Vaksinasi Ibu Hamil di Semarang Dimulai, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Daftar secara online dulu ya bund...

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang mulai menggelar vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil. Upaya ini agar sebagai perlindungan kepada ibu hamil dan bayinya dari penularan virus corona. 

Berdasarkan Surat Edaran Nomor HK.02.01/1/2007 tentang vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian skrining dalam vaksinasi COVID-19, ada sejumlah syarat yang ditentukan bagi ibu yang sedang mengandung. Melansir Instagram Dinas Kesehatan Kota Semarang @dkksemarang, berikut syaratnya. 

1. Ibu hamil akan menjalani pemeriksaan terlebih dahulu

Vaksinasi Ibu Hamil di Semarang Dimulai, Cek Syarat dan Cara DaftarnyaIlustrasi vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Ibu hamil tidak perlu takut untuk divaksin COVID-19, karena sebelum vaksin akan dilakukan pemeriksaan oleh tenaga kesehatan dengan kartu kendali khusus.

Jika memiliki penyakit penyerta seperti jantung, diabetes, asma, HIV dan lainnya, tetapi dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut maka vaksin dapat diberikan.

Baca Juga: Daftar Lokasi Vaksinasi di Semarang yang Layani Suntikan Dosis Pertama

2. Ada vaksin khusus untuk ibu hamil

Vaksinasi Ibu Hamil di Semarang Dimulai, Cek Syarat dan Cara DaftarnyaTenaga kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 Moderna untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Vaksinasi ibu hamil menggunakan vaksin yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan RI dan dengan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Adapun, vaksin yang direkomendasikan dan akan digunakan antara lain Sinovac, Pfizer, dan Moderna.

3. Pemberian vaksin diberikan pada usia kehamilan mulai 13 minggu

Vaksinasi Ibu Hamil di Semarang Dimulai, Cek Syarat dan Cara Daftarnyapinterest.com

Vaksinasi COVID-19 ini ditujukan kepada ibu hamil di usia kehamilan trimester II dan III atau mulai usia 13 minggu. Saat vaksinasi ibu hamil wajib membawa buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Kemudian, jarak pemberian vaksin dosis pertama dan kedua disesuaikan dengan jenis vaksin yang digunakan.

4. Berikut cara daftar vaksinasi bagi ibu hamil di Semarang

Vaksinasi Ibu Hamil di Semarang Dimulai, Cek Syarat dan Cara Daftarnyailustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Untuk mendapatkan vaksinasi maka ibu hamil yang berdomisili di Kota Semarang dapat mendaftar melalui laman victori.semarangkota.go.id. Kemudian, pilih pendaftaran kelompok ‘’Ibu Hamil’’, isikan ‘’NIK dan No KK. Lalu, isikan data diri dengan lengkap dan benar, pilih puskesmas lokasi vaksinasi, terakhir tunggu penjadwalan vaksinasi melalui WhatsApp Blast Puskesmas. 

Jangan lupa bawa KTP serta buku KIA saat vaksinasi ya bund, yuk semangat sehat.

Baca Juga: 5 Cara Pantau Vaksinasi Lewat Online di Semarang, Bisa Daftar Juga

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya