Comscore Tracker

5 Fakta Nama Jalan Arya Saloka di Sukoharjo, Viral Diincar Pemulung

Sudah ada sebelum pemeran Aldebaran di Ikatan Cinta terkenal

Selain populer karena piawai memerankan Aldebaran di sinetron Ikatan Cinta, aktor Arya Saloka menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Jawa Tengah. Baru-baru ini namanya viral di Sukoharjo, Jawa Tengah karena digunakan untuk nama jalan desa.

Rupanya, Arya Saloka memiliki darah kelahiran Sukoharjo dari sang Ibu, Murtiningsih, yang berasal dari Kampung Kedung Gudel, Kelurahan Kenep, Kecamatan Sukoharjo. Sampai saat ini, keluarga Arya Saloka pun diketahui masih ada yang tinggal kampung tersebut. Ini dia fakta hubungan Arya Saloka dengan Sukoharjo sehingga mendadak viral di media sosial.

1. Ada 2 jalan Arya Saloka yang merupakan jalan desa

5 Fakta Nama Jalan Arya Saloka di Sukoharjo, Viral Diincar PemulungWarga menunjukkan papan nama Jalan Arya Saloka di Desa Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah. IDN Times/Larasati Rey

Jalan Arya Saloka berada di Dusun Ngemplak Baru RT 04/1 Desa Gentan, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah. Ternyata, ada dua jalan di Desa Gentan yang menggunakan nama Arya Saloka. Yakni jalan Arya Saloka 1 dan jalan Arya Saloka 2. Keduanya berada di RT 4, RW 01.

Jalan Arya Saloka 1 menghubungkan Desa Gentan dengan Desa Purbayan. Sedangkan, jalan Arya Saloka 2 menghubungkan jalan kampung Ngemplak Baru, dengan jalan raya Gentan.

2. Terinspirasi dari komik Jawa kisah Kasultanan Demak

5 Fakta Nama Jalan Arya Saloka di Sukoharjo, Viral Diincar PemulungKomik Jawa Mahesa Jenar karya SH Mintardja. Youtube.com

Kendati memiliki nama sama, pemberian nama Jalan Arya Saloka tersebut bukanlah dari artis pemeran Aldebaran, melainkan berasal dari tokoh Komik Jawa.

Ketua RT 04 RW 01, Muktar (63), mengatakan jika penamaan Jalan Arya Saloka sendiri terinspirasi dari komik Jawa dimana nama tersebut merupakan murid dari Mahesa Jenar, dalam tokoh utama dalam cerita Nagasasra dan Sabukinten karya S.H. Mintardja. Cerita yang populer tahun 1960 itu mengisahkan tentang sosok mantan prajurit Kasultanan Demak dalam upaya mencari pusaka kerajaan, yakni keris Nagasasra dan Sabukinten.

"Saya beri nama ini dari komik Jawa, yang Nagasasra dan Sabukinten, yang mana Arya Saloka ini muridnya Mahesa Jenar," ungkapnya saat ditemui IDN Times di rumahnya, Selasa (16/2/2021).

Baca Juga: Pocong Jaga Kampung di Sukoharjo Mendunia Ditengah Pandemi COVID-19 

3. Penamaan jalan sudah lama sebelum Arya Saloka tenar

5 Fakta Nama Jalan Arya Saloka di Sukoharjo, Viral Diincar PemulungNama Jalan Arya Saloka di Desa Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah. IDN Times/Larasati Rey

Kendati belakangan ini viral, penamaan Jalan Arya Saloka sudah ada sejak tahun 1996. Muktar mengaku, jika nama tersebut lebih dulu digunakan, sebelum sang aktor terkenal sekarang lewat sinetron Ikatan Cinta.

"Ini namanya lebih dulu, dari Arya Saloka sendiri itu, saya malah tidak tahu kalau ada aktor yang namanya sama," katanya.

4. Sering ada telegram yang nyasar karena titik desa tidak tepat

5 Fakta Nama Jalan Arya Saloka di Sukoharjo, Viral Diincar PemulungJalan Arya Saloka di Desa Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah. IDN Times/Larasati Rey

Muktar mengaku alasan pertama membuat nama pada jalan desa yang ditempatinya karena sebelum reformasi banyak kiriman telegram atau surat kawat dari saudaranya yang menyasar lantaran lokasi rumahnya masih berada di tengah hamparan ladang sehingga sulit untuk menunjukkan posisi tepatnya.

Mulai dari hal itu, ia berinsiatif memberikan nama pada setiap gang di desanya, untuk untuk memudahkan masyarakat menghafal dan mengirim pos.

"Dulu sini masih mbulak (red: ladang) belum ada rumah-rumah sebanyak ini jadi sering nyasar kalau kirim telegram," akunya.

5. Plang nama jalan hilang

5 Fakta Nama Jalan Arya Saloka di Sukoharjo, Viral Diincar PemulungJalan Arya Saloka di Desa Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah. IDN Times/Larasati Rey

Meski sudah viral di media sosial, jika dicermati plang nama jalan Arya Saloka sudah tidak tertempel lagi seperti pada foto yang diunggal sang aktor. Muktar mengatakan jika plang nama Jalan Saloka tersebut rusak lantaran banyak pemulung yang mencoba untuk mengambil besi penegaknya.

"Plang memang tidak ada, rusak soalnya itu banyak pemulung yang coba copot besinya kan mahal itu terus rusak, tapi ini masih tersimpan, tapi ini di setiap rumah saya tempeli nomor dan nama jalan Arya Saloka," jelasnya.

Kendati demikian, Muktar mengaku akan kembali memasang plang nama Jalan Arya Saloka lagi, untuk memudahkan masyarakat.

Baca Juga: Aksi Unik Warga Sukoharjo 'Usir' COVID-19, Superhero Bagi Nasi Berkat

Topic:

  • Larasati Rey
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya