Gas Blok Cepu Terkendala, PGN Cari Pasokan Lain untuk Semarang & Blora

Estimasinya sampai 2 hari

Semarang, IDN Times - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengupayakan untuk memasok gas dari sumber lain dengan moda Compressed Natural Gas (CNG) bagi pelanggan yang terdampak. Langkah itu dilakukan PGN sebagai pengelola pasca Central Processing Plant (CPP) Gundih di Blora mengalami insiden kebakaran pada fasilitas Thermal Oxidizer (TOX) di area tersebut.

1. Mengambil pasokan dari sumber lain dengan CNG

Gas Blok Cepu Terkendala, PGN Cari Pasokan Lain untuk Semarang & BloraDok. Humas Pertamina EP

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama mengatakan, CPP Gundih merupakan pemasok gas untuk jaringan gas rumah tangga (Gaskita) atau Jargas.

‘’Dengan adanya kejadian ini, kemungkinan pasokan gas untuk pelanggan Jargas/Gaskita di wilayah Semarang dan Blora akan terdampak. Kami akan mengupayakan pasokan gas dari sumber lain, dengan moda Compressed Natural Gas (CNG),’’ ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (9/4).

Baca Juga: [BREAKING] Sumur Gas Blok Cepu Pertamina di Blora Terbakar

2. Butuh waktu dua hari untuk switch pasokan

Gas Blok Cepu Terkendala, PGN Cari Pasokan Lain untuk Semarang & BloraLokasi penyulingan minyak ilegal di kawasan Anggana, Kukar. Dok. Pertamina EP Field Sangasanga

Adapun, PGN melalui PT Gagas Energi Indonesia (GAGAS) akan mendatangkan pasokan CNG dari Jawa Timur guna memenuhi kebutuhan rata-rata harian pelanggan Gaskita di Semarang sebesar 1.100-1.300 meter kubik (m3) dan pelanggan Jargas di Blora sebesar 280-300 m3.

‘’Kami memastikan keandalan pasokan gas di wilayah tersebut atau wilayah yang terdampak dari insiden CPP Gundih ini. Adapun, estimasi penyaluran gas dengan moda CNG diperkirakan berlangsung selama dua hari masa perbaikan di CPP Gundih,’’ katanya.

3. PGN minta maaf kepada pelanggan yang terdampak

Gas Blok Cepu Terkendala, PGN Cari Pasokan Lain untuk Semarang & Blora(Petugas Perusahaan Gas Negara) IDN Times/Dhana Kencana

PGN berupaya agar dampak dapat diminimalisir sehingga penyaluran gas dapat dilakukan secara normal kembali.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini, serta untuk menjadi maklum adanya. Kami berupaya agar perbaikan dapat dilaksanakan sesuai dengan estimasi waktu yang telah ditentukan, sehingga pelanggan dapat kembali menikmati gas sebagai energi baik yang efisien,’’ tutur Rachmat.

Baca Juga: CPP Gundih Ditutup Pasca Kebakaran, Pasokan Gas Blok Cepu Terkendala

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya