7 Spot Ngabuburit Paling Keren di Solo

#RamadanMasaKini Kamu wajib mencoba, pasti berkesan!

Kota Solo, Jawa Tengah, dikenal dengan surga kuliner dan spot-spot tempat makan yang keren. Pasalnya, tempat makan di kota Presiden ini tidak hanya menyajikan cita rasa kuliner yang khas, tapi juga suasana yang keren, termasuk untuk acara ngabuburit kamu.

Nah, berikut ini 7 spot di Kota Solo yang nyaman banget untuk ngabuburit atau menunggu saat buka puasa. Dijamin, kamu akan mendapatkan kesan yang gak terlupakan di spot-spot cantik ini.

1. Gladag Langen Bogan Solo atau Galabo

7 Spot Ngabuburit Paling Keren di SoloIDN Times/Nugroho Adi

Lokasinya di pusat Kota Solo, tepatnya di kawasan Gladag yang merupakan ujung dua jalan utama Kota Solo, yaitu Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Jenderal Sudirman. Di tempat ini tersedia puluhan lapak yang menyajikan semua makanan khas Solo, mulai dari sate buntel, tengkleng, pecel Solo, cabuk rambak, sate kere, nasi liwet, gudeg, dan lainnya. Pokoknya lengkap dan yang penting murah.

Yang lebih menariknya lagi adalah suasana yang keren. Sambil menunggu saat berbuka tiba, kamu bisa foto-foto di kawasan ini dengan latar belakang bangunan tua seperti Bank Indonesia dan Benteng Vasternburg. Tempat makan di Galabo  ini di areal terbuka sehingga acara ngabuburitmu akan lebih berkesan.

2. Taman Balekambang

7 Spot Ngabuburit Paling Keren di SoloIDN Times/Nugroho Adi

Taman Balekambang sangat cocok untuk acara ngabuburitmu. Di taman ini kamu bisa menyusuri jalan yang dinaungi pohon-pohon besar. Kamu pun bisa bercanda dengan beberapa ekor rusa yang dibiarkan hidup bebas di taman ini.

Taman ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tahun 1921 sebagai hadiah untuk kedua putrinya, GRAy Partini dan GRAy Partinah. Kawasan ini berupa hutan kota dan kawasan kolam air. Kamu bisa merasakan udara segar perkotaan di taman ini. Saat buka puasa, kamu bisa menikmati makanan di resto-resto yang ada di sekitar taman.

 

3. Ngarsopuro Night Market

7 Spot Ngabuburit Paling Keren di SoloIDN Times/Nugroho Adi

Inilah lokasi tempat nongkrong kaum millennial di Solo.  Tempat sangat cocok untuk acara ngabuburitmu. Banyak yang bisa kamu lakukan di kawasan Ngarsopuro ini karena banyak acara-acara festival yang diselenggaran di sini, misalnya festival clothing, festival jenang, festival keroncong dan lainnya.

Ngarsopuro Night Market adalah semacam pasar malam sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka keramaian. Pasar ini buka sejak sore dan banyak lapak yang menyediakan barang-barang kerajinan yang kreatif.  Sambil menungga saat berbuka, kamu bisa berjalan-jalan sambil membeli barang yang disukai. Oh ya, di pasar ini juga banyak warung makan yang bisa disinggahi saat buka puasa tiba lho.

4. Taman Tirtonadi

7 Spot Ngabuburit Paling Keren di SoloIDN Times/Instagram/sutoponagasaba

Taman Tirtonadi merupakan kawasan wisata baru di Solo. Taman ini berada di pinggir Kali Pepe di sekitar Terminal Tirtonadi. Meskipun pengerjaan belum rampung, tapi setiap sore taman ini selalu dipenuhi warga.

Kamu bisa berfoto selfie sekaligus menikmati keindahan taman dan jembatan kaca yang membentang di atas sungai. Jika langit cerah, kamu bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang indah. Di sekitar taman juga tersedia tempat makan dengan menu khas Solo yang harganya sangat terjangkau.

5. Stadion Manahan Solo

7 Spot Ngabuburit Paling Keren di SoloIDN Times/Nugroho Adi

Spot menarik lain untuk ngabuburit di Solo adalah kawasan Stadion Manahan. Banyak kaum millennial yang memanfaatkan kawasan ini untuk ngabuburit dengan melakukan aktivitas olah raga ringan, misalnya bersepeda dan bermain skateboard.

Saat buka buasa tiba, kamu bisa menuju lapak-lapak makanan di sekitar stadion.  Coba tunggulah sampai gelap, maka kamu bisa menikmati air mancur warna-warni di sekitar Patung Soekarno Membaca, gak jauh dari stadion.

 

6. Pintu Gerbang ISI Solo

7 Spot Ngabuburit Paling Keren di SoloIDN Times/Nugroho Adi

Kalangan millennial banyak yang menyukai tempat ini karena gerbang kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Solo ini memang nyeni dengan bentuk perahu.  Mereka menunggu waktu berbuka berbuka puasa dengan bercengkerama dan berfoto-foto di sekitar pintu gerbang

Pada bulan puasa, banyak lapak makanan dan minuman meramaikan kawasan ini. Spot ini merupakan satu-satunya tempat ngabuburit di lingkungan kampus yang menjadi favorit kaum muda millennial.

7. Kawasan Keprabon

7 Spot Ngabuburit Paling Keren di SoloIDN TImes/NUgroho Adi Purwoko

Kawasan Keprabon merupakan salah satu spot kuliner nasi liwet di Solo. Lokasi ini sangat mudah dijangkau karena tidak jauh dari kawasan Ngarsopuro dan Puro Mangkunegaran. Selain nasi liwet, tempat ini juga menyajikan berbagai menu khas Solo, seperti soto, timlo, dan gudeg.

Kamu bisa menunggu saat buka puasa sambil menikmati alunan musik tradisional langgam-langgam Jawa dari pengamen jalanan. Jangan khawatir soal harga karena makanan di tempat ini tergolong murah. Di Keprabon kamu juga bisa menikmati suasana Kota Solo pada malam hari.

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya