Comscore Tracker

Perawat di RS Penderita Virus Corona Histeris, Aku Tak Tahan Lagi!

Kisah tenaga medis di Wuhan berjibaku merawat pasien

Foto dan video perawat di sebuah rumah sakit di Tiongkok menangis karena tidak kuat lagi merawat pasien penderita virus corona atau corona virus viral di dunia maya. Perawat yang bertugas menangani para penderita virus corona ini menangis dan berkata dia tidak tahan lagi.

Ribuan orang dirawat di rumah sakit akibat terjangkit virus mematikan ini. Selain di China virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan ini juga telah menyebar ke berbagai negara di Asia, Eropa, Afrika, Amerika bahkan juga di benua Australia.

Data terbaru sebanyak 4.474 orang tumbang akibat virus corona Wuhan ini, sebanyak 107 orang dilaporkan telah meninggal dunia.

Baca Juga: Penting! 5 Cara Penularan Virus Corona, Bisa Lewat Nafas dan Ludah  

1. Putus asa, perawat menangis dan berteriak

Perawat di RS Penderita Virus Corona Histeris, Aku Tak Tahan Lagi!Perawat penderita virus corna di Wuhan menangis putus asa. news.com.au

Rumah sakit di Wuhan, Beijing dan kota-kota lainnya di Tiongkok kebanjiran pasien yang terinfeksi virus corona. Tak ayal hal ini membuat perawat dan dokter bekerja ekstra untuk merawat para pasien tersebut. Bahkan para perawat dan dokter ini harus tetap bekerja meski masyarakat Tiongkok sedang merayakan tahun baru imlek.

Seorang perawat di rumah sakit di Wuhan menangis dan mengaku tak tahan lagi harus merawat ribuan orang yang membanjiri rumah sakit tersebut. Perawat tersebut dan rekan-rekannya terjebak di rumah sakit dan tidak diizinkan pulang untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Video yang beredar di media sosial memperlihatkan rekaman perawat tersebut menangis di sebuah toilet di rumah sakit. Ia terlihat putus asa dan menangis sambil berteriak, "Saya tidak tahan lagi!"

Melihat tangisan dan keputusasaan perawat tersebut, rekan-rekannya kemudian datang untuk menghibur sang perawat. Di sisi lainnya sekelompok perawat yang terdiri dari lima sampai enam orang terlihat juga menangis terisak sambil makan.

2. Sindiran untuk Presiden Cina Xi Jinping

Perawat di RS Penderita Virus Corona Histeris, Aku Tak Tahan Lagi!Presiden Tiongkok Xi Jinping mengikuti upacara sambutan di Balai Agung Rakyat, di Beijing, Tiongkok, pada 25 Oktober 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Lee

Video yang menjadi perbincangan tersebut juga menyindir Presiden China Xi Jinping. Tulisan video itu berbunyi: "Sementara Xi Jinping menikmati waktunya di Tahun Baru Imlek, para perawat di Wuhan menjadi gila!"

Video tersebut menjadi perbincangan hangat di media sosial. Banyak diantaranya yang menyalahkan pemerintah setempat karena mengabaikan kehidupan staf medis yang saat ini berada di garis terdepan berjibaku merawat penderita virus corona.

Apalagi mereka adalah orang yang paling rentan tertular virus mematikan tersebut karena setiap hari melakukan kontak dengan para penderita.

Banyak diantara pengguna media sosial yang mengapresiasia kerja keras perawat dan dokter di rumah-rumah sakit yang ada di Wuhan.

3. Sebanyak 4 ribu orang terjangit virus corona, korban meninggal mencapai 100 orang

Perawat di RS Penderita Virus Corona Histeris, Aku Tak Tahan Lagi!(Nomor hotline untuk dihubungi soal virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Wuhan menjadi zona karantina sejak mengganasnya wabah virus corona. Jutaan masyarakat tak diperkenankan meninggalkan kota tersebut. Termasuk juga dokter dan staf medis di rumah sakit harus tinggal dan membantu merawat pasien sebanyak mungkin.

Flu Wuhan, juga dikenal sebagai virus corona atau coronavirus, telah membunuh setidaknya 107 orang hingga Selasa (28/1). Virus tersebut dilaporkan juga telah menginfeksi sebanyak 4.474 orang.

4. Penularan virus corona melalui lima cara ini

Perawat di RS Penderita Virus Corona Histeris, Aku Tak Tahan Lagi!Seorang staf medis merawat seorang pasien dengan pneumonia yang disebabkan oleh virus corona baru di Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan, di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, pada 22 Januari 2020. Foto diambil tanggal 22 Januari 2020. ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS

Virus corona dengan sangat cepat dapat menular, dilansir dari A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention, terdapat lima cara penularan virus corona dari manusia ke manusia lainnya. 

  • Transmisi dari cairan: air dapat membawa virus dari pasien ke orang lain yang berada dalam jarak sekitar satu meter. Air yang dimaksud biasanya berupa cairan tubuh yang keluar saat berbicara, batuk, dan bersin;
  • Transmisi dari udara: virus corona bisa menyebar dalam jarak jauh melalui udara. Cara ini sama dengan cara virus flu, SARS, variola, dan norovirus menular dari satu orang ke orang lainnya;
  • Transmisi kontak: virus dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit atau selaput lendir (seperti mata, lidah, luka terbuka, dan lain-lain). Transmisi juga bisa berlangsung melalui darah yang masuk ke tubuh atau mengenai selaput lendir;
  • Transmisi dari hewan: orang yang mengolah, menjual, dan mendistribusikan hewan liar yang membawa virus corona dapat tertular melalui kontak tersebut;
  • Kontak dekat dengan pasien: keluarga, orang yang tinggal serumah, petugas medis, atau bahkan orang yang sempat berada dekat dengan pasien rentan untuk tertular. 

Baca Juga: Kenali Virus Corona Penyebab dan Gejala, Langkah Preventif Pencegahan 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya