Daftarkan Bacaleg, PDI Perjuangan Semarang Geruduk KPU Sambil Jathilan

50 kader PDIP ikut Pemilu 2024

Semarang, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Kamis (11/5/2023). Rombongan kader dan bacaleg melakukan arak-arakan dengan berjalan kaki dan kirab budaya.

1. PDIP sampaikan visi misi saat orasi kirab budaya

Daftarkan Bacaleg, PDI Perjuangan Semarang Geruduk KPU Sambil JathilanKader DPC PDI Perjuangan Kota Semarang arak-arakan mendaftarkan bacaleg ke KPU Kota Semarang, Kamis (11/5/2023). (dok. PDIP)

Arak-arakan kirab budaya ini dipimpin oleh Ketua DPC PDIP Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama puluhan anggota atau kader lainnya. Turut tampak dalam rombongan, Sekretaris DPC PDIP, Kadarlusman dan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Kirab budaya dilakukan dengan berjalan kaki diiringi dengan orasi, jathilan, barongsai, hingga ikon partai yakni patung banteng bermoncong putih.

Dalam orasi kirab budaya juga disampaikan visi misi dari PDIP yang ingin membawa Kota Semarang menjadi lebih baik lagi. Bahkan ikon-ikon yang ikut terlibat dalam kirab budaya menandakan persatuan budaya dan keragaman yang ada di Kota Semarang.

Baca Juga: Kejutan di HUT PDIP, Ganjar: Bu Mega Kepengin PDIP Menang Hattrick

2. Minta maaf timbulkan kemacetan

Daftarkan Bacaleg, PDI Perjuangan Semarang Geruduk KPU Sambil JathilanBendahara PDIP Jateng Agustin Wilujeng, Sekretaris PDIP Jateng Sumanto dan Ketua Komisi D Fraksi PDIP Jateng, Alwin Basri berjalan kaki bersama arak-arakan massa PDIP menuju kantor KPU Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sesampainya di Kantor KPU, hanya 15 orang saja yang diperbolehkan masuk kedalam ruangan pemberkasan dan diterima langsung oleh Ketua dan anggota KPU Kota Semarang.

“Hari ini kami mendaftarkan 50 Bacaleg ke KPU Kota Semarang. Dokumen sudah kami lengkapi dan mungkin jika ada yang kurang lengkap akan kami lengkapi lagi kekurangannya,” kata Ketua DPC PDIP, Hendrar Prihadi.

Terkait dengan kirab budaya yang dilakukan saat menuju kantor KPU, pihaknya meminta maaf kepada masyarakat Kota Semarang jika merasa kurang nyaman dan menimbulkan kemacetan di beberapa ruas jalan.

3. Mengakomodir kepentingan masyarakat

Daftarkan Bacaleg, PDI Perjuangan Semarang Geruduk KPU Sambil JathilanBendahara PDIP Jateng Agustin Wilujeng dan Sekretaris PDIP Jateng Sumanto bersama para pengurus DPD PDIP Jateng saat disambut arak-arakan penari Jawa di pelataran Kantor KPU Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Pria yang akrab disapa Hendi itu menjelaskan, tujuan kirab budaya ini sebagai bentuk orientasi PDIP untuk bisa selalu mengakomodir kepentingan masyarakat Kota Semarang.

“Kami minta maaf jika menimbulkan kemacetan saat kirab budaya tadi. Dengan pendaftaran ini sebagai bentuk upaya partai untuk mengedepankan kepentingan masyarakat dengan kami duduk di kursi DPRD Kota,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan, PDIP merupakan partai politik ketiga yang sudah mendaftarkan Bacalegnya ke kantor KPU Kota Semarang.

“Harapannya pada pemilu kali ini tetap adem ayem,” kata Nanda, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Baru 3 Partai Pengajuan Caleg DPRD Solo, PDIP dan Nasdem Kompak

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya