Pesta Rakyat Pelantikan Wali Kota Semarang Mbak Ita, Undang PKL hingga Bagi Sembako

Megawati Soekarno Putri hadiri pelantikan di Semarang

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang akan menggelar tasyakuran atas pelantikan pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menjadi Wali Kota Semarang di halaman Balaikota Semarang, Senin (30/1/2023). Tasyakuran dalam gelaran pesta rakyat ini akan mengundang pedagang kaki lima (PKL), UMKM, hingga pembagian 1.000 sembako kepada warga tidak mampu. 

1. Syukuran dengan cara berbagi

Pesta Rakyat Pelantikan Wali Kota Semarang Mbak Ita, Undang PKL hingga Bagi SembakoWakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu menyerahkan bantuan vitamin kepada petugas pemulasaran jenazah. (dok. Pemkot Semarang).

Plt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud syukur karena mendapat amanah dari masyarakat. Maka, pihaknya ingin melakukannya dengan berbagi.

"Kami mendapatkan amanah dari masyarakat, sehingga kami membalasnya dengan cara berbagi. Kami menyelenggarakan kegiatan pesta rakyat agar bisa bersama-sama menikmati,’’ ungkapnya usai menghadiri gladi bersih pelantikan, Minggu (29/1/2023).

Pada acara tersebut akan tersedia beragam makanan dari pelaku UMKM dan PKL. Selain itu, Pemkot Semarang juga akan membagikan 1.000 paket sembako anak yatim piatu, tenaga kebersihan, dan warga kurang mampu.

Baca Juga: Mbak Ita jadi Wali Kota Semarang, Karangan Bunga Diganti Paket Sembako

2. Karangan bunga diganti dengan sembako

Pesta Rakyat Pelantikan Wali Kota Semarang Mbak Ita, Undang PKL hingga Bagi SembakoPlt Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu membagikan makanan untuk warga terdampak COVID-19 di Semarang. (dok. Pemkot Semarang)

‘’Jadi semua makanannya adalah dari masyarakat (dan kembali untuk masyarakat). Lalu untuk sembako, saya kemarin bilang mohon yang akan memberikan karangan bunga untuk dibatasi saja dan diganti dengan sembako yang nanti secara simbolis akan diserahkan dan sisanya dibagi di masing-masing kecamatan," terang perempua yang akrab disapa Ita.

Seperti diketahui bahwa Ita akan resmi dilantik sebagai Wali Kota Semarang oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Senin (30/1/2023). Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri juga dikabarkan menghadiri pelantikan Ita tersebut. Setelah dilantik Ita akan melanjutkan sisa masa jabatan Wali Kota hingga tahun 2026 menggantikan wali kota sebelumnya, Hendrar Prihadi yang ditunjuk menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah (LKPP) per Oktober 2022.

"Pelantikan In syaa Allah akan dilaksanakan Senin tanggal 30 Januari 2023 sekitar pukul 11.30 WIB di Gedung Gradhika Bhakti Praja. Ibu Megawati juga rencananya nanti rawuh di sana," ujarnya.

3. Siapkan nobar pelantikan Wali Kota Semarang

Pesta Rakyat Pelantikan Wali Kota Semarang Mbak Ita, Undang PKL hingga Bagi SembakoPlt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti mengikuti gladi bersih pelantikan Wali Kota Semarang di Gedung Gradika Bakti Praja, Minggu (29/1/2023). (dok. Humas Pemkot Semarang)

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan Wali Kota Semarang, Pemkot Semarang juga telah menyiapkan agenda Nobar (nonton bareng) prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan walikota Semarang di tiga tempat secara serentak yakni di halaman Gedung Gradhika Bakti Praja, halaman Balaikota, dan Gedung Moch Ichsan lantai 8.

Acara pelantikan juga akan dimeriahkan parade umbul-umbul, tonggak warak, hingga Prajurit Tirang Putri-Putri.

"Nanti di Balaikota akan ada 20 orang penari perwakilan dari berbagai etnis. Dari Tionghoa, Arab, Jawa, dan lain-lain. Kemudian diiringi oleh musik rebana dan gambang Semarangan. Ini sebagai penggambaran karakter masyarakat Kota Semarang yang multi etnis yang saling bersinergi dan berkolaborasi dengan rukun, guyub, kompak," pungkas Ita.

Baca Juga: Warga Kampung Melayu Semarang Perlu Diberi Insentif untuk Rawat Bangunan Kuno

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya