Tingkat Pengangguran Terbuka di Kota Semarang 5,99 Persen

Terjadi penurunan TPT sejak tahun 2020

Intinya Sih...

  • Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Semarang turun 1,61 persen sejak tahun 2020 hingga 2023.
  • Wali Kota Semarang menyatakan penurunan TPT sebagai tren positif yang menandakan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
  • Pemerintah bekerja sama dengan perusahaan untuk menurunkan angka pengangguran melalui job fair dan berpesan kepada pencari kerja agar lebih teliti dalam melamar pekerjaan.

Semarang, IDN Times - Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kota Semarang mengalami penurunan 1,61 persen pada tahun 2023. Penurunan tersebut tercatat sejak tahun 2020 yang semula 7,60 persen menjadi 5,99 persen pada tahun 2023. 

1. Angka pengangguran berhasil ditekan

Tingkat Pengangguran Terbuka di Kota Semarang 5,99 PersenIlustrasi pengangguran. Dok. Istimewa/IDN Times

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, penurunan ini merupakan tren yang positif. Artinya, angka pengangguran di Kota Semarang berhasil ditekan.

‘’Keberhasilan menurunkan TPT ini mengkonfirmasi bahwa masyarakat di Kota Semarang telah banyak yang memiliki pekerjaan atau berkegiatan wirausaha. Turunnya TPT meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat,’’ ungkapnya, Minggu (5/5/2024).

Baca Juga: Daftar 50 Anggota DPRD Kota Semarang Terpilih Hasil Pemilu 2024 

2. Gandeng perusahaan untuk kolaborasi ketenagakerjaan

Tingkat Pengangguran Terbuka di Kota Semarang 5,99 Persenilustrasi mencari lowongan kerja (pexels.com/Ron Lach)

Selain itu, upaya untuk menurunkan angka pengangguran ini dilakukan pemerintah berkolaborasi dengan perusahaan. Salah satunya dengan membuka kesempatan kerja melalui job fair.

‘’Gelaran bursa kerja akan dimasifkan lagi di Kota Semarang dengan menggandeng lebih banyak perusahaan dan instansi yang bergerak pada bidang ketenagakerjaan. Momentum penurunan angka pengangguran tersebut juga mendorong pemerintah bekerja lebih maksimal,’’ kata perempuan yang akrab disapa Ita.

3. Kota Semarang terima penghargaan penurunan TPT

Tingkat Pengangguran Terbuka di Kota Semarang 5,99 Persenilustrasi pengangguran (unsplash.com/Tom Morel)

Sementara, wali kota juga berpesan kepada para pencari kerja agar lebih teliti dalam melamar pekerjaan. Termasuk pula menyesuaikan kemampuan atau keahlian yang dibutuhkan perusahaan.

"Harus didorong keuletan karena kesuksesan tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi harus melewati proses-proses panjang," pungkas Ita.

Atas penurunan TPT tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang atas Capaian Penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka Terbaik Kabupaten/ Kota se-Jateng 2023.

Baca Juga: Meriah! Semarang Night Carnival 2024 Jadi Ajang Promosi Wisata

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya