Comscore Tracker

Termasuk Ganjar, Inilah 11 Orang Disuntik Vaksin di RS Tugu Semarang

Romo, kiai, pangdam dan kapolda divaksin besok

Semarang, IDN Times - Sebanyak 11 pejabat di Jawa Tengah akan mendapat kesempatan pertama yang disuntik vaksin Sinovac pada Kamis (14/1/2021) besok. Proses vaksinasi dipusatkan di RSUD Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang mulai pukul 07.00 WIB pagi.

"Ada sebelas orang akan dicanangkan untuk dilakukan penyuntikan vaksin pada besok pagi jam 7.30. Lokasinya dipusatkan di RSUD Tugurejo," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, saat diskusi zoom bersama media, Rabu (13/1/2021).

1. Ganjar, Pangdam, Kapolda hingga seorang pastor divaksin besok

Termasuk Ganjar, Inilah 11 Orang Disuntik Vaksin di RS Tugu SemarangIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ia mengungkapkan kesebelas pejabat yang akan divaksin serentak yaitu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakil Ketua DPRD Jateng, Kepala Dinkes Jateng, Direktur RSUD, perwakilan pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI), perwakilan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), KH Ahyani sebagai perwakilan MUI dan Keuskupan Agung Semarang yang diwakili oleh Romo FX Sugiono Pr.

Baca Juga: Penerapan PPKM Jawa-Bali, Ganjar Sebut Pelaku Usaha ini Bakal Rugi

2. Vaksinasi di Kota Semarang dipusatkan di Puskesmas Pandanaran

Termasuk Ganjar, Inilah 11 Orang Disuntik Vaksin di RS Tugu SemarangIlustrasi vaksin. Dok. Antara Foto

Sedangkan untuk tingkat kabupaten/kota, katanya juga akan divaksinasi secara bersamaan pada Kamis pagi.

Di Kota Semarang, vaksinasi dipusatkan di Puskesmas Pandanaran. "Di Kota Semarang nanti lokasinya di Puskesmas Pandanaran, ada Wali Kota dan beberapa pejabat lainya. Untuk Kabupaten Semarang lokasi vaksin perdana di Puskesmas Ungaran dan di Solo dipusatkan di RSUD Bung Karno," ungkapnya.

Pihaknya mengungkapkan setelah para pejabat divaksin secara serentak, kemudian giliran para tenaga kesehatan (nakes). Pihaknya menjamin semua nakes akan mendapat vaksinasi tanpa membedakan status kepegawaiannya. Mulai dokter, perawat, karyawan rumah sakit dan puskesmas yang berstatus ASN maupun non ASN.

3. Distribusi vaksin Sinovac paling banyak untuk Kota Semarang

Termasuk Ganjar, Inilah 11 Orang Disuntik Vaksin di RS Tugu SemarangKondisi penyimpanan vaksin Sinovac di gudang Dinkes Semarang. Dok Humas Pemprov Jateng

Pada tahap pertama vaksinasi, Yulianto menyebut ada 38.240 dosis vaksin yang didistribusikan bagi Kota Semarang. Di Kabupaten Semarang diberi 8.000 dosis untuk kurang lebih 3.000 nakes serta Kota Solo dapat jatah 10.620 dosis untuk 10.069 nakes.

"Yang untuk dosis penyuntikan kedua bagi wilayah Solo masih menunggu kiriman dari pusat. Kalau yang Semarang dan Kabupaten Semarang sudah disediakan dua dosis sekaligus," paparnya.

Baca Juga: Efek Samping Disuntik Vaksin Sinovac, Dinkes Jateng: Panas dan Nyeri

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya