Pasien Isoman COVID-19 Terpusat di Klaten Heboh Senam Cendol Dawet

Lakukan senam bersama pasien terlihat bergembira

Klaten, IDN Times - Kebahagiaan terpancar dari wajah-wajah para pasien COVID-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri terpusat di GOR Gelarsena Klaten, Minggu (1/8/2021).

Puluhan hingga ratusan pasien yang tengah menjalani isoman tersebut Minggu sekitar pukul 08.00 WIB melakukan olahraga senam bersama dipimpin oleh dua instruktur energik yang didatangkan PMI Cabang Klaten.

Baca Juga: Ini Alasan Isolasi 51 OTG Klaten Dipindahkan  Asrama Haji Donohudan

1. Pasien isoman bergembira senam bersama

Hingga minggu kemarin ada sebanyak 105 COVID-19 di Klaten yang tengah menjalani isolasi mandiri terpusat di GOR Gelarsena. Selain menjalani perawatan untuk penyembuhan, para pasien COVID-19 ini juga diajak olahraga bersama.

Minggu pagi kehadiran dua instruktur senam energik tersebut membuat para pasien terhibur dan larut dalam gerakan senam yang diiringi lagu dengan irama dinamik. Sesekali sorak terdengar dari peserta yang berdiri berbaris di atas balkon GOR lantai dua.

Para pasien terlihat antusias dan bersemangat. Irama lagu yang dinamik seperti diantaranya "Pamer Bojo" versi cendol dawet yang dinyanyikan Didi Kempot, ada juga lagu "Meraih Bintang" yang dinyanyikan Via Vallen.

2. Senam untuk menghibur dan menjaga kebugaran para pasien yang sedang karantina

Pasien Isoman COVID-19 Terpusat di Klaten Heboh Senam Cendol DawetIstimewa

Wakil Ketua Umum PMI Klaten Bidang Penanggulangan Bencana, Bambang Giyanto mengatakan senam bersama warga isoman di GOR Gelarsena itu untuk menghibur dan mengisi kegiatan selama karantina terpusat.

"Ini awalan yang bagus. Kemarin dua unit mobil truk serba guna milik BPBD kita sulap sebagai panggung untuk instruktur, biar terlihat dari balkon pasien yang isoman. Kegiatan ini adalah merespon perintah Bupati Klaten Sri Mulyani juga keinginan warga isoman," kata Bambang.

3. Bakal menjadi kegiatan rutin di lokasi isolasi terpusat

Pasien Isoman COVID-19 Terpusat di Klaten Heboh Senam Cendol DawetIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Kegiatan senam seperti ini menurut Bambang akan terus berlanjut dan akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan kelompok senam pernafasan Merpati Putih.

"Setiap Rabu dan Sabtu nanti akan diselingi senam pernafasan Merpati Putih yang dipimpin Muh Nasir. Nanti untuk instruktur diatur dari Dinas Pendidikan. PMI Klaten nanti membantu fasilitas panggung portabel dengan mobil BPBD dan sound sistem. Kepala PMI sendiri yakni Purwanto AC juga hadir dan jajaran pengurus support penuh," tambahnya.

4. Lakukan latihan pemulasaraan jenazah COVID-19

Pasien Isoman COVID-19 Terpusat di Klaten Heboh Senam Cendol DawetPemulasaraan jenazah dengan protokol COVID-19. Dok/tim pemulasaraan jenazah Polresta Malang Kota

Selain kegiatan pendampingan warga isoman, PMI Klaten juga rutin tiap Jumat bersama TNI-Polri dan relawan melakukan penyemprotan disinfektan secara keliling. Latihan pemulasaraan jenazah COVID-19, tes antigen dan sosialisasi.

"Kegiatan penyemprotan disinfektan masih kami lakukan. Termasuk pelatihan pemulasaraan jenazah covid. Semoga kegiatan kecil kami bermanfaat dan membantu percepatan penanganan COVID-19 di Kabupaten Klaten yang masih status zona merah," katanya.

Baca Juga: Jaga Warga Positif COVID-19, Camat di Klaten Nginap di Tempat Isolasi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya