Comscore Tracker

5 Tips Cara Redakan Batuk Setelah Sembuh dari COVID-19, Slow But Sure!

Terapkan dengan pengawasan dokter ya, guys

Setelah sembuh dari COVID-19, banyak ditemui pasien yang mengalami efek berkepanjangan. Salah satu gejala yang dikeluhkan oleh para penderita adalah batuk.

Epidemiolog Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Budi Laksono mengatakan, tenggorokan yang terasa gatal membuat para penyintas refleks batuk dan sesak. Mengapa batuk? Karena virus corona membuat peradangan di tenggorokan, sehingga kulit menjadi lebih peka.

‘’Ketika ada partikel halus di udara yang pada keadaan normal tidak menimbulkan reflek, itu sudah menyebabkan bangkitnya refleks batuk. Selain itu, peradangan membuat tenggorokan panas dan air di tenggorokan cepat menguap sehingga kering. Juga produksi cairan lendir tenggorokan yang terganggu sehingga produksi menurun dan tenggorokan kering,’’ ungkapnya saat dihubungi IDN Times.

Lalu, bagaimana mengatasi batuk pascasembuh dari COVID-19? Ini 5 tips sehat dari Budi Laksono, yang juga seorang konsultan kesehatan online. Keep reading!

1. Minum obat untuk mengurangi peradangan

5 Tips Cara Redakan Batuk Setelah Sembuh dari COVID-19, Slow But Sure!ilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Peradangan sering membuat sel produksi cairan lendir belum bekerja secara normal, sehingga lendir tetap sedikit dan kental. Radang tersebut menjadi faktor utama batuk.

Mengkonsumsi obat untuk mengurangi peradangan bisa menjadi solusi, seperti Dexamethasone. Penggunaan obat itu sesuai standar medis harus dengan resep dokter.

2. Sering minum air putih hangat

5 Tips Cara Redakan Batuk Setelah Sembuh dari COVID-19, Slow But Sure!google

Untuk meredakan peradangan bisa dengan sering minum air putih untuk membasahi tenggorokan, sehingga batuk berkurang. Sebaiknya, minum air dalam keadaan hangat untuk memperbaiki sirkulasi darah di tenggorokan. Sehingga penyembuhan sel dari radang akan lebih cepat untuk bisa memproduksi cairan tenggorokan yang banyak dan cair. 

Baca Juga: 6 Tips Ajak Anak-Anak Mengenal COVID-19, Ortu Wajib Jadi Teladan 

3. Bantu dengan menghirup udara hangat

5 Tips Cara Redakan Batuk Setelah Sembuh dari COVID-19, Slow But Sure!Ilustrasi wanita yang sedang menghirup udara segar (unsplash.com/lona)

Penghirupan udara hangat yang dibantu minyak kayu putih atau peppermint oil bisa mempercepat penyembuhan radang. Suhu yang hangat akan mengencerkan lendir yang kental dan memperbaiki sirkulasi darah di tenggorokan. 

4. Latihan pernapasan

5 Tips Cara Redakan Batuk Setelah Sembuh dari COVID-19, Slow But Sure!Pexels/Karolina Grabowska

Fokus melakukan latihan pernapasan bisa memulihkan kembali napas pasien COVID-19. Cara itu sangat dianjurkan selama pasca pemulihan.

Kamu bisa menarik napas 5 detik dan menghembuskannya selama 10 detik. Lakukan itu dengan fokus pada pernapasan, sehingga bisa menjaga hidung dan tenggorokan bersih dari dahak.

5. Konsumsi obat pengencer lendir tenggorokan

5 Tips Cara Redakan Batuk Setelah Sembuh dari COVID-19, Slow But Sure!tastyeverafter.com

Ada beberapa obat bebas yang membantu produksi lendir tenggorokan. OBH adalah obat generik yang sudah terbukti, murah dan efektif merangsang perbanyakan lendir tenggorokan. Obat lain adalah Glyceryl guaiacolat atau Guaifenesin, sangat murah dan efektif memperbanyak lendir. Sering dalam OBH yang baru ada campurannya ini dan Dextromethorphan.

Kemudian, untuk mempercepat lepasnya lendir dahak dari kulit tenggorokan bisa konsumsi obat yang mengandung Bromhexine. Kandungan ini ada pada obat seperti Mucos, Ambroxol, dan Mucopect. Obat ini sering diberikan dokter untuk pasien COVID-19 dengan batuk.

Itu dia 5 tips sehat meredakan batuk buat penyintas atau kamu yang sudah sembuh dari COVID-19. Mudah dipraktikkan di rumah dan tetap harus dengan pengawasan dokter, lho.

Baca Juga: Jangan Panik, 8 Tips Merawat Keluarga yang Positif COVID-19 di Rumah 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya