Comscore Tracker

5 Gerai McDonald's di Semarang Tutup 2 Hari Gegara ARMY Serbu BTS Meal

Antrean driver ojek online mengular di McD seluruh Semarang

Semarang, IDN Times - Satpol PP Kota Semarang menutup lima gerai McDonald's di Semarang yang tengah menggelar promo makanan BTS Meal, Rabu (9/6/2021). Kondisi itu disebabkan adanya antrean konsumen yang menimbulkan keramaian dan kerumunan di restoran cepat saji tersebut pada masa pandemik COVID-19.

1. Antrean ojol dan fans BTS timbulkan kerumunan di McDonald's

5 Gerai McDonald's di Semarang Tutup 2 Hari Gegara ARMY Serbu BTS MealKerumunan BTS Meal di McDonald's Semarang. (Twitter.com/@akutemansambat)

Para konsumen yang mengantre mayoritas adalah driver ojek online (ojol) dan fans grup band Korea Selatan BTS, ARMY yang membeli melalui fasilitas lantatur (drive thru). Mereka memburu paket makanan berisi kentang goreng, nugget, dan minuman berkarbonasi.  

Satpol PP Kota Semarang terpaksa membubarkan pembeli, salah satunya di McDonald's Mal Ciputra Semarang. 

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, pihaknya mengerahkan personel untuk membubarkan kerumunan serta melakukan penyegelan terhadap resto cepat saji tersebut. Upaya itu dilakukan karena sudah menyalahi protokol kesehatan COVID-19 di masa pandemik seperti ini.

"Saya mendapat laporan masyarakat adanya kerumunan promo makanan BTS yang diadakan McDonald's. Dari laporan itu langsung kami antisipasi kerumunannya, karena ojek online yang datang sesuai dengan pemesan, makanya kami minta mereka untuk jaga jarak. Setelah itu restonya langsung kami tutup sementara," ungkapnya saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga: 10 Potret Kerumunan Antrean Demi Menu BTS Meal di McDonald's Semarang

2. Satpol PP tutup 5 gerai McDonald's di Semarang

5 Gerai McDonald's di Semarang Tutup 2 Hari Gegara ARMY Serbu BTS MealPenyegelan gerai McDonald's di Semarang karena kerumunan BTS Meal. (Twitter.com/armyfess_)

Ada lima titik restoran cepat saji yang ditutup Satpol PP Kota Semarang. Yaitu McDonald's di Jalan Pandanaran, Mall Ciputra, Java Mall, Jalan Pamularsih, dan Jalan Majapahit Semarang.

Penutupan sementara yang dilakukan Satpol PP terhadap seluruh gerai McDonald's berlaku selama dua hari. Dalam kurun waktu tersebut, pihak manajemen masing-masing restoran akan dipanggil Satpol PP guna memberikan keterangan.

‘’Tidak hanya McDonald's, kami juga mengimbau kepada seluruh pengusaha kuliner untuk selalu tertib dalam menerapkan protokol kesehatan. PPKM mikro sudah diterapkan lagi, karena kasus COVID-19 di Semarang sudah mencapai 1.000 pasien. Maka, semua jajaran sudah ikut mengamankan, jangan sampai ini para pengusaha memorak-porandakan semua upaya kita," jelasnya.

3. Mal Ciputra tidak menerima informasi dari McDonald's soal promo BTS Meal

5 Gerai McDonald's di Semarang Tutup 2 Hari Gegara ARMY Serbu BTS MealBTS Meal dalam Media Gathering McDonald's X BTS (Dok. McDonald's Indonesia)

Terpisah, pihak manajemen menyatakan Mal Ciputra di kawasan Simpang Lima Semarang itu akan tetap beroperasional seperti biasa dengan potokol kesehatan sebagaimana imbauan otoritas kesehatan setempat meskipun McDonald's di kawasan tersebut tutup.

Public Relations Mal Ciputra Semarang, Aisa R Jusmar menyebut promo yang membeludak akibat BTS Meal di luar dugaannya. Sebab secara formal, pihaknya tidak mendapatkan informasi soal promo BTS Meal dari McDonald's.

Meski demikian, Mal Ciputra sigap mengantisipasi antrean yang menyebabkan kerumunan di sekitar lobi mal. Sebagian besar personil security dikerahkan untuk mengatur antrian ojek online yang menunggu lama demi order menu BTS.

“Walau ojek online ini menunggu di outdoor mal, kami tetap berupaya mengatur sedemikian rupa supaya mereka yang menunggu cepat bubar dan tidak berkerumun,” jelasnya saat dikonfirmasi IDN Times.

Baca Juga: Viral! Vaksinasi COVID-19 di Semarang Undang Kerumunan Warga

https://www.youtube.com/embed/pmUNTjzW4Vk

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya