Waspadai Segmen Megatrust, BMKG Pasang 23 Alat Deteksi Gempa Jateng

BMKG Geofisika Banjarnegara lakukan mitigasi

Banjarnegara, IDN Times - Stasiun BMKG Geofisika Banjarnegara memasang 23 alat pendeteksi gempa bumi sebagai upaya mengantisipasi terjadinya gempa megatrust di Jawa Tengah. Sejauh ini, pihak BMKG Geofisika telah mendeteksi adanya tiga segmen gempa bumi berskala megatrust di jalur pesisir selatan. 

Baca Juga: Begini Kondisi 13 Sesar Aktif se-Jateng, Ada yang Panjangnya 69 Km

1. BMKG Geofisika pasang 23 alat deteksi gempa

Waspadai Segmen Megatrust, BMKG Pasang 23 Alat Deteksi Gempa JatengBadan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau hilal di langit Kota Makassar untuk menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah. Selasa (9/4/2024)/Istimewa

Kepala BMKG Geofisika Banjarnegara, Heri Susanto Wibowo mengatakan terdapat 23 alat pendeteksi gempa bumi saat ini dipasang di sejumlah tempat. 


"Sampai saat ini BMKG telah memasang alat deteksi gempa bumi di wilayah Jawa tengah berjumlah 23 site," ujar Heri kepada IDN Times, Sabtu (1/6/2024).

2. Daftar daerah yang dipasangi alat deteksi gempa

Waspadai Segmen Megatrust, BMKG Pasang 23 Alat Deteksi Gempa JatengSejumlah bangunan di Kabupaten Sumedang tampak rusak akibat gempa berkekuatan M6,2 di Kabupaten Garut, pada Sabtu (27/4) malam. Tim rekasi cepat segera melakukan penanganan darurat dan kaji cepat sejak dini. (BPBD Kabupaten Sumedang)

Puluhan alat pendeteksi gempa dipasang di Kota Semarang, kawasan Semenanjung Muria, Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan, Kabupaten Pekalongan, Kota Tegal, Kecamatan Purwokerto Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Surakarta. 


Sedangkan daerah lainnya yang dipasang alat pendeteksi gempa bumi yaitu Tasikmalaya Jawa Barat dan beberapa lokasi yang berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

3. Pesisir selatan ada tiga segmen megatrust

Waspadai Segmen Megatrust, BMKG Pasang 23 Alat Deteksi Gempa Jatengdetik.com

Ia menuturkan kewaspadaan terhadap potensi gempa megatrust memang perlu dilakukan sejak dini mengingat wilayah Jawa Tengah terutama pesisir selatan memiliki tiga segmem megatrust. 


Segmen megatrust di selatan Jawa Tengah bahkan disebut memiliki potensi gempa bumi dengan magnitudo mencapai 8,7.


"Terdapat tiga segmen megatrust yang memiliki potensi gempa dengan kekuatan tertarget 8.7 yang berpotensi membangkitkan tsunami di wilayah pesisir Jawa Tengah," terangnya. 


Potensi tersebut juga mengacu pada sejarah panjang pesisir selatan yang pernah dilanda gempa bumi dan gelombang tsunami berulang kali. 


Tercatat pernah ada kejadian tsunami Banyuwangi pada 1818 dengan ketinggian 3,5 meter, tsunami selatan Jawa tahun  1840 dengan catatan teramati. Tsunami Pacitan tahun 1859 dan beberapa orang meninggal, tsunami Kebumen tahun 1904 dengan catatan teramati. 


Tsunami selatan Jawa tahun 1921 dengan keterangan sudah ada catatan marigram. Tsunami Pangandaran tahun 1957 dengan catatan teramati, tsunami Banyuwangi tahun 1994 dengan catatan 250 orang meninggal dan 15 orang lainnya hilang dan tsunami Pangandaran 2006 dengan catatan 668 orang meninggal dunia. 


"Untuk wilayah utara Jawa Tengah potensi terbesar kegempaan bersumber dari sesar aktif baik yang sudah teridentifikasi maupun yang belum terpetakan," paparnya. 

4. Butuh mitigasi secara masif untuk minimalisir korban jiwa

Waspadai Segmen Megatrust, BMKG Pasang 23 Alat Deteksi Gempa JatengIlustrasi gempa (IDN Times/Esti Suryani)

Dengan mengingat aktivitas gempa memiliki periode ulang, katanya maka gempa berpotensi dapat terjadi lagi di masa yang akan datang. 


Pihaknya menambahkan perlu mitigasi atau pengurangan resiko bencana secara massif baik struktural dengan membangun bangunan tahan gempa. Selanjutnya mitigasi non-struktural dengan melakukan edukasi untuk meningkatkan kapasitas masyarakat harus terus ditingkatkan.


"Sehingga masyarakat yang tinggal di wilayah aktif gempa menjadi aman serta jumlah korban bencana dapat diminimalisir atau zero victim," ujar Heri. 

Baca Juga: Polda Jateng Respon Dugaan Keterlibatan Menguntit Jampidsus

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya