Comscore Tracker

5 Tips Menjaga supaya Hubungan Nikah Muda Tetap Langgeng, Catat! 

Nikah muda bukan jadi masalah besar

Di zaman sekarang, makin banyak pemuda pemudi yang menginginkan menikah muda. Namun, mereka dihantui banyak rasa takut. Seperti rumah tangga tidak harmonis, perceraian, dan masih banyak alasan lainnya.

Tak hanya itu, terkadang orangtua atau calon mertua meragukan dengan pernikahan anak yang masih berumur belia. Padahal, nikah muda bukanlah pilihan yang salah bagi mereka.

Lalu, bagaimana cara menjaga rumah tangga mereka agar tetap harmonis? Inilah lima tips menjaga pernikahan muda supaya tetap harmonis, yang wajib kamu catat!

1. Lebih bersikap dewasa setelah menikah 

5 Tips Menjaga supaya Hubungan Nikah Muda Tetap Langgeng, Catat! Tips nikah muda agar langgeng (www.pixabay.com/GabrielFerraz)

Setiap pribadi pasti punya masalah, bahkan setelah menikah, masalah akan makin bertambah. Masalah yang terjadi harus diselesaikan bersama. Kalau bisa, jangan pakai emosi.

Bersikap lebih dewasa setelah menikah sangat perlu. Dengan begitu, kamu akan mampu menyelesaikan segala masalah yang ada di rumah tanggamu dengan baik, meski usiamu masih muda.

2. Mengelola keuangan rumah tangga dengan transparan

5 Tips Menjaga supaya Hubungan Nikah Muda Tetap Langgeng, Catat! Rincian keuangan keluarga (www.pixabay.com/stevepb)

Hal-hal yang bersangkutan dengan keuangan rumah tangga harus dibicarakan bersama, secara transparan. Begitu pun uang yang akan kamu tabung.

Usahakan untuk selalu berkomunikasi perihal keuangan ini. Jika ingin menggunakannya karena kebutuhan mendadak, juga harus dibicarakan bersama. Jangan simpan sendiri, ya!

Baca Juga: 5 Permasalahan Umum dengan Mertua yang Sering Terjadi, Jangan Biasakan

3. Selalu ada di saat senang maupun susah 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Tips Menjaga supaya Hubungan Nikah Muda Tetap Langgeng, Catat! Pasangan pernikahan dini yang bahagia(www.pixabay.com/dai_nguyen)

Dalam rumah tangga yang berhasil itu tidak didasari hanya dengan cinta saja. Namun, harus ada komitmen. Komitmen adalah rasa tanggung jawab kepada pasangan.

Nah, usahakan untuk selalu ada di dalam senang maupun sedih yang dirasakan oleh pasanganmu. Memberikan support atau dukungan dengan baik kepadanya.

4. Mengutamakan kejujuran dalam setiap hal

5 Tips Menjaga supaya Hubungan Nikah Muda Tetap Langgeng, Catat! Tips pernikahan dini agar langgeng(www.pixabay.com/Picography)

Kejujuran adalah hal wajib yang harus kamu pegang teguh setelah menikah. Tak hanya di berumah tangga saja, namun juga dalam bermasyarakat.

Dengan bersikap jujur, kamu akan dipercaya oleh orang-orang di sekitarmu, termasuk pasangan. Gak mau, kan, setiap hari berantem terus?

5. Saling menjaga rahasia  

5 Tips Menjaga supaya Hubungan Nikah Muda Tetap Langgeng, Catat! Tips Menikah dini agar langgeng(www.pixabay.com/epicioci)

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Apalagi setelah menikah, pasti kamu akan tau kurang dan lebihnya pasangan kamu.

Setelah kamu tau, kamu wajib menjaga rahasia itu. Usahakan untuk menyimpannya sendiri. Jangan disebar meskipun ke keluargamu sendiri.

Berumah tangga bukan pilihan yang salah. Namun, setiap rumah tangga pasti ada masalah-masalah kecil yang akan terjadi. Masalah itu, tak akan menjadi masalah besar jika kamu pandai dalam membina dirimu dan keluargamu, lho.

Baca Juga: 5 Resep Masakan Rumahan Simpel, Cocok Bagi Pasangan yang Baru Menikah

Irsyadul ibad Photo Community Writer Irsyadul ibad

Antara aku, kamu dan serpihan hurufku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya