Lima Fosil Hewan Purba Ditemukan Dekat Museum Patiayam Kudus 

Berusia sekitar 700 ribu hingga 1 juta tahun

Kudus, IDN Times - Koleksi fosil Museum Patiayam di Kudus, Jawa Tengah, akan bertambah menyusul adanya temuan fosil lima spesies hewan purba di Situs Patiayam. Fosil-fosil tersebut ditemukan pekan lalu.

Museum yang berada di Desa Terban tersebut kini menjadi rujukan edukasi peninggalan purba, terutama fosil hewan-hewan purba. Pengunjung tidak hanya datang dari Kudus, tapi juga datang dari kabupaten Pati, Jepara, Demak, hingga dari Kalimantan dan Sumatera.

Baca Juga: 5 Museum Terunik di Dunia, Ada Museum untuk Orang Patah Hati Lho

1. Kelima fosil ditemukan di satu lokasi yang sama

Lima Fosil Hewan Purba Ditemukan Dekat Museum Patiayam Kudus Instagram.com/@museum_situspatiayam

Penemuan kelima fosil terjadi bertepatan dengan peringatan Hari Purbakala ke 106 pada 14 Juni 2019 lalu. Kelima fosil ditemukan dalam satu lokasi. Fosil yang ditemukan tersebut berupa gading gajah, banteng, kerbau, kijang, dan buaya. Khusus fosil gading gajah sebagian sudah diangkat, sedangkan lainnya masih di lokasi temuan.

"Kami perkirakan gading gajah tersebut besarnya hampir sama dengan temuan sebelumnya yang saat ini menjadi koleksi di Museum Patiayam. Sebab, pada ujung bagian tengahnya saja memiliki diameter 15 sentimeter, sedangkan pangkalnya tentu lebih besar lagi," kata Kasi Sejarah, Permuseuman dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus RR Lilik Ngesti W, Rabu (19/6).

 

2. Penggalian fosil menunggu tim ahli dari Museum Purbakala Sangiran

Lima Fosil Hewan Purba Ditemukan Dekat Museum Patiayam Kudus Instagram.com/@museum_situspatiayam

Lilik menyampaikan gading gajah yang ditemukan diperkirakan besarnya hampir sama dengan temuan sebelumnya, yang saat ini menjadi koleksi Museum Patiayam. Secra rinci, Lilik menyebut panjang gading lebih dari dua meter dengan perkiraan usia antara 700 ribu hingga 1 juta tahun lalu.

Lokasi temuan berdekatan dengan Bendungan Logung, Kudus, dan berada di dalam kawasan milik Perum Perhutani. 

"Karena belum mempunyai tenaga ahli untuk penggalian fosil hewan purba, kami harus menunggu tim ahli dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran. Eskavasi akan dilakukan Agustus mendatang," ujar dia. 

3. Ribuan fragmen telah teridentifikasi

Lima Fosil Hewan Purba Ditemukan Dekat Museum Patiayam Kudus Instagram.com/@museum_situspatiayam

Berdasarkan catatan Situs Purbakala Patiayam Kudus Jawa Tengah, jumlah fosil hewan purba yang ditemukan hingga saat ini mencapai 17 spesies dengan 7.800 fragmen yang sudah teridentifikasi. Spesies-spesies yang ditemukan meliputi hewan yang hidup di laut dalam, rawa, dan darat.

Adapun koleksi fosil yang berhasil ditemukan di kawasan Situs Patiayam, di antaranya Elephas Sp. (gajah purba dengan usia lebih muda), Ceruss zwaani dan Cervus lydekkeri martin (sejenis rusa), Stegodon trigonochepalus (gajah purba), dan Rhinoceros sondaicus (badak).

Selain itu terdapat Bos bubalus palaeokarabau (sejenis kerbau), Brachygnatus dubois (babi), Felis Sp. (macan), dan Bos banteng alaeosondaicus (sejenis banteng), serta Crocodilus Sp. (buaya), juga kapak genggam atau chopper.

Baca Juga: Fosil Homo Sapiens Tertua di Dunia Telah Ditemukan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya