Comscore Tracker

Pengerjaan Jalan Menuju Bandara Jenderal Soedirman Dikebut

Kontraktor diminta kerja lembur

Laporan Rudal Afgani

Purbalingga, IDN Times - Bandara Jenderal Soedirman di Kecamatan Wirasaba, Kabupaten Purbalingga tengah dibangun. Untuk mempermudah akses menuju bandara, pemerintah daerah memperbaiki kualitas jalan ke bandara.

Satu di antara jalan yang diperbaiki ialah jalan Desa Ridu menuju ke bandara. Jalan yang semula hanya diaspal kini diganti menghunakan konstruksi beton.

Baca Juga: Pembangunan Bandara Soedirman Dikebut, Target Selesai Mei 2020

1. Proyek perbaikan jalan menuju bandara menelan anggaran sebesar Rp6,2 miliar

Pengerjaan Jalan Menuju Bandara Jenderal Soedirman DikebutIDN Times/Rudal Afgani

Dari hasil pantauan, proses pembangunan masih sesuai dengan target pengerjaan.

Meskipun demikian, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, meminta agar pembangunan diselesaikan secepatnya agar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Para rekanan bagaimana caranya agar capaian pekerjaan bisa sesuai dengan target yang telah ditentukan. Bisa dengan lembur, menambah SDM (tenaga kerja) atau peralatan. Jangan sampai ada yang memasuki ke masa perpanjangan (terkena denda),” katanya.

Proyek perbaikan jalan Desa Tidu menuju bandara bernilai Rp6,2 miliar. Proyek ini dikerjakan PT Permata Karya sengan deadline pengerjaan hingga 4 Desember 2019.

2. Meski dikebut bupati minta agar kualitas jalan sesuai dengan standar mutu

Pengerjaan Jalan Menuju Bandara Jenderal Soedirman DikebutIDN Times/Rudal Afgani

Meskipun diminta dikerjakan dengan cepat, namun Dyah juga meminta agar kualitas jalan sesuai dengan standar mutu. “Kami harap kegiatan fisik tidak hanya dijalankan, tidak hanya penyerapan anggaran, tapi kegiatan harus tepat mutu, tepat manfaat, tepat spesifikasi dan tepat waktu. Saya titip kepada para rekanan karena biasanya yang kita temukan tahun lalu proyek baru terselesaikan mepet akhir batas waktu kontrak, kami harap mindset ini diubah,” kata dia menegaskan.

Dari hasil pantauan, peningkatan struktur jalan Tidu - Bandara cenderung rapi, baik sisi drainase maupun badan jalan yang rerbuat dari rigid beton.

3. Jalan Wirasba-Kemojing juga diperbaiki

Pengerjaan Jalan Menuju Bandara Jenderal Soedirman DikebutIDN Times/Hendra Simajuntak

Selain jalan Desa Tidu - bandara, jalan Wirasaba menuju Kemojing juga diperbaiki.
Namun, pada ruas jalan ini progres pengerjaan terlambat dari target waktu yang ditentukan. Dari target 45,3 persen, baru terealisasi 39 persen.

"Saya meminta agar sisi-sisi jalan yang bertepi curam untuk diberi pengaman agar tidak membahayakan pengguna jalan," ujar dia.

Proyek ini dikerjakan CV Abimanyu senilai Rp824 juta. Pengerjaan jalan ini masih menunggu plat beton dan pek lapis Hot Rolled Sheet (HRS).

Ada juga proyek jalan yang menghubungkan Purbalingga bagian utara dengan bagian selatan yang mempercepat akses ke bandara, yaitu jalan Pepedan - Tegalpingen. Proyek ini juga terlambat dengan deviasi -9 persen, atau dari target 86,235 persen baru terealisasi 77,235 persen. Proyek ini dikerjakan oleh CV Tityan Abadi dengan nilai kontrak Rp 4,645 miliar.

“Pekerjaan untuk peningkatan jalan Pepedan - Tegalpingen ini masih terdapat keterlambatan pada pekerjaan drainase dan cor beton,” kata Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda, Wahyu Prasetiyono SIP.

Baca Juga: Menteri Rini Pastikan Bandara Jenderal Soedirman Beroperasi Mei 2020

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya