Cek! Jadwal Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6--11 Tahun di Semarang

Yuk, siap-siap ya buat anak-anak di Semarang

Semarang, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6--11 tahun di Kota Semarang akan dimulai pada 21 Desember 2021. Pemerintah Kota Semarang membutuhkan 100 ribu dosis vaksin untuk melaksanakan vaksinasi bagi siswa sekolah dasar (SD) tersebut. 

1. Pemkot Semarang butuh 100 ribuan vaksin COVID-19

Cek! Jadwal Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6--11 Tahun di Semarangilustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu kiriman vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Adapun, vaksinasi COVID-19 anak ini menggunakan vaksin Sinovac.

‘’Kami membutuhkan 100 ribuan dosis, hanya saja sekarang vaksinnya belum datang,’’ ungkapnya, Selasa (14/12/2021).

Baca Juga: 156 Ribu Pelajar Semarang Sudah Vaksinasi, Dinas Minta Jam PTM Tambah

2. Dinkes Semarang juga laksanakan vaksinasi BIAS

Cek! Jadwal Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6--11 Tahun di SemarangMurid SD Negeri Kaliasin V mengantre untuk divaksin saat pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/10/2020). ANTARA FOTO/Moch Asim

Sesuai rencana, nantinya vaksinasi akan dilakukan di sekolah, puskesmas, dan rumah sakit. Untuk pelaksanaan di sekolah akan dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan. Sedangkan, pelaksanaan vaksin kedua akan disuntikkan setelah 28 hari dari vaksin pertama.

‘’Secara prinsip kami sudah siap termasuk SDM-nya untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 usia 6--11 tahun. Sehingga, kami juga meminta kepada masyarakat untuk ikut menyukseskan percepatan vaksinasi nasional ini. Hal ini dilakukan demi menghindari penularan COVID-19 di lingkungan sekolah saat pembelajaran tatap muka, selain tetap menerapkan disiplin prokes,’’ jelas Hakam.

Sembari menunggu stok vaksin datang, Dinkes Kota Semarang saat ini juga sedang menyelesaikan proses vaksinasi bulan imunisasi anak sekolah (BIAS). Perbedaan pelaksanaan vaksinasi BIAS dengan COVID-19 ini untuk mengantisipasi jika terjadi KIPI bisa diklasifikasikan KIPI BIAS atau KIPI vaksin COVID-19.

3. Sebanyak 32 ribu siswa jadi sasaran vaksinasi COVID-19

Cek! Jadwal Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6--11 Tahun di SemarangPenyuntikan vaksin COVID-19 bagi pelajar Papua sebagai upaya percepatan program vaksinasi di Provinsi Papua, Jumat (27/8/2021) (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Sementara itu, Dinas Pendidikan Kota Semarang mencatat ada 11 ribu siswa di sekolah negeri dan 20 ribu siswa di sekolah swasta yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 anak usia 6--11 tahun.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, anak-anak usia SD ini akan mengikuti vaksinasi sesuai jadwal yang ditentukan Dinkes Kota Semarang. Siswa terlebih dahulu akan melalui tahapan skrining dan pengisian data PeduliLindungi.

‘’Jika lolos, mereka akan divaksin. Namun, vaksinasi COVID-19 pada siswa ini harus tetap mendapatkan persetujuan dari orang tua. Kalau orang tua tidak mengizinkan ya nggak masalah, nanti tetap bisa mengikuti pembelajaran daring,’’ katanya saat dikonfirmasi.

Baca Juga: 5 Lokasi Vaksinasi buat Pelajar di Semarang, Ini Daftar dan Syaratnya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya