PT KAI Gelar Road Show Film Dokumenter Garapan IDN Pictures

Film kisah perjalanan KAI dan kaum urban.

Surakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan KAI Commuter menggelar road show dalam rangka peluncuran film Omnibus Strangers With Memories karya sutradara Fajar Nugros.

Road show tersebut dilaksanakan menggunakan kereta khusus yang akan singgah ke berbagai stasiun dan kota pada 11-14 November 2022.

Baca Juga: Keluar Zona Nyaman Garap Inang, Fajar Nugros: Bikin Horor Gak Gampang!

1. Road show digelar di beberapa kota.

PT KAI Gelar Road Show Film Dokumenter Garapan IDN PicturesGala Premier film Stranger of Memories di Solo Paragon Mall. (IDN Times/Larasati Rey)

Kota Solo, sendiri menjadi kota ketiga yang disingahi pemutaran film ada beberpaa lokasi yaBandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Surabaya dan berakhir di Jakarta.

EVP Corporate Secretary KAI, Asdo Artiviyanto mengatakan pembuatan film ini merupakan sesuatu yang baru di KAI, selain itu film ini juga mengisahkan perbedaaan antara dunia perkeretaapian dulu dengan sekarang yang jauh berbeda.

"Dulu kan namanya PJKA sekarang sudah diganti jadi PT KAI. Film ini ada nuansa muda dan ada dokumentary nya," ujarnya Sabtu (12/11/2022).

Asdo mengatakan road show ini merupakan bagiam untuk memperkenalkan film ini kepada masyarakat. "Kami perlu menggelar road show agar kami dapat memperkenalkan film ini kepada masyarakat lebih dekat lagi. Di samping peluncuran film, kami juga melakukan serangkaian kegiatan sosial di stasiun-stasiun yang kami singgahi,” imbuhnya.

2. Mengedukasi masyarakat.

PT KAI Gelar Road Show Film Dokumenter Garapan IDN PicturesGala Premier film Stranger of Memories di Solo Paragon Mall. (IDN Times/Larasati Rey)

Direktur Operasi dan Pemasaran KCI, Wawan Ariyanto mengatakan film bercerita soal kehidupan nyata dunia perkereta apian sehari-hari, mulai dari petugas hingga penumpang serta siapa pun yang terlibat. Sehain itu, kita juga mengedukasi masyarakat terutama generasi milenial dengan cara kekinian, salah satunya melalui sebuah karya seni berupa film.

“Film Omnibus Strangers With Memories Karya Fajar Nugros sedikit banyak mengajarkan kepada pengguna jasa, para millenials untuk memiliki rasa empati, saling peduli dan menghargai serta membantu sesama baik di dalam commuterline atau stasiun,” katanya.

Produksi film dokumenter tersebut dalam rangka HUT ke-77 KAI pada akhir September lalu serta menyemarakkan G20 dimana KAI ingin menumbuhkan kecintaan dengan transportasi massal kereta api yang ramah energi.

Film dokumenter dan film pendek ini menjadi bentuk sumber informasi untuk memperkenalkan perusahaan ke publik karena membangun sebuah koneksi emosional dengan penonton.

3. Libatkan talent dari PT KAI.

PT KAI Gelar Road Show Film Dokumenter Garapan IDN PicturesSutradara, Fajar Nugros. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Sutradara Fajar Nugros mengatakan pembuatan film dokumenter dan film omnibus, KAI dan KAI Commuter merupakan kolaborasi dengan IDN Pictures.

Film tersebut menggambarkan cerita di balik layar perjalanan kereta api serta kisah yang terjadi pada pelayanan kereta api.

"Talentnya ada pegawai PT KAI yang terlibat langsung dalam pembuatan film ini. Film ini juga mengambarkan tabiat dan karakteristik penumpang pada umumnya," ungkapnya.

Film oni mengambil plot di beberapa stasiun yang disinggahi diantaranya Stasiun Bandung, Yogyakarta, Solo Balapan, Gambir, Jakarta Kota, Surabaya Gubeng, Staiun Cibatu, dan lainnya.

Baca Juga: Fajar Nugros Ingin Milenial dan Gen Z Mengenal Grup Lawak Srimulat

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya