Comscore Tracker

8 Pesan Rahasia yang Tersembunyi Dibalik Keanggunan Seragam Pramugari

Didesain oleh perancang busana kenamaan dunia

Flight attendant atau dalam bahasa Indonesia yakni Pramugari dan pramugara merupakan salah satu pekerjaan yang didambakan oleh sebagian wanita maupun pria. Kru pesawat yang satu ini disebut menjadi salah satu pekejaan yang paling berkelas dan banyak diminati oleh sebagian besar siswa-siswi sekolah SMA/SMK/MA Sederajat

Fasilitas dan tampilan mewah seorang kru baik pramugari maupun pramugara dengan busana membikin sebagian orang bermimpi untuk menjadi seorang flight attendant. Wajar sih karena orang-orang ini merupakan wajah atau representasi maskapai.

Demi mendapatkan kesan mewah dan elegan tak jarang untuk membuat desain seragam mereka, perusahaan mempekerjakan desainer ikonik, seperti Vivienne Westwood misalnya. Para desainer ini menciptakan pakaian yang tidak hanya menarik tetapi juga memiliki rahasia tersendiri yang tidak diketahui semua penumpang.

Melansir dari Brightside ada rahasia tersembunyi dan pesan-pesan yang ingin disampaikan maskapai di berbagai negara di dunia.

Baca Juga: Jarang Tahu, 5 Profesi yang Ada di Bandara Selain Pilot dan Pramugari

1. Air France, Prancis

8 Pesan Rahasia yang Tersembunyi Dibalik Keanggunan Seragam PramugariPramugari maskapai Air France. Businesclass.com

Warna tradisional maskapai asal Prancis, Air France yakni biru tua. Perusahaan telah menggunakan warna ini selama lebih dari 70 tahun. Perpaduan seragam tersebut terlihat lebih elegan dengan tambahan dari desainer Christian Lacroix yang melengkapinya dengan sabuk merah cerah dan sarung tangan.

Ternyata selain menambah penampilan lebih menarik, desain ini tenyata memiliki manfaat lho, untuk membuat petugas mudah dikenali di tengah kerumunan orang.

2. China Eastern Airlines, China

8 Pesan Rahasia yang Tersembunyi Dibalik Keanggunan Seragam PramugariSeragam pramugari China Eastern Airlines / YouTube

Seragam pramugari dari China Eastern Airlines didesain oleh perancang busana asal Prancis Christian Lacroix. Desain seragam tersebut terinspirasi dari ide-ide kesederhanaan, keindahan, dan kesopanan.

Sabuk merah dan aksesoris yang disematkan membuat seragam terlihat lebih hidup. Selain itu, syal leher dan plakat bundar di ikat pinggang memiliki pola tradisional Tiongkok. Seragam China Eastern Airlines menggabungkan mode Barat dan identitas Timur.

3. Delta Air Lines, AS

8 Pesan Rahasia yang Tersembunyi Dibalik Keanggunan Seragam PramugariSeragam pramugari Delta Airlines. Delta Airlines

Seragam Delta Air Lines telah mengalami beberapa perubahan selama bertahun-tahun. Pada tahun 2018, Zak Rosen, desainer yang juga mendandani penyanyi Rihanna, membuat desain baru.

Zak memilih 3 warna dasar: ungu, abu-abu, dan merah. Desain warna tersebut memiliki nama lucu yang berhubungan dengan terbang dan bepergian. Misalnya, mereka tidak hanya ungu dan abu-abu tetapi diberi nama “groundspeed graphite” and “passport plum.”

4. Virgin Atlantic, Inggris Raya

8 Pesan Rahasia yang Tersembunyi Dibalik Keanggunan Seragam PramugariSeragam flight attendant Virgin Atlantic. Virgin Atlantic

Di masa lalu, pramugari British Virgin Atlantic biasa mengenakan jaket yang cukup longgar. Tetapi desainer John Rocha memperkenalkan siluet yang lebih ramping dan potongan berbentuk V untuk membuat staf tampak lebih berkelas dan santai.

Seragam tersebut diperbaiki oleh Vivienne Westwood, dengan membuatnya lebih feminin dan elegan. Pihak perusahaan menyebutkan desain seragam yang elegan berdampak kinerja karyawan mereka bahwa karyawan mereka merasa lebih percaya diri dan bekerja lebih baik .

5. ANA, Jepang

8 Pesan Rahasia yang Tersembunyi Dibalik Keanggunan Seragam PramugariSeragam pramugari maskapai ANA. All Nippon Airways

Desain seragam maskapai penerbangan Jepang, ANA (All Nippon Airways), dikembangkan oleh desainer Prabal Gurung, perancang busana yang sangat disukai Lady Gaga. Kostum abu-abu muda berpadu sempurna dengan logo ANA berwarna biru. Dan syal cerah dengan pola bunga menunjukkan bahwa perusahaan menghormati warisan Jepang.

6. Etihad Airways, UEA

8 Pesan Rahasia yang Tersembunyi Dibalik Keanggunan Seragam PramugariSeragam flight attendant Etihad Airways

Etihad Airways merupakan perusahaan asal Uni Emirat Arab. Tahukah kalian desain seragam mereka yang dilengkapi selendang sebenarnya memiliki makna tersembunyi. Ini merupakan simbol kolaborasi selama 10 tahun dengan Formula-1.

Desainnya dikembangkan oleh Diane von Fürstenberg. Arti selendang memiliki beberapa lapisan. Yang pertama adalah tampilan trek balap di Abu Dhabi. Lalu ada warna ungu yang melambangkan warna kerajaan, dan rona oranye adalah matahari terbenam di padang pasir.

7. China Airlines, China

8 Pesan Rahasia yang Tersembunyi Dibalik Keanggunan Seragam PramugariSeragam flight attendant China Airlines. China Airlines

Seragam China Airlines ini dirancang oleh William Chang yang sebenarnya dinominasikan untuk Academy Award untuk Kostum Terbaik. Seragam tersebut didasarkan pada pakaian qipao nasional yang menunjukkan kelembutan dan kesopanan wanita Asia.

Perancang berusaha menjaga tradisi Tiongkok dan memasukkan konsep mode modern.

8. Singapore Airlines, Singapura

8 Pesan Rahasia yang Tersembunyi Dibalik Keanggunan Seragam PramugariSeragam flight attendant Singapore Airlines. The Straits Times

Seragam pramugari Singapore Airlines tidak berubah selama lebih dari 50 tahun. Rok ketat dari pramugari Singapura pada awalnya tampak tidak praktis, tetapi ternyata ada rahasianya.

Dalam keadaan darurat, potongan di depan membantu petugas mengikat rok di atas lutut agar lebih pendek dan lebih mudah untuk berjalan.
Warna juga penting. Pramugari biasa memakai warna biru, yang senior memakai warna hijau, dan petugas koki berpakaian merah.

itulah rahasia tersembunyi di balik seragam para pramugari dan pramugara, atau para flight attendant dari berbagai maskapai di dunia. Selain anggun dan mewah karena didesain oleh perancang busana kenamaan dunia, ternyata desain juga memiliki arti lho. Mana nih menurut kalian desain seragam yang paling menarik? 

Baca Juga: Daftar 9 Artis Cowok Indonesia yang Menikahi Pramugari

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya