Comscore Tracker

Daftar 6 Lokasi Pengamatan Gerhana Matahari Cincin di Jawa Tengah

Pengamatan harus menggunakan alat pelindung

Semarang, IDN Times - Peristiwa alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi pada Kamis (26/12). Kejadian itu bisa terlihat di sebagian wilayah di Indonesia.

Baca Juga: 5 Mitos di Dunia yang Sering Dikaitkan dengan Gerhana Matahari Cincin

1. GMC terjadi beberapa fase

Daftar 6 Lokasi Pengamatan Gerhana Matahari Cincin di Jawa TengahGerhana matahari cincin. Pixabay/bairi

Berdasarkan informasi hisab Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang diterima IDN Times, GMC bakal terjadi pada Kamis Kliwon, 29 Rabiul Akhir 1441 H atau (26/12). Terdapat beberapa fase GMC dalam Waktu Indonesia bagian Barat (WIB).

Awal Gerhana Matahari Sebagian akan terjadi pada pukul 10.22 WIB. Sedangkan Awal Gerhana Matahari Cincin pukul 12.16 WIB. Untuk Pertengahan Gerhana Matahari Cincin pukul 12.17 WIB dan Akhir Gerhana Matahari Cincin 12.19 WIB. Sementara Akhir Gerhana Matahari Sebagian diperkirakan terjadi pukul 14.14 WIB.

2. Tempat yang bisa melihat GMC

Daftar 6 Lokasi Pengamatan Gerhana Matahari Cincin di Jawa TengahRektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Agussani (tengah) bersama jajarannya memperlihatkan kacamata khusus melihat matahari yang akan digunakan untuk mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC). Antara Foto/Septianda Perdana

GMC akan terlihat di kota–kota Sibolga (Sumatra Utara), Padang Sidempuan (Sumatra Barat), Duri (Riau), Batam dan Tanjung Pinang (Riau Kepulauan), Singkawang (Kalimantan Barat) serta Tanjung Selor (Kalimantan Utara). Sedangkan sisa wilayah Indonesia lainnya akan dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.

Untuk penampakan GMC di setiap daerah dapat berbeda, bergantung pada koordinat lintang dan bujur setiap tempat.

3. Pengamatan harus menggunakan alat pelindung

Daftar 6 Lokasi Pengamatan Gerhana Matahari Cincin di Jawa Tengahinstagram.com/weathermanwill54

Lembaga Falakiyah PBNU menggelar pengamatan di sejumlah titik, termasuk di Jawa Tengah. Hal itu bertujuan untuk membantu masyarakat mengamati GMC, sekaligus melaksanakan tugas-tugas kefalakiyahan.

Untuk melaksanakan pengamatan, melihat langsung dan memotret GMC membutuhkan alat pelindung mata khusus atau kacamata Matahari.

4. Di Jawa Tengah ada 6 titik pengamatan

Daftar 6 Lokasi Pengamatan Gerhana Matahari Cincin di Jawa TengahMasyarakat juga bisa menggunakan teleskop canggih yang disediakan UMSU untuk mengamati gerhana matahari cincin. IDN Times/Prayugo Utomo

Adapun di Jawa Tengah terdapat enam titik pengamatan, diantaranya:

  • Kebumen: Masjid Jami’ Mujahidin Karanganyar, Kabupaten Kebumen, diselenggarakan oleh pondok pesantren Mamba’ul Ihsan bekerja sama dengan Lembaga Falakiyah PCNU Kebumen.
  • Semarang: Universitas Islam Sultan Agung, Kota Semarang, diselenggarakan oleh Universitas Sultan Agung bekerja sama dengan Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Tengah.
  • Semarang: Masjid Agung Jawa Tengah, Kota Semarang, diselenggarakan oleh pondok pesantren Life Skill Daarun Najaah bekerja sama dengan Tim Hisab Rukyat Masjid Agung Jawa Tengah dan Lembaga Falakiyah PCNU Semarang.
  • Jepara: Masjid Agung Baitul Ma’mur Jepara, Kabupaten Jepara, diselenggarakan oleh Fakultas Syariah dan Hukum UNISNU.
  • Demak: Masjid Agung Demak, Kabupaten Demak, diselenggarakan
    oleh Lembaga Falakiyah PCNU Demak.
  • Kudus: Masjid Agung Simpang Tujuh Kudus, Kabupaten Kudus, diselenggarakan oleh Lembaga Falakiyah PCNU Kudus.

Baca Juga: Tata Cara Salat Gerhana Matahari, Bacaan Niat Salat Kusuf Menurut PBNU

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya