Comscore Tracker

Pilkada Purbalingga, Petahana Nyatakan Maju Lewat PDIP

Intens lakukan komunikasi dengan partai politik

Purbalingga, IDN Times – Bursa Pilkada Purbalingga mulai menghangat, petahana Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menyatakan bakal maju kembali mencalonkan diri menjadi Bupati Purbalingga. Ia mengatakan telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati Purbalingga melalui DPC PDI Perjuangan Purbalingga.

Namun Tiwi, begitu ia biasa disapa, enggan menyebutkan kapan persisnya ia mendaftarkan diri. “Saya sudah mendaftar ke DPC (PDIP Purbalingga, red) dan sudah mengembalikan dan sedang berproses di DPP,” kata dia.

Baca Juga: Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020 jadi PR KPU Purbalingga 

1. Jajaki dukungan partai politik

Pilkada Purbalingga, Petahana Nyatakan Maju Lewat PDIPistimewa

Selain dengan PDIP Tiwi kini tengah menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai dan tokoh di Purbalingga. Beberapa hari yang lalu, Tiwi memenuhi undangan para kiyai pondok pesantren. Ia didukung untuk kembali maju sekaligus dipasangkan dengan Ulil Arkham, Wasekjen PP GP Ansor.

Tiwi juga menyambangi kantor DPC PAN Purbalingga. Pada kunjungan ini, ia mengaku menjalankan arahan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, agar menjaga kondusifitas jelang pilkada dengan mengunjungi partai politik di Purbalingga.

Tiwi kemudian berkunjung ke DPD Partai Golkar Purbalingga. Masih dengan alasan yang sama, Tiwi datang bersama dengan jajaran pejabat Pemkab Purbalingga.

Meskipun intens menjalin komunikasi dengan parpol, namun Tiwi tak menyebut partai mana saja yang menyatakan diri mendukungnya pada Pilkada Purbalingga 2020. Ia hanya mengatakan masih dalam taraf komunikasi.

“Masih dalam penjajakan antara satu partai dengan partai yang lain. Mudah-mudahan bisa ketemu dengan yang pas untuk memajukan Purbalingga,” kata dia.

2. Dinamika politik di Purbalingga meningkat

Pilkada Purbalingga, Petahana Nyatakan Maju Lewat PDIPIDN Times/Rudal Afgani

Ia mengatakan dinamika politik di Purbalingga menjelang pilkada mulai terlihat. Ia menilai hal ini sebagai sinyal positif bahwa Pilkada Purbalingga akan berjalan dinamis. Ia bahkan memperkirakan akan ada lebih dari dua bakal calon yang mencalonkan diri.

“Artinya proses demokrasi berjalan, semoga nanti para calon bisa menemukan pasangan yang pas sehingga nanti bisa ikut berpartisipasi dalam pilbu. Ya mungkin nanti bisa dua atau tiga calon di pilbup, sehingga menarik untuk pemilih,” akta dia.

3. Berkas Pendaftaran masuk ke DPP PDIP

Pilkada Purbalingga, Petahana Nyatakan Maju Lewat PDIPIDN Times/Rudal Afgani

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purbalingga, Karseno, mengatakan Tiwi telah mengembalikan formulir pendaftaran pada 5 Agustus 2019. 

“Berkas pendaftaran sudah kami kirimkan ke DPP PDI Perjuangan pada tanggal 25 Oktober,” kata dia.

Ia mengatakan ada dua bakal calon bupati dan dua bakal calon wakil bupati yang mendaftar melalui DPC PDI Perjuangan Purbalingga. Dua bakal calon bupati itu antara lain Dyah Hayuning Pratiwi dan Catur Sulistowo. Sementara dua bakal calon wakil bupati yaitu Ken Ragil Turyono dan Iwan Kurniawan.

“Sekarang proses pendaftaran di DPC sudah kami lalui. Kalau ada yang mau mendaftar bisa melalui DPD PDIP Jateng,” kata dia.

Baca Juga: Pilkada Purbalingga, Kiai 30 Ponpes Sodorkan Nama Ulil Dampingi Tiwi

Topic:

  • Bandot Arywono

Just For You