Positif COVID-19 di Semarang Melonjak, Capai 15–20 Kasus Per Hari 

Vaksinasi booster digencarkan, cek lokasinya

Semarang, IDN Times - Kasus positif COVID-19 di Kota Semarang melonjak. Bahkan penambahan kasus terkonfirmasi positif bisa mencapai 15–20 kasus per hari.

1. Lonjakan kasus terjadi 2 minggu terakhir

Positif COVID-19 di Semarang Melonjak, Capai 15–20 Kasus Per Hari Seorang warga terkonfirmasi positif COVID-19 berdiri di depan ruangan isolasi (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Semarang, Nur Dian Rahmawati mengatakan, lonjakan itu terjadi dalam dua minggu terakhir. Jika sebelumnya hanya ada penambahan 2–3 kasus positif, dalam dua minggu terakhir bisa mencapai 15–20 kasus positif per hari.

‘’Ini seiring kembali digelarnya kegiatan-kegiatan yang dikunjungi banyak orang. Kemudian, juga dibukanya kembali lalu lintas perjalanan sehingga banyak orang bepergian,’’ ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (19/7/2022).

Melansir laman siagacorona.semarangkota.go.id per Selasa (19/7/2022), jumlah kasus aktif COVID-19 di Kota Semarang tercatat ada 24 pasien. Sebanyak 18 pasien berasal dari Kota Semarang, sedangkan 6 pasien dari luar kota.

Baca Juga: Aturan Baru Bandara Semarang: Anak 6--17 Tahun Gak Perlu Tes COVID-19

2. Belum pastikan apakah Omicron varian baru

Positif COVID-19 di Semarang Melonjak, Capai 15–20 Kasus Per Hari ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Dian menuturkan, pasien COVID-19 ini sekarang ada di rumah sakit maupun tempat isolasi terpusat. Adapun, dilihat dari usia juga bervariasi ada anak-anak hingga lansia, tapi mayoritas adalah usia produktif yang kerap melakukan perjalanan.

‘’Mereka diketahui positif COVID-19 setelah melakukan pemeriksaan swab antigen. Jadi masuk rumah sakit karena penyakit lain setelah dites antigen malah ketahuan kalau COVID-19. Adapun, gejala yang diderita mengarah ke varian Omicron seperti flu, batuk, radang tenggorokan,’’ jelasnya.

Kendati demikian, Dinas Kesehatan belum bisa memastikan apakah itu Omicron varian terbaru atau tidak.

3. Gencarkan vaksinasi booster di sejumlah lokasi

Positif COVID-19 di Semarang Melonjak, Capai 15–20 Kasus Per Hari ilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di Ibu Kota Jawa Tengah, Dinas Kesehatan terus meningkatkan vaksinasi booster dan protokol kesehatan. Selain itu, juga menggiatkan tes COVID-19 di berbagai kegiatan.

‘’Kami gencarkan vaksinasi booster di berbagai lokasi seperti, sentra vaksinasi di Mal Tentrem, di hall Balaikota Semarang, 37 puskesmas, dan rumah sakit. Kami juga membuka vaksinasi 24 jam di tempat isolasi terpusat di Rumah Dinas Walikota Semarang,’’ jelas Dian.

Warga bisa mengikuti vaksinasi booster COVID-19 dengan mendaftar terlebih dahulu melalui laman victori.semarangkota.go.id atau datang secara langsung ke lokasi. Adapun, hingga saat ini serapan vaksin COVID-19 dosis ketiga atau booster baru mencapai 52 persen dari 1,3 juta sasaran.

Baca Juga: 3 Cara Tekan Angka Stunting di Semarang, Anak Dapat Tambahan Makan 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya