Tertunda Berangkat, Delapan Calon Haji Embarkasi Solo Dipulangkan

Sudah 7.514 Calon Haji diberangkatkan

Boyolali, IDN Times - Sebanyak 7.514 orang calon jemaah haji telah diberangkatkan dari Embarkasi Haji Solo hingga Rabu (31/5/2023).

Embarkasi Solo telah memberangkatkan jamaah calon haji ke Tanah Suci sekitar 22 persen dari total 33.664 orang yang hendak diterbangkan.

Baca Juga: 33.524 Jemaah Calon Haji Dari Embarkasi  Solo 30 Persen Lansia

1. Sudah 21 kloter diberangkatkan ke tanah suci

Tertunda Berangkat, Delapan Calon Haji Embarkasi Solo DipulangkanKedatangan Jemaah Haji 2023 Kloter Kedua, Embarkasi Solo pada Rabu (24/5/2023). (IDN Times/Sunariyah)

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebutkan jumlah yang telah diberangkatkan mencapai 21 kloter.

"Jumlah calon haji Embarkasi Solo yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci hingga 21 kloter sebanyak 7.514 orang atau sekitar 22 persen dari total rencana penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, sebanyak 33.664 orang dari Jateng dan D.I Yogyakarta," kata Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Rabu.

PPIH Embarkasi Solo telah memberangkatkan calon haji asal Kabupaten Wonosobo tergabung kloter 21 sebanyak 360 orang melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Rabu, pada pukul 06.05 WIB. Calon haji kloter 21 yang masuk gelombang I Embarkasi Solo langsung menuju Madinah Arab Saudi.

"Kami Rabu ini, dijadwalkan menerbangkan calon haji dua kloter yakni 21 asal Wonosobo dan kloter 22 gabungan asal Wonosobo, Kota Magelang dan Purworejo, pada pukul 19.05 WIB," kata Gentur.

2. Hari Rabu tiga kloter bakal masuk ke asrama haji Embarkasi Solo

Tertunda Berangkat, Delapan Calon Haji Embarkasi Solo DipulangkanANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Dia juga menyampaikan untuk kedatangan jamah calon haji Embarkasi Solo ke Asrama Haji Donohudan Boyolali pada hari Rabu ada tiga kloter. Kloter 23 asal Purworejo telah tiba pada pukul 06.00 WIB dengan jumlah 360 orang. Sedangkan kloter 24 gabungan asal Purworejo dan Magelang, dijadwalkan masuk asrama haji, pukul 16.00 WIB, dan kloter 25 asal Kabupaten Magelang pada pukul 19.00 WIB.

"Jumlah calon haji yang tiba di Embarkasi Solo, hingga kloter 23 ada totalnya sebanyak 8.231 orang," katanya.

Sedangkan jumlah calon haji yang masuk Asrama Haji Donohudan Boyolali dari hasil pemeriksaan kesehatan terakhir di Klinik Embarkasi Solo yang dinyatakan sakit dan dirujuk ke rumah sakit ada enam orang. Dengan rincian tiga menjalani perawatan di RSU Dr. Moerwardi Solo, dua di RS TNI AU Karanganyar, dan satu lainnya observasi di Klinik Kesehatan asrama haji.

3. Delapan calon haji dipulangkan ke daerahnya

Tertunda Berangkat, Delapan Calon Haji Embarkasi Solo DipulangkanIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo mencatat para calon haji asal Jawa Tengah yang tertunda dan dipulangkan ke daerahnya karena kesehatan hingga hari ketujuh keberangkatan ke Tanah Suci.

Delapan calhaj ini dipulangkan ke daerahnya dan seorang lagi diberangkatkan dengan gelombang dua karena kondisi kesehatan.

"Ada delapan calon haji Embarkasi Solo yang tunda berangkat dan dipulangkan ke daerahnya, tetapi satu orang akan diberangkatkan dengan gelombang dua karena kondisi kesehatan," kata Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa.

Gentur menjelaskan Embarkasi Solo mencatat ada delapan calon haji yang tertunda keberangkatan dan dipulangkan ke daerahnya, karena kondisi kesehatan tidak layak terbang ke Tanah Suci.

4. Rerata calhaj yang dipulangkan karena mengalami demensia berat

Tertunda Berangkat, Delapan Calon Haji Embarkasi Solo Dipulangkanilustrasi demensia (unsplash.com/Steven HWG)

Delapan orang yang terpaksa tertunda keberangkatanya diantaranya yakni pertama, calon haji atas nama Rusmisih Salidin Kanafi (57), asal Kabupaten Demak tergabung kloter 7 ditunda dan dipulangkan ke daerahnya pada tanggal 25 Mei, karena demensia berat dan tanpa pendamping.

Calhaj kedua yakni Sarju Amad Toyib (89), asal Kabupaten Semarang kloter 17, ditunda keberangkatan ke Tanah Suci tahun ini, karena kondisi kesehatan mengalami nyeri sesak dada dan tidak sanggup melaksanakan ibadah haji dan dinyatakan tidak layak terbang.

Ketiga, calon haji Haruji Mustafa Yusuf (80), asal Kabupaten Semarang kloter 17, juga mengalami sakit demensia, sehingga ketika calon haji ini, sudah masuk gedung Muzdalifah atau keberangkatan yang bersangkutan tidak mau diterbangkan dengan kloternya. PPIH kemudian menghubungi petugas daerah untuk dipulangkan dan menunggu kondisi kesehatannya membaik.

5. Ada Calhaj yang perlu perawatan khusus yang harus ditunda keberangkatannya

Tertunda Berangkat, Delapan Calon Haji Embarkasi Solo DipulangkanANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Calon haji keempat, Rumaliah Ahmad Dalhar (85), asal Kabupaten Wonosobo kloter 20, mengalami demensia berat dan tanpa pendamping, kemudian dipulangkan ke daerahnya. Kelima, Johar Jowahir Wongsodimejo (70), asal Kabupaten Temanggung kloter 20, mengalami demensia berat tanpa pendamping, sehingga dipulangkan ke daerahnya.

Calhaj Keenam, Puryanto Parsorejo Dipantika (83) asal Kabupaten Wonosobo kloter 21, mengalami demensia berat dan tanpa pendamping. Ketujuh, Sumiarto Hemi Wosorejo (87), Kabupaten Wonosobo kloter 21, mengalami demensia berat dan tanpa pendamping.

Satu lagi calon haji atas nama Sumiati Basirun (59), asal Kota Semarang kloter 11, karena ada perawatan kesehatan khusus DM, sehingga ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci dan rencana diberangkatkan calon haji gelombang kedua Embarkasi Solo.

Jadi calon haji ini, hanya cukup di Mekah Arab Saudi karena memang kondisi kesehatannya yang penting bisa menjalankan ibadah wajib hajinya.

 

Baca Juga: Kloter Pertama Embarkasi Haji Solo Diterbangkan, Paling Tua 86 Tahun 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya