Bengkel Pertamina Sahabat Difabel Bisa Perbaiki Motor Roda Tiga hingga Kursi Roda

Penyandang difabel dibekali kewirausahaan hingga pemasaran

Semarang, IDN Times - Pengembangan kualitas serta keterampilan komunitas para penyandang difabel terus dilakukan oleh berbagai pihak. Kali ini PT Pertamina Lubricants (PTPL) dan PT Pertamina Retail (PTPR) meluncurkan Bengkel Pertamina Sahabat Difabel di Bantul, Yogyakarta, Kamis (15/9/2022). 

1. Kembangkan bengkel reparasi kursi roda

Bengkel Pertamina Sahabat Difabel Bisa Perbaiki Motor Roda Tiga hingga Kursi RodaPertamina meluncurkan Bengkel Pertamina Sahabat Difabel di Bantul, Yogyakarta, Kamis (15/9/2022). (dok. Pertamina Lubricants)

Bengkel yang dikelola oleh Forum Peduli Difabel Bantul (FPDB) ini sudah berdiri sejak tahun 2008. Sebelum resmi menjadi Bengkel Pertamina Sahabat Difabel, bengkel FPDB yang berlokasi di Jl Parangtritis No 18 RT 10 Ngaglik, Jetis Bantul ini adalah bengkel reparasi kursi roda dan modifikasi kendaraan roda tiga.

Melihat potensi itu anak usaha Subholding Commercial and Trading (C&T) PT Pertamina Patra Niaga ingin mengembangkan usaha sekaligus usaha di bengkel tersebut. Pertamina membekali dengan berbagai rangkaian pelatihan sejak tahun 2019 seperti, materi teknik dasar pengelasan dengan busur manual, pengenalan alat-alat yang dipergunakan.

Kemudian, berlatih hitung cepat bahan kerja produk, pelatihan pembuatan produk, teknik finishing dan servis sepeda motor roda dua dan roda tiga. Selain pelatihan teknis, para difabel di FPDB juga dibekali pelatihan kewirausahaan, penjualan dan pemasaran.

Upaya itu bagian dari program Pertamina Sahabat Difabel yang merangkul teman difabel dengan memberikan pembinaan melalui pelatihan-pelatihan untuk mengembangan potensi diri dalam usaha perbengkelan.

Baca Juga: Beli Pertalite di SPBU Jateng Belum Dibatasi, Bisa Tanpa MyPertamina

2. Pertamina fasilitasi mitra binaan teman difabel

Bengkel Pertamina Sahabat Difabel Bisa Perbaiki Motor Roda Tiga hingga Kursi RodaPertamina meluncurkan Bengkel Pertamina Sahabat Difabel di Bantul, Yogyakarta, Kamis (15/9/2022). (dok. Pertamina Lubricants)

Adapun, pada peresmian Bengkel Pertamina Sahabat Difabel, Pertamina juga memberikan bantuan modal kerja bengkel, sarana prasarana bengkel, program pelatihan dan paket pelumas. Penyerahan dilakukan oleh Corporate Secretary PTPL, Rifqi Budi Prasetyo dan Corporate Secretary and Legal PTPR, Achmad Wahyudi serta di dampingi oleh Manager CSR and SMEPP C&T PT Pertamina Patra Niaga, Sri Nur Hidayati kepada anggota FPDB. Hadir juga Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bantul, Tatik Windari.

Manager CSR and SMEPP C&T PT Pertamina Patra Niaga, Sri Nur Hidayati mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen pihaknya yang selalu terbuka dalam mendengarkan berbagai aspirasi dari komunitas mitra binaan termasuk teman difabel.

"Pertamina Sahabat Difabel menjadi program yang berkelanjutan dan melibatkan kolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk semakin menguatkan program-program Pertamina khususnya dalam bidang kemandirian dan pemberdayaan masyarakat," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (16/9/2022).

Setali tiga uang, Corporate Secretary and Legal PTPR, Achmad Wahyudi berharap Program Pertamina Sahabat Difabel menjadi awal yang baik dan mampu meningkatkan kualitas pemberdayaan penyandang disabilitas di Indonesia.

3. Bagian dari pemberdayaan para difabel

Bengkel Pertamina Sahabat Difabel Bisa Perbaiki Motor Roda Tiga hingga Kursi RodaPertamina meluncurkan Bengkel Pertamina Sahabat Difabel di Bantul, Yogyakarta, Kamis (15/9/2022). (dok. Pertamina Lubricants)

"Dengan sinergi maka program akan semakin memberikan manfaat yang lebih luas dan besar. PTPL telah memiliki program pemberdayaan difabel di Jakarta, Bantul, Cilacap dan PTPR memiliki rencana program yang berkaitan dengan difabel dimana pelaksanaanya didukung oleh Stafsus Kepresidenan Bidang sosial kemudian memulai diskusi bersama terkait perencanaan dan implementasi program secara kolaboratif," imbuhnya.

Melalui Bengkel Pertamina Sahabat Difabel di Bantul ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat perjuangan yang lebih tinggi lagi bagi teman difabel di Bantul dan kedepannya mampu menginspirasi komunitas difabel di wilayah lainnya di Indonesia.

Sementara, perwakilan dari FPDB, Basuki menyampaikan, terima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan perhatian besar terhadap teman difabel.

4. Pemkab Bantul wujudkan wilayah ramah difabel

Bengkel Pertamina Sahabat Difabel Bisa Perbaiki Motor Roda Tiga hingga Kursi RodaPertamina meluncurkan Bengkel Pertamina Sahabat Difabel di Bantul, Yogyakarta, Kamis (16/9/2022). (dok. Pertamina Lubricants)

‘’Baru kali ini kami diberikan bantuan oleh BUMN seperti Pertamina. Pelatihan dan hadirnya bengkel ini sangat bermanfaat bagi kami untuk terus produktif, berkreasi, berinovasi dan tentunya memberikan manfaat bagi orang banyak,’’ katanya.

Kemudian, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bantul, Tatik Windari menambahkan, komitmen Bantul terhadap disabilitas tidak perlu dipertanyakan. Bantul ingin mewujudkan wilayah yang ramah perempuan, anak dan disabilitas.

‘’Program Pertamina ini merupakan penguatan bagi teman-teman difabel. Melalui kegiatan ini kami akan terus menghimpun dan mengembangkan diri ke dalam berbagai forum dan perkumpulan para difabel,’’ tandasnya.

Baca Juga: 5 Prediksi dan Kesiapan Pertamina di Jateng Hadapi Mudik Lebaran 2022

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya