TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buat Produk Ramah Lingkungan, PLTS Atap Terpasang di Pabrik Polytron

Bisa mereduksi emisi karbon sebesar 3.840 ton CO2

Polytron memasang instalasi PLTS Atap di pabrik Sayung, Demak. (dok. Polytron)

Semarang, IDN Times - Industri manufaktur elektronika, Polytron berupaya mengembangkan ekosistem produk elektronik ramah lingkungan. Untuk mendukung upaya itu, Polytron memasang instalasi PLTS Atap di pabrik miliknya. 

1. Transisi menuju energi bersih

Langkah ini seiring dengan upaya Polytron dalam menyambut era elektrifikasi dengan memproduksi kendaraan listrik. Hingga bulan Agustus 2024, industri manufaktur tersebut berhasil mencatatkan penjualan hampir 20.000 unit motor listrik di seluruh Indonesia.

Production Director Polytron, Ketut Wihardika mengatakan, langkah ini menunjukkan dedikasi pihaknya dalam mendukung transisi menuju energi bersih dan berkelanjutan, sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin peduli terhadap lingkungan.

Baca Juga: Relaksasi Aturan TKDN: Peluang Emas untuk Pertumbuhan Industri PLTS

2. Sistem PLTS atap hasilkan energi listrik 4.935.896 kWh

"Instalasi sistem PLTS menjadi bagian dari perwujudan ekosistem produk ramah lingkungan yang kami tawarkan kepada konsumen. Di tengah ketertarikan masyarakat akan produk yang ramah lingkungan, kami memberikan nilai tambah melalui sumber energi yang menawarkan hal serupa, yaitu melalui penggunaan PLTS," ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/8/2024).

PLTS yang diinstalasi memiliki kapasitas sebesar 1,2 MWp di pabrik Krapyak, Kudus, dan 2,1 MWp di pabrik Sayung. Sistem ini diestimasikan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 4.935.896 kWh per tahun untuk operasional kedua pabrik yang setara dengan mereduksi emisi karbon sebesar 3.840 ton CO2. Adapun, dalam pemasangan PLTS Atap ini Polytron menggandeng SUN Energy.

Berita Terkini Lainnya