenis kereta tersebut tetap sama. Namun demikian, jadwal keberangkatan kereta- kereta tersebut pada jam-jam sibuk pagi dan sore hari telah ditambah.

2. Uji coba berjalan lancar

Jadwal KRL Solo - Jogja Terbaru dan Prameks, Operasi Mulai 10 FebruariPenumpang KRLSolo-Jogja. IDNTimes/Larasati Rey

Anne mengatakan dalam pelaksanaan uji coba berjalan relatif lancar dan telah mampu menguji keandalan sarana yang beroperasi yaitu rangkaian seri KFW maupun JR 205. Hingga hari terakhir uji coba pada 7 Februari kemarin, sebanyak 7.336 orang telah mengikuti uji coba layanan KRL pertama diluar wilayah Jabodetabek ini.

Untuk periode 8-9 Februari 2021 KAI Commuter tidak menjadwalkan uji coba KRL untuk masyarakat maupun undangan karena akan dilakukan berbagai persiapan termasuk perawatan dan evaluasi sarana prasarana guna menghadapi operasional penuh serta pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 10 Februari 2021.

"Selama satu minggu lalu, masyarakat yang hendak naik KRL diwajibkan melakukan pendaftaran melalui aplikasi KRL Access dan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) maupun kartu uang elektronik bank dengan tarif Rp 1,-. KAI Commuter mencatat tanggal 7 Februari merupakan hari uji coba dengan jumlah peserta terbesar yaitu 1.226 orang," katanya.

3. Berikut jadwal KRL Solo-Jogja terbaru

Jadwal KRL Solo - Jogja Terbaru dan Prameks, Operasi Mulai 10 FebruariJadwal KRL Solo-Jogja. Dok/PT KCI

Untuk dapat menumpang KRL Solo - Jogja Masyarakat dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) yang dengan mudah didapatkan di seluruh loket stasiun dengan harga Rp 30.000,- sudah termasuk saldo Rp 10.000.

Selain KMT, masyarakat juga dapat menggunakan dengan menggunakan kartu uang elektronik dari bank yang sudah bekerja sama KAI Commuter yaitu Emoney Mandiri, BRIZZI BRI, Tap Cash BNI, dan Flazz BCA. Setiap KMT atau kartu uang elektronik bank juga hanya berlaku untuk satu orang.

Baca Juga: KRL Solo-Jogja Beroperasi! Jadi Ajang Selfie Millennial

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya