Daftar 11 Rumah Sakit di Jateng yang Siap Rawat Pasien Virus Corona 

Segera periksa ke dokter jika mengalami gejala covid-19

Solo, IDN Times - Hingga Rabu (4/4) kemarin sebanyak 26 orang di Jateng diduga terinfeksi virus corona, dari 26 pasien yang kini dirawat tersebut 21 orang diantaranya negatif covid-19 sedangkan sisanya masih dalam masa observasi.

Untuk menghadapi peningkatan jumlah warga yang tertular virus corona, pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah menyiapkan 11 rumah sakit yang dilengkapi dengan peralatan memadai untuk merawat pasien suspect virus corona di wilayah Jateng.

11 rumah sakit tersebut dilengkapi dengan tenaga medis yang memadai dan ruang isolasi untuk penanganan virus corona covid-19.

Baca Juga: Dinkes Jateng: Waspada Corona Tak Mesti Kemana-mana Harus Pakai Masker

1. Pemprov Jateng siap dengan penanganan virus corona

Daftar 11 Rumah Sakit di Jateng yang Siap Rawat Pasien Virus Corona Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 2 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebutkan meski di Jateng belum ada pasien positif virus corona namun ia memastikan daerahnya siap siaga menghadapi situasi terburuk.

Dalam inspeksinya ke RSUD Moewardi Solo Rabu (4/3) Ganjar memastikan Jateng siap siaga dengan skenario terjadinya penyebaran virus corona.

Di RSUD dr Moewardi Ganjar juga memastikan kesiapan sumber daya medis menghadapi Covid-19, mulai dari standar operasional prosedur (SOP) dokter, peralatan medis yang tersedia dan ruang isolasi khusus pasien Covid-19.

2. Ada sebanyak 11 rumah sakit di Jateng siap rawat pasien virus corona

Daftar 11 Rumah Sakit di Jateng yang Siap Rawat Pasien Virus Corona Dok. Pemprov Jateng

Menurut Ganjar ada 11 rumah sakit di Jawa Tengah yang siap untuk merawat pasien virus corona covid-19.

"Ada sepuluh rumah sakit rujukan di Jawa Tengah, salah satunya RSUD dr Moewardi ini. Untuk SOP, peralatan, tenaga medis dan ruang isolasi semuanya sudah siap jika terjadi sesuatu luar biasa terkait Coronavirus," kata Ganjar.

Sebelas rumah sakit dimaksud yakni RSUP dr Kariadi (Semarang), RSUD Tugurejo (Semarang), RS Dr H Soewondo (Kendal), RSU Dr HRM Soeselo W (Slawi), RSUD dr Loekmono Hadi (Kudus), RSUP dr Soeradji Tirtonegoro (Klaten), RSU Tidar (Magelang), RSUD Prof Dr Margono Soekarjo (Purwokerto), RSUD Banyumas (Banyumas), RSUD Pekalongan (Pekalongan) dan RSUD dr Moewardi (Surakarta).

3. Warga Jateng yang merasakan gejala flu setelah kontak dengan WNA diimbau periksa ke dokter

Daftar 11 Rumah Sakit di Jateng yang Siap Rawat Pasien Virus Corona Dok. Pemprov Jateng

Ganjar juga mengimbau bagi masyarakat yang merasakan gejala flu, terlebih jika pernah melakukan kontak dengan warga negara asing agar segera periksa ke dokter.

"Kalau malu atau tidak bisa ke rumah sakit sendiri, tinggal telepon rumah sakit, nanti kami yang jemput. Semua SOP sudah siap. Kami tidak menginginkan (Coronavirus menyebar), tapi siap untuk antisipasi," imbuhnya.

4. Sebanyak 26 orang di Jateng diduga terinfeksi virus corona

Daftar 11 Rumah Sakit di Jateng yang Siap Rawat Pasien Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Ganjar mengatakan, hingga Rabu (4/3), sebanyak 26 orang diduga terinfeksi Coronavirus namun 21 di antaranya dinyatakan negatif Covid-19. Sisanya tengah menjalani observasi dan perawatan di Banyumas dan RSUP dr Kariadi.

"Kita umumkan, jangan ditutup-tutupi. Gak usah ngeri, dokternya siap, rumah sakit juga siap. Ini bagian mengedukasi masyarakat agar tidak panik. Insyaallah Jawa Tengah siap menanggulangi Corona," kata Ganjar.

Selain mengecek kesiapan tenaga medis, peralatan dan ruang isolasi, Ganjar juga melakukan dialog dengan warga yang tengah berobat di RS Moewardi.

“Yang badannya sehat, tidak batuk, tidak pilek, gakpapa. Ora usah sibuk cari masker. Kalau bapak ibu batuk, pilek, demam segera periksa ke dokter. Ora usah panik, ora usah blonjo akeh-akeh. Ta dongake sehat kabeh. Yang sehat selalu cuci tangan pakai sabun, habis salaman, habis naik bus, langsung cuci tangan,” katanya kepada para pasien.

Baca Juga: Pabrik Obat HIV Produksi di Semarang, Ganjar Harap Riset Virus Corona

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya